×
×

Search in Mata Mata Musik

Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streaming Berbayar

Posted on: 08/20/20 at 7:30 am

Facebook Luncurkan Layanan Baru Untuk Konser Virtual dan Live Streaming Berbayar
Foto: Karen Ducey/Getty Images.

Kini musisi bisa memasang tarif ke penonton yang ingin mengakses ke konser virtual dan live streaming Facebook dengan layanan baru yang berfungsi sebagai acara online berbayar dari platform tersebut.

Baca juga: Resmi Rilis Layanan Video Musik, Akankah Facebook Bakal Saingi YouTube?

Layanan baru ini diluncurkan beberapa hari yang lalu, memungkinkan pebisnis, kreator, pendidik, dan penerbit media, entah itu musisi, pedagang atau apa pun profesinya, untuk menagih biaya masuk ke acara virtual mereka. Halaman Facebook yang ingin menyelenggarakan acara online berbayar harus mematuhi kebijakan monetisasi Facebook untuk mengakses fungsi layanan tersebut, yang tersedia di 20 negara termasuk Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

Fidji Simo, Kepala Aplikasi Facebook, menulis dalam posting blog Facebook Newsroom bahwa perusahaan tidak akan mengambil potongan pendapatan dari acara akses online berbayar untuk “setidaknya tahun depan”, untuk mendukung bisnis kecil dan kreator konten.

“Untuk transaksi di situ web, dan di Android di negara-negara tempat kami meluncurkan Facebook Pay, bisnis kecil akan menyimpan 100 persen pendapatan yang mereka hasilkan dari acara online berbayar,” tulisnya.

Simo menambahkan bahwa ini hanya berlaku untuk pembelian yang dilakukan melalui sistem Facebook Pay, yang menyatakan bahwa Apple telah menolak permintaan perusahaan untuk membebaskan pemotongan pajak sebesar 30 persen.

Baca juga: Profil di Facebook Sekarang Bisa Ditambah Fitur Musik!

“Kami meminta Apple untuk mengurangi 30 persen pajak App Store atau mengizinkan kami menawarkan Facebook Pay sehingga kami dapat menanggung semua biaya untuk bisnis yang berjuang selama (pandemi) Covid-19,” katanya.

“Sayangnya, mereka menolak permintaan kami dan UKM hanya akan dibayar 70 persen dari pendapatan yang diperoleh dengan susah payah,” lanjutnya.

Simo juga mengungkapkan bahwa perusahaan sedang menguji “acara berbayar dengan Messenger Rooms untuk pertemuan yang lebih personal dan interaktif”.

Facebook pertama kali mengumumkan pembaruan acara online berbayar melalui pernyataan di situs webnya pada bulan April.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021
    Boss Metal Zone

    Diagram Efek Gitar Metal Zone Dirumorkan Sebagai Chip 5G Dalam Vaksin ...

    "5G chip diagram" dan pedal efek Boss Metal Zone. Kita telah memasuki era di mana realitas yang nggak masuk akal adalah hal yang masuk akal. Hal yang non-lo

    on Jan 6, 2021