×
×

Search in Mata Mata Musik

Eminem Ungkap Daftar Rapper Terbaik Sepanjang Masa Pilihan Pribadinya

Posted on: 06/15/20 at 10:30 am

Eminem.
Eminem. (Foto: Craig McDean).

Sang “Rap God”, Eminem telah mengungkapkan daftar rapper-rapper terbaik sepanjang masa menurut opininya sendiri.

Pada hari Sabtu (13 Juni) lalu, Eminem menanggapi sebuah cuitan atau tweet dari seorang YouTuber bernama NoLifeShaq, yang bertanya, “Siapakah rapper terbaik sepanjang masa”. Cuitan dari NoLifeShaq ini berisi video tentang dirinya saat sedang mengajukan pertanyaan kepada 30 rapper superstar dalam scene hip hop yang berbeda, termasuk Drake, Ice Cube, Travis Scott dan Tekashi 6ix9ine.

Dalam sebuah tanggapan yang mengejutkan, Eminem tiba-tiba menamakan berbagai rapper terbaik sepanjang masa dari daftar pribadinya “tanpa urutan tertentu”, dengan mencatat bahwa itu adalah pertarungan antara Lil Wayne, 2Pac, Royce da 5’9″, Jay-Z, Redman, Treach, Kool G Rap, Notorious B.I.G., dan Kxng Crooked.

Baca Juga: Meski Berjiwa Rock And Roll, Taylor Momsen Mungkin Akan Kembali Ke Dunia Akting

Dalam cuitan lanjutannya, rapper beralter ego Slim Shady ini juga sempat memberikan acungan jempolnya untuk LL Cool J, Nas, Joyner Lucas, Kendrick Lamar, J. Cole, Andre 3000, Rakim, dan Big Daddy Kane.

Ini bukan pertama kalinya Eminem mengungkapkan siapa yang teratas dalam daftar MC Hip-Hop terbaiknya. Dalam lagu tahun 2002-nya, ‘‘Till I Collapse’, Eminem nge-rap yang liriknya sebagai berikut, “ I got a list, here’s the order of my list that it’s in/ It goes, Reggie, Jay-Z, Tupac and Biggie/ Andre from Outkast, Jada, Kurupt, Nas and then me“.

Pada bulan Mei lalu, selama playlist “Music to Be Quarantined By” di stasiun radio Siriux XM Shade 45 miliknya, Eminem menyebut 2Pac alias Tupac Shakur sebagai penulis lagu terhebat sepanjang masa.

“Ok, lagu berikutnya ini adalah dari seorang artis yang aku rasa mungkin adalah penulis lagu terhebat sepanjang masa,” ucap Eminem sebelum memutar lagu ‘If I Die 2Nite’ milik 2Pac. “Debat sebebas yang kamu mau tentang keterampilan seorang MC dan semua itu karena dia juga memilikinya”.

Em baru-baru ini merayakan ulang tahun ke-20 dari album mahakarya tahun 2000-nya, The Marshall Mathers LP. Awal tahun ini, Eminem juga telah merilis album studio terbarunya dan yang ke-10, Music to Be Murdered By.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Eminem

    Eminem Menghantam 'Cancel Culture' Via Video Animasi 'Tone Deaf'

    Eminem. (Foto: Kathy Hutchins/Shutterstock.com). Sang rapgod, Eminem merilis video musik lagu barunya pada hari Jum'at, 5 Maret lalu yang sekaligus untuk me

    on Mar 8, 2021
    Mental Trip x Ayronikz

    Mental Trip Rilis Single 'Antigen Netizen' Angkat Kesadaran Bullying &...

    Mental Trip berkolaborasi dengan rapper pendatang baru Ayronikz, merilis lagu berjudul 'Antigen Netizen' pada 5 Maret 2021. Lagu ini mengangkat tema yang c

    on Mar 7, 2021
    Wiesa Tamin X Zoe Levana

    WTXZL: Wiesa Tamin X Zoe Levana Debutkan 'FRIENDS:)', Single Hip Hop C...

    Zoe Levana dan Wiesa Tamin. (Foto: dok. WTXZL). WTXZL merupakan nama inisial untuk kolaborasi "Wiesa Tamin X Zoe Levana" yang mewakili dua generasi pengusun

    on Mar 5, 2021
    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021