×
×

Search in Mata Mata Musik

Ezra Koenig Bahas Alasan di Balik Sempat Absennya Vampire Weekend

Posted on: 10/3/19 at 1:45 pm

“Selama saya tertarik dengan musik, Vampire Weekend akan terus ada.”

Bulan April lalu, Vampire Weekend merilis Father of the Bride, album pertama mereka dalam enam tahun. Pasca debut, album ini berhasil memuncaki tangga lagu seiring fans merayakan kembalinya band favorit mereka.

Tapi apa yang membuat band indie rock ini memutuskan untuk absen begitu lama? Ezra Koenig belum lama ini buka-bukaan tentang istirahat panjang mereka dalam wawancara dengan Billboard.

Saat ditanya apakah dia sengaja mengambil jeda panjang setelah perilisan album sebelumnya, Koenig tidak ragu mengatakan ya. “Ya. Saya tidak menyangka akan enam tahun, tapi saya sangat muak dengan semuanya. Saya tidak ingin kembali ke studio, saya tidak ingin kembali tur, saya benar-benar tidak ingin memikirkan tentang musik ataupun Vampire Weekend sama sekali,” akunya.

Tapi meskipun sempat kehilangan motivasi, dia mengaku tidak pernah berpikir untuk membubarkan band.

Baca juga: Jude Law Muncul di Versi Jepang Album Baru Vampire Weekend

“Saat dulu orang menanyakan saya apakah saya akan membuat album solo, itu hampir tidak masuk akal bagi saya karena saya akan menghubungi kolaborator yang sama, saya akan mengerjakannya dengan cara yang sama persis,” jelasnya.

“Kenyataannya, saya sejak awal sudah memasukkan identitas saya sebagai penulis lagu ke Vampire Weekend. Saya tidak pernah sampai terpikir, ‘Saya mau keluar dari musik.’ Selama saya tertarik dengan musik, Vampire Weekend akan terus ada.”

Jeda panjang tersebut membuatnya memikirkan kembali pendekatan kreatifnya, mengingat industri musik sudah berubah sejak band ini merilis album terakhirnya, Modern Vampires of the City, di 2013.

“Satu-satunya belenggu yang pernah ada di Vampire Weekend adalah ekspektasi publik. Tapi saat saya memikirkan tentang apa yang mengisi album Vampire Weekend, saya merasa sangat perlu memeriksa beberapa hal, apalagi untuk kembali setelah enam tahun absen dengan komposisi yang berubah,” ujarnya.

Baca juga: Vampire Weekend Rilis Dua Single Baru!

“Indie rock yang dulu tidak pernah ingin kami selami, tapi toh akhirnya kami jalani juga, sekarang tidak keren lagi. Jadi kembali muncul dengan album ini rasanya berbahaya. Kalau album ini tidak punya single yang bagus, saya bisa bayangkan seperti apa reaksi orang-orang. Mungkin itu sebabnya saya perlu membuat 18 lagu, hanya supaya punya ruang yang cukup untuk memenuhi semua ekspektasi itu.”

Vampire Weekend saat ini sedang tur untuk promosi FOTB. Cek jadwal lengkap tur mereka di sini.

Keterangan Foto Utama: Ezra Koenig dari Vampire Weekend. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Matter Halo

    Matter Halo Makin Moncer Via Lagu-Lagu Indie Rock Album NIGHTVISION

    Ganindra Rai dan Ibnu Dian (Foto: dok. Matter Halo). Matter Halo mengawali tahun 2021 ini dengan terus giat mempromosikan lagu-lagu dari album perdananya, N

    on May 12, 2021
    Matter Halo

    Matter Halo Gandeng 7 Artis Di Versi Akustik Lagu ‘Million’ Buat K...

    Matter Halo, band pengusung indie rock asal Jakarta, yang beranggotakan Ibnu Dian dan Ganidra Rai, baru saja merilis sebuah versi akustik dan kolaboratif d

    on Dec 10, 2020
    Jirapah

    Fitur Cholil 'ERK', Jirapah Maknai Ulang Lagunya Menjadi 'Re: Planetar...

    Jirapah. Membuka 2020 dengan melepas sebuah video musik epik 'Planetarium' yang disutradarai Edwin pada Januari lalu, kini band indie rock eksperimental asa

    on Nov 25, 2020
    Lou Belle Sessions

    Mainkan 'Waking Up', SUAR Tampil Keren Di Virtual Show Debut Lou Belle...

    "LOU BELLE SESSIONS Waking up" adalah sebuah karya audio-visual hasil kolaborasi dari Lou belle Collective, seperti: Convert textured, Infis

    on Oct 12, 2020