×
×

Search in Mata Mata Musik

Eminem Jelaskan Cara Dia Merahasiakan Penampilan Kejutannya Di Oscars 2020

Posted on: 02/12/20 at 10:12 am

EMINEM OSCARS 2020
Penampilan Eminem di panggung Dolby Theatre, Oscars 2020 (Foto: Kevin Winter/GettyImages)

Jika kamu masih menggaruk-garuk kepala kamu yang tidak gatal mengenai bagaimana cara Eminem dapat menampilkan lagu hit-nya ‘Lose Yourself’ pada seremoni Oscars 2020, kamu tidak sendirian, hehe.

Ribuan orang, termasuk Idina Menzel dan Billie Eilish, memiliki pertanyaan yang sama persis ketika tiba-tiba sang rapper legendaris Eminem muncul di atas panggung Dolby Theatre. Karena pertama, Eminem tidak termasuk dalam daftar performers yang disediakan oleh The Academy, dan kedua, Eminem bahkan tidak dinominasikan pada acara Oscars 2020 minggu malam itu (9 Februari).

Baca Juga: Persediaan Vinyl Sedunia Terancam Setelah Pabrik Manufaktur Utamanya Terbakar

Tetapi, beberapa orang dengan cepat mendapat sebuah kesimpulan dan menyadari bahwa Eminem diundang kembali karena dia tidak pernah tampil ketika dia memenangkan piala Oscars pada kategori Best Original Song untuk lagu ‘Lose Yourself’ pada tahun 2002. “Dengar, jika kamu memiliki peluang lain, dan kesempatan lain… Terima kasih karena sudah menghadirkan saya @TheAcademy. Maaf itu butuh waktu 18 tahun untuk sampai ke sini,” tulis Eminem pada akun Twitter-nya.

Dengan jawaban itu, penggemar kemudian kagum dengan bagaimana The Academy dan Eminem berhasil menjaga kerahasiaan penampilan itu dan kenapa mereka berbuat demikian.

Memang, secara relatif itu sangat mudah untuk menjaga rahasia penampilan tersebut mengingat tidak ada yang mengharapkan Eminem untuk tampil di Oscars 2020. Meski begitu, saat berbicara dengan Variety, Eminem mengatakan bahwa dia dan The Academy masih harus mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan semua orang terkejut ketika mereka melihatnya muncul di atas panggung. “Kami terbang ke Los Angeles minggu lalu, jadi kami mungkin memiliki empat atau lima latihan hanya untuk memastikan kami melakukan segalanya dengan benar,” ujar Eminem. “Sebagian besar latihan dilakukan di luar venue aslinya, bukan di The Dolby Theater, hanya untuk merahasiakannya”.

Adapun mengapa Eminem dan The Academy ingin ini menjadi sangat rahasia, sang rapper berusia 47 tahun itu menjelaskan bahwa dia disarankan baik oleh humasnya atau seseorang dari The Academy, jadi Eminem setuju dengan itu karena dia pikir itu adalah ide yang cukup gila.

Menilai dari wajah-wajah yang terkejut dan ribuan tweet yang membicarakan Eminem, tampaknya tim dari The Academy dan Eminem sendiri telah melakukan apa yang mereka ingin capai dan banyak lagi. Ditambah lagi, Eminem mengatakan bahwa dia sangat senang menghadiri Oscars 2020 karena itu berarti dia mendapat pelukan dari aktris Salma Hayek.

Wawancara Eminem dengan Variety juga memberinya kesempatan untuk menjernihkan rumor seputar ketidakhadirannya pada seremoni Oscars tahun 2002, di mana Eminem seharusnya dapat dipersembahkan dengan piala Oscar oleh Barbara Streisand. Eminem mengungkapkan bahwa dia tidak hadir karena mereka ingin lagu itu disensor, dan sesuai spekulasi orang-orang, Eminem mengatakan bahwa alasannya lebih ke karena dia tidak berpikir bahwa dia akan menang dan pada tahun itu Eminem juga sudah menampilkan lagunya di Grammy… Jadi dia tinggal di rumah bersama putrinya Hailie Jade dan pergi tidur, bahkan Eminem tidak meluangkan waktu untuk menonton seremoni Oscars.

“Saat itu (2002), saya bahkan tidak pernah berpikir bahwa saya memiliki kesempatan untuk menang, dan kami baru saja menampilkan ‘Lose Yourself’ pada acara Grammy dengan The Roots beberapa minggu sebelum Oscars, jadi kami tidak berpikir bahwa itu ide yang bagus. Dan juga, pada waktu itu, versi diri saya yang lebih muda benar-benar merasa bahwa acara seperti (Oscars) tidak akan mengerti saya,” ucap Eminem. Ini membuat momen itu menjadi kejutan yang lebih besar ketika Eminem mengetahui melalui telepon bahwa lagunya adalah lagu hip-hop pertama yang pernah memenangkan penghargaan Best Original Song di Oscars.

Dalam 24 jam sejak penampilannya di Oscars 2020, musik Eminem telah kembali ke chart dan meningkatkan minat dalam film 8 Mile, membuat beberapa orang bertanya-tanya apakah Eminem siap untuk kembali ke dunia akting. Sebagai tanggapan, Eminem berkata, “Jika naskah yang tepat datang dan itu adalah sesuatu yang sesuai dengan jadwal saya, saya mungkin akan ‘menyelam’ lagi ke dalam dunia akting”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

MTV Video Music Awards 2020

Inilah Daftar Nominasi Lengkap MTV Video Music Awards 2020!

MTV Video Music Awards 2020 sudah bisa dipastikan akan digelar di Barclays Center Brooklyn pada 30 Agustus mendatang. Sejak 30 Juli lalu, daftar lengkap no

on Jul 31, 2020
Kid Cudi & Eminem.

Kid Cudi dan Eminem Rilis Single Debut Kolab-nya Yang Refleksikan Soso...

Kid Cudi (Foto: Natalie Somekh) / Eminem (Foto: Philip Cosores). Kid Cudi dan Eminem telah berkolaborasi untuk pertama kalinya melalui lagu rap ‘The Adven

on Jul 12, 2020
Juice WRLD

Album Anumerta Juice WRLD, ‘Legends Never Die’, Telah Dirilis, Str...

Legends Never Die, album anumerta pertama dari almarhum emo rapper Juice WRLD, telah resmi dirilis. Dengarkan album yang sangat dinanti-nantikan itu di uju

on Jul 11, 2020
10 Lagu Rap Baru Terbaik 2020.

10 Lagu Hip Hop Baru Yang Menguasai Chart Tahun 2020 Sejauh Ini

Meskipun tahun 2020 belum berakhir, sekarang tidak terlalu cepat juga untuk membahas 10 lagu hip hop terbaik selama tahun 2020. Banyak yang telah terjadi p

on Jul 8, 2020