×
×

Search in Mata Mata Musik

Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streaming Berbayar

Posted on: 08/20/20 at 7:30 am

Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streaming Berbayar
Foto: Karen Ducey/Getty Images.

Kini musisi bisa memasang tarif ke penonton yang ingin mengakses ke konser virtual dan live streaming Facebook dengan layanan baru yang berfungsi sebagai acara online berbayar dari platform tersebut.

Baca juga: Resmi Rilis Layanan Video Musik, Akankah Facebook Bakal Saingi YouTube?

Layanan baru ini diluncurkan beberapa hari yang lalu, memungkinkan pebisnis, kreator, pendidik, dan penerbit media, entah itu musisi, pedagang atau apa pun profesinya, untuk menagih biaya masuk ke acara virtual mereka. Halaman Facebook yang ingin menyelenggarakan acara online berbayar harus mematuhi kebijakan monetisasi Facebook untuk mengakses fungsi layanan tersebut, yang tersedia di 20 negara termasuk Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Fidji Simo, Kepala Aplikasi Facebook, menulis dalam posting blog Facebook Newsroom bahwa perusahaan tidak akan mengambil potongan pendapatan dari acara akses online berbayar untuk “setidaknya tahun depan”, untuk mendukung bisnis kecil dan kreator konten.

“Untuk transaksi di situ web, dan di Android di negara-negara tempat kami meluncurkan Facebook Pay, bisnis kecil akan menyimpan 100 persen pendapatan yang mereka hasilkan dari acara online berbayar,” tulisnya.

Simo menambahkan bahwa ini hanya berlaku untuk pembelian yang dilakukan melalui sistem Facebook Pay, yang menyatakan bahwa Apple telah menolak permintaan perusahaan untuk membebaskan pemotongan pajak sebesar 30 persen.

Baca juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

“Kami meminta Apple untuk mengurangi 30 persen pajak App Store atau mengizinkan kami menawarkan Facebook Pay sehingga kami dapat menanggung semua biaya untuk bisnis yang berjuang selama (pandemi) Covid-19,” katanya.

“Sayangnya, mereka menolak permintaan kami dan UKM hanya akan dibayar 70 persen dari pendapatan yang diperoleh dengan susah payah,” lanjutnya.

Simo juga mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menguji “acara berbayar dengan Messenger Rooms untuk pertemuan yang lebih personal dan interaktif”.

Facebook pertama kali mengumumkan pembaruan acara online berbayar melalui pernyataan di situs webnya pada bulan April.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Menolak Undangan Met Gala Karena Wajibkan Sertifikat Vaksi...

    Nicki Minaj (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Nicki Minaj, si ratu bokong "geal-geol", kembali menyentak kancah musik arus utama. Menyusul acara prestis

    on Sep 15, 2021
    TikTok #HouseParty

    Dipha Barus, Weird Genius & DJ Top Dunia Ramaikan TikTok #HouseParty

    Pamflet acara TikTok Live Music Night. Pergelaran musik livestream menjadi alternatif utama dalam meramaikan panggung hiburan saat ini. Salah satunya adalah

    on Sep 14, 2021
    Jonathan Davis

    Jonathan Davis Melanjutkan Tur Korn Pasca Isoman Penyembuhan Covid

    Jonathan Davis lebih banyak duduk di kursi selama konser berlangsung. Sebelumnya dikabarkan secara resmi oleh pihak Korn bahwa Jonathan Davis positif mengid

    on Aug 31, 2021
    Eric Clapton dan Brian May

    Brian May Sebut Eric Clapton dan Para Anti-Vaksin Lainnya 'Gila'

    Eric Clapton (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images) / Brian May (Foto: Cole Bennetts/Getty Images). Brian May, sang gitaris Queen telah mengomentari pengumu

    on Aug 8, 2021