×
×

Search in Mata Mata Musik

Fear Factory Rilis Lagu Dari Album Baru Setelah Lebih Dari 5 Tahun

Posted on: 04/3/21 at 11:00 am

Fear Factory Rilis Lagu Dari Album Baru Setelah Lebih Dari 5 Tahun
Dino Cazares. (Foto: dok. Fear Factory).

Jawara industrial metal Fear Factory akan merilis lagu baru pertamanya dalam lebih dari lima tahun pada hari Jum’at, 16 April. Lagu tersebut diharapkan akan muncul di album band mendatang, yang akan dirilis akhir tahun ini melalui Nuclear Blast Records.

Teaser berupa riff singkat dari lagu barunya yang didemonstrasikan oleh gitaris gembrot Dino Cazares, tersedia di akhir artikel ini, bray.

Baca juga: Sang Frontman, Burton C. Bell Resmi Mengundurkan Diri Dari Fear Factory!

September 2020 lalu, sang vokalis, Burton C. Bell mengeluarkan pernyataan resmi mengumumkan pengundur dirinya dari Fear Factory. Doi bilang bahwa doi “enggak bisa menyelaraskan” dirinya dengan seseorang yang enggak doi percayai atau hormati.

Keluarnya Burton dari Fear Factory terjadi lebih dari dua minggu setelah Dino meluncurkan kampanye GoFundMe untuk membantunya dengan biaya produksi yang terkait dengan album baru Fear Factory yang telah lama ditunggu-tunggu.

Burton C. Bell kemudian memberi tahu Kerrang! tentang keinginan hengkang dari Fear Factory. “Itu sudah lama ada di pikiran gue,” katanya. “Tuntutan hukum ini (atas hak nama Fear Factory) baru saja menguras gue. Ego. Keserakahan. Enggak hanya dari anggota band, tetapi dari pengacara yang terlibat. Gue baru saja kehilangan rasa cinta terhadap band itu”.

“Dengan Fear Factory, selalu saja, seperti, ‘Apa?!’ Lo hanya dapat mengambil sebanyak itu. Gue merasa 30 tahun adalah perjalanan yang baik. Album yang telah gue selesaikan dengan Fear Factory (selanjutnya kita singkat FF -Ed.) akan selalu ada di luar sana. Guea akan selalu menjadi bagian darinya. Gue hanya merasa sudah waktunya untuk move on“.

Ditekan tentang apakah ada kemungkinan rekonsiliasi dengan FF, Burton menjawab: “Gue sudah selesai. Gue belum berbicara dengan Dino selama tiga tahun. Gue belum berbicara dengan Raymond (Herrera, eks-dramer) dan Christian (Olde Wolbers, eks-bassis) lebih lama dari itu. Dan gue enggak berniat melakukannya. Gue hanya bergerak maju dengan hidup gue”.

Pintu Fear Factory Tetap Terbuka Untuk Burton

Pada bulan Oktober, Dino mengeluarkan pernyataan di mana gitaris gendut ini mengatakan bahwa pintu bagi Burton untuk kembali ke FF enggak akan “tetap terbuka selamanya”. Gitaris jagoan picking stroke itu juga mengungkapkan bahwa Burton “kehilangan hak hukumnya” atas nama Fear Factory “setelah pertarungan pengadilan yang panjang” dengan Herrera dan Olde Wolbers. “Gue memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan benar, dan gue merasa mendapatkan nama secara lengkap adalah hal yang benar untuk kami berdua. Jadi setelah hampir empat tahun kami dapat melanjutkan sebagai FF, untuk membuat lebih banyak rekaman dan tur”. Kemudian Dino melanjutkan, “Itulah mengapa sedih mendengar bahwa dia memutuskan untuk berhenti dan, menurut pendapat gue, untuk masalah apa pun yang dia miliki sepertinya itu bisa diselesaikan”.

Dalam menjelaskan alasannya memulai kampanye penggalangan dana, Dino mengatakan bahwa semua donasi akan digunakan untuk menutupi biaya produksi yang baru dikeluarkan terkait dengan pembuatan album baru FF. Termasuk perekaman ulang dram, gitar, bass dan kibord, serta mixing dan mastering oleh Andy Sneap. Vokal utama asli Burton, yang direkam secara penuh pada tahun 2017, akan tetap ada di versi baru album tersebut.

Kampanye penggalangan dana FF menandakan aktivitas publik pertama dari band sejak menyelesaikan tur headlining Amerika Serikat 2016 di mana mereka menampilkan repertoar album kedua mereka yang klasik, Demanufacture, secara keseluruhan.

Baca juga: 20 Lagu Terbaik Metallica Sepanjang Masa

Sementara, proyek musikal Burton C.Bell, Ascension Of The Watchers telah merilis album penuh keduanya, Apocrypha pada Oktober 2020 lalu melalui Dissonance Productions. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya dari album baru FF. Stay tuned!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Glora Nexus

    Glora Nexus Siap Muntahkan EP "A Grand Monument To Mortality"

    Svarte. (Foto: Dimas Budi AP). Glora Nexus, begitu sang mastermind dengan pseudonym Svarte menyebut proyek musikal kelamnya. Glora Nexus didirikan di Jakart

    on Mar 30, 2021
    Gojira

    Gojira Rilis Single 'Amazonia' Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

    Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier). Gojira telah meluncurkan single baru berjudul 'Amazonia' beserta video musiknya menjelang album mendatang mereka, Fort

    on Mar 27, 2021
    Gojira

    Gojira Umumkan Album Baru Seraya Luncurkan MV Single Baru 'Born For On...

    Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier). Pada 17 Februari lalu, Gojira telah mengumumkan album baru mereka yang sangat ditunggu-tunggu metalhead sedunia. Berju

    on Feb 19, 2021
    Pantera era jadul

    Rex Brown Ogah Reissue 4 Album Awal Era Lawas Pantera: Itu Bukan Pante...

    Pantera di era 1980-an. Pantera memang sudah bubar sejak tahun 2003, namun warisan musiknya abadi. Tetapi enggak seperti band berstatus legendaris pada umum

    on Feb 8, 2021