×
×

Search in Mata Mata Musik

Emma Ruth Rundle Rilis MV ‘Return’ Dari Album Baru “Engine Of Hell”

Posted on: 09/12/21 at 2:00 pm

Emma Ruth Rundle Rilis MV 'Return' Dari "Engine Of Hell", Album Ke-4 Yang Muram
Emma Ruth Rundle (Foto: Mason Rose).

Emma Ruth Rundle telah mengumumkan album solo keempatnya, Engine of Hell, dan meluncurkan MV (Music Video) untuk single utamanya, ‘Return’. Album baru ini akan dirilis pada 5 November 2021 melalui Sargent House.

Baca juga: Khemmis Kembali Via MV ‘Living Pyre’ Dari “Deceiver”, Album Mendatang

‘Return’ yang menjadi pembuka album mendatang tersebut adalah lagu balada minimalis namun menyolok. Hanya menampilkan dentingan piano yang muram mengiringi vokal Rundle. Lagu ini menyajikan transparansi emosional yang lengkap, tanpa overdub. Setiap infleksi dari penampilan vokal Rundle dapat didengar dengan sangat jelas.

Lihat sampul album Engine of Hell di bawah ini yang menampilkan fotografi oleh George Clarke, vokalis Deafheaven.

Emma Ruth Rundle - Sampul album Engine of Hell.
Sampul album Engine of Hell.

Engine of Hell Tracklist:
01. Return
02. Blooms of Oblivion
03. Body
04. The Company
05. Dancing Man
06. Razor’s Edge
07. Citadel
08. In My Afterlife

Emma Ruth Rundle Sutradarai Sendiri MV ‘Return’

Rundle juga menyutradarai sendiri MV hitam-putih lagu tersebut, yang terinspirasi oleh film klasik Wim Wenders, Wings of Desire. Bernyanyi langsung ke kamera, Rundle menyocokkan suasana soliter lagu dengan MV yang sama intim dan dramatisnya.

“Suatu eksaminasi eksistensial,” kata Rundle tentang lagu tersebut melalui siaran pers. “Sebuah puisi patah hati. Mencoba mengkuantifikasi sesuatu yang pasti tentang atau memperkuat makna konkretnya mengalahkan tujuan pembuatan seni. Gue bukan penulis. Gue membuat musik dan gambar untuk mengekspresikan hal-hal yang enggak bisa disampaikan atau diekspresikan oleh kata-kata gue”.

Mengenai MV tersebut, Rundle sedikit lebih terbuka, menjelaskan bahwa doi telah menjauhkan diri dari musik sejak menyelesaikan rekaman Engine of Hell. Tarian dan gerakan yang dikoreografikan dalam MV tersebut merupakan hasil eksplorasi terbarunya dalam balet, film, dan bentuk seni lainnya.

“Gue telah mempelajari balet dan latihan ekspresi melalui gerakan, yang gue masukkan ke dalam video,” kata Rundle. “Gue membuat koreografi tarian untuk lagu itu, beberapa di antaranya yang lo lihat. Potongan yang ditampilkannya. Sejak menyelesaikan Engine of Hell, gue semakin menjauh dari musik dan beralih ke hal-hal seperti menari, melukis, dan mengerjakan ide untuk video atau film kecil. ‘Retun’ adalah hasil dari upaya-upayanya”.

Album Akhir Dari Suatu Era

Engine of Hell adalah karya susulan Rundle tahun 2020 dengan band sludge metal Thou, May Our Chambers Be Full. Seperti yang terdengar di ‘Return’, album mendatang tersebut berfokus pada piano: instrumen yang “ditinggalkan Rundle di awal usia 20-an” ketika doi mulai bermain di band.

“Bagi gue, album ini adalah akhir dari suatu era, akhir dari satu dekade pembuatan album rekaman,” kata Rundle. “Segalanya memang harus berubah dan telah berubah bagi gue sejak gue selesai merekamnya”.

Inspirasi album tersebut nampak jelas tidak lain tiada bukan adalah dari perceraian Rundle dengan vokalis Jaye Jayle, Evan Patterson yang akhirnya terselesaikan setelah sembilan bulan.

“Gue secara hukum adalah orang yang tidak menikah dan tidak lagi ‘terkait’ dengan ‘tindakan’,” tulisnya di Twitter saat mengumumkan perceraiannya. “Biarkan diketahui demikian”.

Baca juga: MataMata Musik: Top 20 Album Hard Rock & Heavy Metal Terbaik Tahun 2020

Kalau lo suka karya Emma Ruth Rundle, lo bisa pre-order album Engine of Hell melalui Sargent House. Selamat menyimak MV ‘Return’ yang cukup menghantui di bawah ini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter