×
×

Search in Mata Mata Musik

Eunji (Apink) Ungkap Para Idol Harus Nahan Lapar Setengah Mati Sebelum Comeback

Posted on: 08/18/20 at 7:00 am

Eunji (Apink) Ungkap Para Idol Harus Nahan Lapar Setengah Mati Sebelum Comeback
Eunji (Apink).

Transformasi penurunan berat badan yang “sukses” adalah salah satu isu paling hangat dalam setiap comeback girlband K-pop, terutama di musim panas. Jadi, para idol cewek yang sudah kurus di kancah musik K-pop seringkali merasa perlu untuk tampil lebih kurus, melalui beberapa metode diet paling ekstrim yang, pada akhirnya, membahayakan karier dan kesehatan mereka sendiri.

Baca juga: 5 Skandal Idol K-Pop Yang Paling Heboh. No. 2 dan 5 Paling Ngehe

Dalam sebuah episode dari acara Life Bar di TVN, Eunji dari girlband Apink berbicara tentang kenyataan brutal yang harus dihadapi para anggota girlband K-pop dalam hal menurunkan berat badan, nggak peduli berapa banyak berat badan yang mereka berhasil turunkan, pasti masih ada cara untuk tampil lebih kurus lagi.

Eunji sering banget diejek, kena fat shaming saat dia pertama kali debut. Akibatnya, doi merasa perlu mengandalkan berbagai pil untuk mengurangi nafsu makannya sehingga doi bisa jadi lebih kurus.

Eunji mulai meminum obat anorektik lebih dari dosis yang disarankan, dengan harapan dapat mempercepat proses penurunan berat badannya. Akibatnya, doi mengalami depresi berat.

“Aku mendapatkan semua informasi yang salah dan mencoba menurunkan berat badan dengan cara cepat. Akhirnya, penurunan berat badan yang intens menyebabkan aku kehilangan suara dan menjadi sangat nggak sehat. Aku nggak bisa bernyanyi selama berbulan-bulan. Aku akhirnya mengalami depresi berat. Itu adalah masa yang sangat sulit bagi aku,” kata Eunji.

Tentu saja, Eunji bukan satu-satunya idol cewek yang mengalami penurunan berat badan yang intens untuk mempelajari risiko tersebut dengan cara yang sulit. Momo dari girlband TWICE juga berbicara tentang rencana “menurunkan berat badan 15 pon (sekitar 7 kg) dalam 7 hari”.

Pada sebuah siaran live, Momo menjelaskan bahwa doi hampir mokat saat berusaha memenuhi “standar berat badan” dari sebuah girlband yang baru akan debut. Karena agensinya meminta agar dia menurunkan 15 kg sebelum panggung showcase pertamanya, Momo memutuskan untuk berhenti makan dan minum selama seminggu.

Baca juga: 4 Idol K-pop Cewek Yang Cabut Dari Grup Mereka Akibat Skandal

“Aku berhenti makan. Aku berhenti minum. Aku bahkan nggak menelan ludah aku sendiri karena aku pikir itu akan menambah beban. Saat aku ingin tidur, aku berbaring dan berpikir bahwa aku mungkin nggak bisa bangun keesokan harinya. Mau nggak mau aku akhirnya menangis… Aku khawatir aku nggak akan bangun setelah tidur. Aku sangat takut,” ungkap Momo.

Bagi para anggota girlband K-pop, gangguan makan bukanlah suatu hal yang mengejutkan. Ketika JinE dari Oh My Girl didiagnosis menderita anoreksia karena stress dalam mempertahankan “berat badan yang layak” sebagai seorang idol K-pop, doi memutuskan untuk keluar dari grup untuk menjaga kesehatannya sendiri, baik secara fisik maupun mental. Fans mendukung cara JinE untuk cepat sembuh dan menyadari tekanan toxic yang dirasakan para idol K-pop ini untuk secara nggak masuk akal menjaga tubuh mereka tetap kurus.

Sayangnya, banyak netizen di Korea yang menganggap masalah ini nggak begitu serius. Faktanya, beberapa orang bahkan percaya bahwa itu hanyalah risiko kecil bagi para idol K-pop itu untuk menjadi kaya raya.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 27, 2021
    Anggota Girlband

    30 Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand

    on Jul 18, 2021
    30 Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Juli 2021

    30 Urutan Peringkat Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Bulan Juli 2021

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Juli 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

    on Jul 17, 2021
    Girlband

    30 Urutan Peringkat Girlband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Juli 2021

    30 urutan peringkat girlgroup K-pop terpopuler edisi bulan Juli 2021. Girlband K-pop! Yup. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan pering

    on Jul 13, 2021