×
×

Search in Mata Mata Musik

Eminem Menghantam ‘Cancel Culture’ Via Video Animasi ‘Tone Deaf’

Posted on: 03/8/21 at 11:00 am

Eminem Menghantam 'Cancel Culture' Via Video Animasi 'Tone Deaf'
Eminem. (Foto: Kathy Hutchins/Shutterstock.com).

Sang rapgod, Eminem merilis video musik lagu barunya pada hari Jum’at, 5 Maret lalu yang sekaligus untuk menghantam kampanye TikTok oleh para Gen Z yang berusaha untuk “membatalkan” (menghentikan) rapper kondang tersebut karena lirik kontroversial yang dirilis satu dekade lalu.

Baca juga: Mental Trip Rilis Single ‘Antigen Netizen’ Angkat Kesadaran Bullying & Toxic

Pada hari Jum’at itu, MC kelahiran Detroit berusia 48 tahun ini membalas kritikan terhadap dirinya dengan video lirik animasi lagu ‘Tone Deaf’ dari album rilisan tahun 2020-nya, Music to Be Murdered By – Side B yang persona kontroversialnya selama beberapa dekade doi lipat gandakan di situ.

“Gue enggak akan berhenti bahkan ketika rambut gue berubah menjadi abu-abu (gue tuli nada) / Karena mereka enggak akan berhenti sampai mereka membatalkan/menghentikan gue,” tweet Eminem ketika merilis video ‘Tone Deaf’, merujuk pada kalimat lirik lagu tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, digelar kampanye di TikTok yang menyerukan pembatalan karena lagu hit tahun 2010 rapper pemenang Grammy dan Oscar itu, ‘Love the Way You Lie’ yang menampilkan Rihanna. Para pengguna TikTok yang mayoritas para Gen Z itu berpendapat bahwa lirik dari lagu tersebut mengagungkan kekerasan dalam rumah tangga, dengan kalimat seperti “Jika dia mencoba untuk pergi lagi, gue akan mengikatnya ke tempat tidur dan membakar rumah ini”.

Kalimat lirik tersebut menjadi contoh konten lirik bermasalah yang paling sering digunakan oleh seorang rapper, dan alasan utama gerakan ‘cancel Eminem’ yang sekarang semakin populer.

Lirik itu banyak dikutip oleh semakin banyak pengguna TikTok yang menginginkan Eminem dilarang di TikTok dan platform lainnya karena menyebarkan pesan misoginis dan kekerasan. Selain itu, percobaan pembatalan/penghentia tersebut berpotensi akan mengakibatkan Eminem dijatuhkan oleh stasiun radio, label rekamannya, serta mitra dan kolaborator industri musik lainnya, serupa dengan kejatuhan yang belum lama dialami oleh penyanyi country Morgan Wallen.

Dalam video ‘Tone Deaf’, sang “Slim Shady” membawa mata pemirsa ke dalam perjalanan liar ala Grand Theft Auto melalui masa lalunya yang berliku dan penolakan untuk mempermudah liriknya. “Apakah Bill Cosby tenang setelah dia mengolah cheesecake dan steak yang enak?” lantun Eminem nge-rap. “Menurut lo, menyingkirkan gue itu gampang? Gue lebih sulit daripada menemukan pasangan kencan Harvey Weinstein”.

Baca juga: Eminem Rilis 16 Lagu Baru Via “Music To Be Murdered By Side B (Deluxe Edition)”

Tonton video animasi ‘Tone Deaf’ dari Eminem di bawah ini.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    J. Cole & C. Brickley

    J. Cole Dikontrak Rwanda Patriots Main Di Liga Bola Basket Afrika

    J. Cole bersama pelatih NBA Chris Joseph Brickley (Foto: via Instagram/cbrickley603). J. Cole telah lama mengejar impiannya sebagai atlit bola basket dengan

    on May 11, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Polo G

    Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via 'Rapstar'

    Polo G. (Foto: Daniel Prakopcyk). Polo G sedang ramai diperbincangkan. Rapper muda ini debut di peringkat 1 tangga lagu tertinggi Billboard Hot 100 lewat la

    on Apr 23, 2021
    Shock G

    Shock G, Rapper Legendaris Mentor Tupac Shakur Meninggal Dunia

    Shock G (Foto: Earl Gibson III/Getty Images). Shock G, pendiri dan vokalis dari grup hip-hop legendaris Digital Underground meninggal dunia di usia 57 tahun

    on Apr 23, 2021