×
×

Search in Mata Mata Musik

Fans Bantu Hapus Lagu Islamofobia Tentang Zayn Malik Di Spotify

Posted on: 07/20/20 at 8:30 am

Fans Bantu Hapus Lagu Islamofobia Tentang Zayn Malik Di Spotify
Zayn Malik.

Spotify telah menghapus sebuah lagu bernada Islamofobia yang menargetkan sang popstar Zayn Malik dari platform mereka, menyusul reaksi publik dari para penggemar sejati mantan anggota boyband One Direction itu.

Lagu iseng itu berjudul ‘Zayn Did 9/11’, tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Lagu itu diciptaan oleh seorang troll alias netizen provokator yang cukup beken di Twitter bernama Uma Kompton,

Lagu memalukan yang berdurasi satu menit itu melakukan apa yang tertulis di judulnya, menghubungkan Zayn Malik, yang dibesarkan dalam rumah tangga beragama Islam, dengan tragedi serangan teroris “9/11” pada bulan September tahun 2001 yang menewaskan hampir 3.000 orang di kota New York, Amerika Serikat (AS) dan di Pentagon.

Baca Juga: Kata Travis Barker, Blink-182 Nggak Lama Lagi Rilis Lagu Kolab Dengan Juice WRLD

Lagu ini tampaknya telah diunggah ke platform streaming musik itu sejak tahun 2017 tetapi telah kembali viral dalam semalam oleh beberapa penggemar Zayn Malik yang teliti.

Para penggemar dari popstar asal Inggris ini membuat viral tagar #RemoveItForZayn, menuduh Uma Kompton atas melakukan tindakan rasisme dan fanatisme. Lagu itu tampaknya telah melanggar pedoman Spotify dalam hal ujaran kebencian.

“Spotify tidak mengizinkan konten yang tujuan utamanya adalah untuk menghasut kebencian atau kekerasan terhadap orang-orang karena alasan ras, agama, kecacatan, identitas gender, atau orientasi seksual mereka,” ujar Spotify menjelaskan dalam sebuah pengumuman pada tahun 2018 lalu mengenai standar perusahaan mereka.

“Seperti yang telah kami lakukan sebelumnya, kami akan menghapus konten yang melanggar standar itu. Kami tidak berbicara tentang konten yang menyinggung, eksplisit, atau vulgar, kami berbicara tentang ujaran yang mengandung kebencian”.

Ini bukan pertama kalinya Uma Kompton mendapat sorotan tajam dari netizen.

Pada tahun 2016, BuzzFeed News mengungkapkan keberadaan Uma Kompton di Twitter, yang dikenal karena sering mengunggah berbagai konten yang iseng/mengejek dan mengandung dark jokes, menggunakan foto curian dari sebuah jaringan media sosial Rusia.

Akun Twitter Uma Kompton telah ditangguhkan sejak publikasi artikel itu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ardhito Pramono

    Ardhito Pramono Rilis 7 Lagu Anak-Anak Dari Semar & Pasukan Monyet

    Ardhito Pramono nampaknya menyadari bahwa penikmat musiknya juga ada dari kalangan anak-anak. Namun melihat semakin langkanya lagu untuk anak, Ardhito terg

    on May 10, 2021
    Alex Porat

    Alex Porat Rilis Single & MV 'dimension' Sebagai Simbol Surga-Neraka

    Penyanyi asal Kanada, Alex Porat, pada hari Rabu, 5 Mei merilis single terbarunya, 'dimension' bersamaan dengan video musik yang disutradarai oleh kolabo

    on May 6, 2021
    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Juliette

    Juliette Comeback Dengan Album "Istimewa" Fitur 3 Penyanyi Top Muda

    Juliette. (Foto: GMI Records). Setelah sekian tahun mengalami resesi tuna karya, band pop Juliette kembali membuktikan taji mereka di kancah musik nasional.

    on Apr 25, 2021