×
×

Search in Mata Mata Musik

Facebook Ancam Hapus Akun Yang Live Streaming Dengan Konten Berhak Cipta

Posted on: 09/14/20 at 6:30 am

Facebook Ancam Hapus Akun Yang Live Streaming Dengan Konten Berhak Cipta
Nyang si empunya Pesbuk, Mark Zuckerberg. (Foto: JD Lasica).

Seperangkat pedoman baru yang dirilis oleh Facebook belum lama ini telah membuat band-band di seluruh dunia bingung mengenai apa yang bakal terjadi jika mereka ingin melibatkan diri atau berinteraksi secara live dengan audiens mereka di platform ini. Sebab, Facebook bakal menekan habis-habisan akun yang menggunakan musik berhak cipta dalam live streaming mereka, dan ini bisa berakibat fatal… akun halaman lo dihapus!

Baca juga: Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streaming Berbayar

Itu semua adalah bagian dari pedoman musik baru Facebook yang cukup ambigu, di mana layanan tersebut memperingatkan dengan kalimat: “Anda tidak boleh menggunakan video di ‘Produk’ kami untuk menciptakan suatu pengalaman mendengarkan musik”. Sudah jelas, ‘Produk’ mereka adalah Facebook dan Instagram.

Lo harus memastikan halaman band atau personal lo memiliki lisensi yang sesuai untuk aktivitas musik streaming lo. Facebook menulis: “Orang-orang menggunakan Produk kami untuk berbagi konten dengan keluarga dan teman-teman mereka. Perlu diingat bahwa Anda tetap bertanggung jawab penuh atas konten yang Anda posting, termasuk musik apa pun yang ditampilkan dalam konten tersebut. Tidak ada dalam persyaratan ini yang merupakan otorisasi dari kami sehubungan dengan penggunaan musik di salah satu Produk kami.”. Facebook kemudian memperingatkan: “Penggunaan musik untuk tujuan komersial atau non-personal secara khusus dilarang kecuali Anda telah memperoleh lisensi yang sesuai”.

Artinya, ya, ada kemungkinan jika lo melakukan streaming dengan memutar atau memainkan lagu lo sendiri, tapi lo nggak dinyatakan sebagai pemegang lisensi musik atau lagu tersebut, Facebook bisa mengambil tindakan tegas terhadap akun halaman lo, ‘kan nggak asyik banget!

Dan jika lo mau live streaming, misalnya sekedar mau memainkan “guitar-playthrough” cover lagunya ‘Master of Puppets’-nya Metallica, nah, pasti lo bakal mengurungkan niat lo tuh. Facebook mencatat: “Jika Anda memposting konten yang berisi musik milik orang lain, konten Anda dapat diblokir, atau dapat ditinjau oleh pemilik hak yang berlaku dan dihapus jika penggunaan musik tersebut tidak diizinkan dengan benar”.

Dalam versi yang lebih lengkap dari pesan Facebook ini mencatat:

Kemitraan kami dengan pemegang hak telah menyatukan orang-orang seputar musik di platform kami. Sebagai bagian dari perjanjian lisensi kami, ada batasan seputar jumlah musik yang direkam yang dapat disertakan dalam siaran langsung atau video. Meskipun spesifikasi perjanjian lisensi kami dirahasiakan, hari ini kami membagikan beberapa pedoman umum untuk membantu Anda merencanakan video dengan lebih baik:

  • Musik dalam ‘Facebook Story’ dan pertunjukan musik live tradisional (contohnya: Merekam artis atau band yang tampil live) diizinkan.
  • Semakin banyak jumlah trek rekaman berdurasi penuh dalam sebuah video, semakin besar kemungkinannya dibatasi (lebih lanjut tentang apa yang kami maksud dengan “terbatas” ada di bawah).
  • Disarankan durasi video klip musik yang lebih pendek.
  • Harus selalu ada komponen visual pada video Anda; audio yang direkam tidak boleh menjadi tujuan utama dari video.

Mereka juga memperingatkan bahwa mungkin ada masalah hak asasi di seluruh dunia, yang menyatakan “Anda mungkin tidak dapat memposting atau mengakses video yang berisi musik di setiap negara di dunia. Kami ingin Anda dapat berbagi video dengan keluarga dan teman di mana pun mereka berada, tetapi musik apa pun di video Anda, jika diizinkan, mungkin tidak tersedia di semua negara di dunia”.

Peringatan awal Facebook untuk live streaming dengan konten nggak berlisensi.

Baca juga: Slipknot Luncurkan Knotfest Versi Online Dengan Streaming Konser dan Wawancara

Facebook memang memperjelas bahwa jika lo melakukan streaming materi musik yang berhak cipta, mereka akan memberikan peringatan terlebih dahulu yang memberi tahu lo untuk berhenti memutar lagu kalau nggak mau streaming musik lo dihapus.

Aturan ini mulai berlaku 1 Oktober 2020. Damn!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

PartyDiRumah

PartyDiRumah.com Hadirkan Live Experience Berbeda Untuk Live Streaming

Industri hiburan malam banyak terkena dampak pandemi, nggak terkecuali. Banyak dari bar/cafe yang mesti guluparg tikar dan karpet namun banyak juga yang be

on Sep 25, 2020
Spotify

Spotify Hadirkan Fitur Live Stream: Virtual Event Dengan Songkick & Ti...

Spotify Virtual Event. Spotify pada hari ini, 16 September 2020 resmi mengumumkan peluncuran fitur acara virtual, yang memungkinkan para penggemar musik ter

on Sep 16, 2020
Live Streaming Facebook

Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streamin...

Foto: Karen Ducey/Getty Images. Kini musisi bisa memasang tarif ke penonton yang ingin mengakses ke konser virtual dan live streaming Facebook dengan layana

on Aug 20, 2020
Konser Virtual

Pandemi Memaksa Kita Nonton Konser Virtual Dengan Tata Suara Yang Buru...

Mariah Carey. (Foto: Fox). Seperti yang kita lihat ketika MTV Video Music Awards (MTV VMA) mengumumkan daftar nominasinya minggu lalu, di situ MTV menambahk

on Aug 4, 2020