×
×

Search in Mata Mata Musik

Erick Morillo (Reel 2 Real), DJ Lagu Hit ‘I Like to Move It’, Ditemukan Tewas

Posted on: 09/2/20 at 7:00 am

Erick Morillo (Reel 3 Real), DJ Lagu Hit ‘I Like to Move It’, Ditemukan Tewas
Erick Morillo.

DJ dan produser musik berdarah Kolombia-Amerika Erick Morillo telah meninggal dunia pada usia 49 tahun.

Baca juga: 10 Film Dokumenter EDM Wajib Masuk Daftar Tonton!

TMZ melaporkan bahwa mayat Erick Morillo ditemukan pada hari Selasa pagi, 1 September lalu di wilayah Miami Beach, Florida, Amerika Serikat (AS). Rincian seputar penyebab kematiannya saat ini sedang diselidiki oleh pihak yang berwenang, menurut laporan kepolisian Miami Beach.

Sebelum kabar duka ini, Erick Morillo diringkus polisi pada bulan Agustus lalu setelah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita yang mengaku bahwa doi melakukan pendekatan secara paksa kepada dirinya setelah digelarnya pesta DJ bulan Desember lalu. Erick Morillo membantah tuduhan tersebut, namun setelah dilakukan eksaminasi yang hasilnya terbukti positif ada DNA-nya, doi menyerahkan diri ke pihak berwenang (via Variety). Doi juga dijadwalkan untuk hadir di pengadilan pada hari Jum’at mendatang, sayangnya, pengadilan itu sudah dipastikan nggak akan berlangsung karena pelaku sudah tutup usia.

Sekilas tentang Erick Morillo… DJ musik dance dan house itu lahir di kota New York, AS tetapi menjalani masa awal kehidupannya tinggal di Kolombia. Keluarga Erick akhirnya kembali ke AS dan tinggal di Union City, New Jersey. Saat masa remajanya, Erick Morillo menunjukkan minatnya terhadap musik dan sering nge-DJ di pesta-pesta dan acara pernikahan. Pada awal tahun 1990-an, Erick Morillo mengubah hasratnya menjadi karier serius saat doi secara reguler mulai bermain konser sebagai DJ di banyak klub Latin di seluruh kota New York.

Dengan bimbingan sang veteran musik house “Little” Louie Vega, Erick Morillo mencetak lagu hit pertamanya pada tahun 1992 berjudul ‘Ride on the Rhythm’. Setahun kemudian, doi mulai membuat musik dengan nama panggung Reel 2 Reel dan mencetak dua lagu hit lainnya: ‘The New Anthem’/‘Funky Buddha’ dan yang paling terkenal, ‘I Like to Move It’, yang terbukti sebagai lagu paling sukses dalam karier Erick Morillo, mencapai No. 1 di chart Belgia, Perancis, Yunani, dan Belanda. Di AS, ‘I Like to Move It’ mencapai No. 8 di chart Billboard Dance.

Versi lain dari lagu ‘I Like to Move It’ kemudian ditampilkan di film animasi garapan DreamWorks, Madagascar. Beberapa dari lo mungkin ingat dengan jogetan kocak dari karakter hewan lemur bernama King Julien dan pasukannya yang semakin mempopulerkan lagu hit Erick Morillo itu.

Setelah kesuksesannya sebagai Reel 2 Reel, Erick Morillo kemudian kembali memfokuskan keterampilannya terutama pada DJ dan secara reguler bermain musik di klub-klub malam di New York, Miami, London, dan Ibiza. Doi tiga kali dinobatkan sebagai Best House DJ dan Best International DJ oleh DJ Awards, dan memenangkan piala Best American DJ di International Dance Music Awards tahun 2005.

Rest in Peace Erick Morillo… Semoga kepiawaian dan warisan doi di kancah musik house dan dance secara keseluruhan dapat terus dihormati dan menginspirasi generasi musik mendatang.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Major Lazer

'Oh My Gawd', Single Joget Baru Major Lazer Fitur Mr. Eazi, Nicki Mina...

Major Lazer. Tepat pada hari Jum'at, 11 September 2020, bersama dengan Mr. Eazi, Major Lazer merilis single terbarunya berjudul 'Oh My Gawd' fitur Nicki Min

on Sep 12, 2020
Titi DJ & Sara Fajira

Single Kolab Lintas Generasi Titi DJ, Sara Fajira, Eka Gustiwana Sanga...

Titi DJ dan Sara Fajira. (Foto: E-Motion Entertainment). Era pandemi, nampaknya sama sekali nggak mempengaruhi dan menghentikan semangat Titi DJ dalam berka

on Sep 9, 2020
Post Malone X The Chainsmokers

Post Malone Nilai The Chainsmokers Tidak Salah Walau Konsernya Langgar...

Post Malone (Foto: Adam Degross), The Chainsmokers (Foto: via Spotify). Post Malone dan podcaster Joe Rogan telah berbicara tentang banyak hal selama sesi p

on Aug 3, 2020
Beyonce

Berkultur “Black”, Beyoncé Rilis MV ‘Already’ Fitur Major Laz...

Beyonce dalam MV 'Already'. (Foto: YouTube). Album visual Beyoncé, Black Is King, baru saja dirilis pada Jum’at (31 Juli) lalu, bersama dengan MV (Music

on Aug 1, 2020