×
×

Search in Mata Mata Musik

Everett Morton, Dramer The Beat, Legenda Ska Inggris, Meninggal Dunia

Posted on: 10/11/21 at 2:00 pm

Everett Morton (The Beat)
Foto: via Twitter.

Everett Morton, salah satu anggota pendiri dan dramer The Beat, meninggal dunia pada usia 71 tahun. The Beat adalah band ska kebangsaan Inggris yang berpengaruh besar.

Baca juga: Pionir Genre Musik Reggae, Toots Hibbert (Toots & The Maytals) Tutup Usia

“Dengan sangat sedih kami harus mengumumkan meninggalnya Everett Morton, seorang pria yang baik dan berbakat,” tulis akun Twitter resmi The Beat dalam tweet yang diposting pada hari Sabtu. “Keluarganya secara alami berduka. Harap hormati privasi mereka. RIP Gaffah”. Namun penyebab kematiannya tidak diungkapkan.

Berasal dari Hindia Barat, Morton beremigrasi ke Birmingham, Inggris. Dan pada tahun 1978 membentuk The Beat bersama vokalis Dave Wakeling, gitaris Andy Cox, dan bassis David Steele. Segera setelah itu, formasi band ini dilengkapi dengan penambahan vokalis/toaster Ranking Roger dan pemain saksofon Saxa.

Karier Everett Morton Bersama The Beat

Di garda depan kebangkitan ska Inggris pada akhir 1970-an, The Beat mencapai 10 besar dengan single debut mereka, sebuah lagu cover dari Smokey Robinson ‘Tears of a Clown’. Album debut The Beat, I Just Can’t Stop It (1980), meraih sertifikat emas di Inggris. Dan memberi The Beat dua single top 10 lagi dengan ‘Hands Off…She’s Mine’ dan ‘Mirror in the Bathroom’.

Kesuksesan awal The Beat membuka peluang mereka menjadi band pembuka tur musisi-musisi beken seperti David Bowie, The Clash, The Police, Pretenders, R.E.M., The Specials, dan Talking Heads. Namun, sayangnya, keberadaan band ini ternyata berumur pendek, karena setelah merilis album ketiga mereka pada tahun 1983, The Beat bubar.

Morton dan Saxa melanjutkan untuk membentuk The International Beat, sementara Wakeling dan Ranking Roger bergabung di General Public. Namun, setelah General Public sendiri bubar jalan di akhir tahun 1990-an, Ranking Roger bersatu kembali dengan Morton dan anggota orisinal The Beat lainnya. Wakeling, sementara itu, membentuk versinya sendiri dari band ini bernama The English Beat. Versi The Beat yang dipimpin oleh Roger Ranking tetap menjadi unit tur yang aktif dan merilis beberapa album hingga kematian sang vokalis pada tahun 2019.

Baca juga: David Bowie Merilis Album “Toy” Yang Sempat Dilupakan Tahun 2011

Selamat jalan, Everett Morton, karyamu abadi, kita akan selalu ber-skanking ria dengan lagu-lagu The Beat. Rest in peace.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021
    Glorious Friends

    Pandemi Nggak Hentikan Glorious Friends Tampil Di Dua Festival Ska Int...

    Glorious Friends. Mengusung musik ska dan reggae dengan khas anak muda Indonesia, Glorious Friends kembali mengejutkan pencinta musik Indonesia. Setelah di

    on Nov 22, 2020
    Jamessteady ska

    Sixtet Ska Asal Cirebon Jamessteady Kembali Dengan EP "Riot City Rocke...

    Jamessteady. Jamessteady, nama yang nggak asing bagi penggemar musik ska, reggae maupun rock steady. Tumbuh dari scene musik reggae di kota Cirebon, Jamesst

    on Nov 21, 2020
    Waiting Room

    Pionir Skacore Waiting Room Hidup Kembali Via Reissue Album Debutnya

    Waiting Room circa 1998. (Foto: via Facebook/Waiting Room). Band veteran pengusung skacore (kombinasi ska, punk rock dan hardcore), Waiting Room telah meril

    on Sep 30, 2020