×
×

Search in Mata Mata Musik

.Feast Klarifikasi dan Minta Maaf Soal Pernyataannya Yang Singgung Musik Metal

Posted on: 04/24/20 at 8:30 am

.Feast
.Feast, band indie rock yang sedang ramai dibicarakan netizen. (Foto: Facebook .Feast).

Video wawancara .Feast dan vokalisnya, Baskara Putra yang beredar di YouTube sejak tahun 2018 belakangan ini menjadi viral. Ramai, bray!

Video ini aslinya adalah wawancara .Feast dengan Medcom ID yang ditayangkan di kanal YouTube media online itu sejak 26 November 2018. Dalam video wawancara, Baskara Putra memberikan pernyataan bahwa lagu ‘Peradaban’ lebih keras daripada semua jenis metal yang pernah mereka dengar. WTF?

Video yang berdurasi 6 menit 43 detik itu didominasi oleh Baskara Putra yang menjawab pertanyaan, termasuk saat pertanyaan soal mini album alias EP Beberapa Orang Memaafkan di menit ke-3. 

Baca juga: .Feast Menunda Konser di Malaysia Akibat Virus Corona

Pernyataan Baskara soal EP tersebut, menceritakan proses pembuatan EP-nya yang diawali dengan peristiwa bom bunuh diri di Surabaya, disusul dengan lagu ‘Peradaban’ yang menjadi lagu hit-nya.

Dan ini yang seru, di menit ke 3:59 Baskara menegaskan bahwa:

“Lagu ‘Peradaban’ itu jauh lebih keras dari semua lagu metal mana pun yang kami pernah dengar. Karena pada saat kami menulis lagu itu, geramnya sampai kebas. Kami sudah nggak bisa merasakan apa-apa lagi, dan itu yang keluar”.

Walhasil, pernyataan ini spontan bikin warganet geram dan meramaikan kolom komen di video tersebut. Mereka pun jadi ikutan “Geram”, “Geramnya Sampai Kebas”, hahaha.

Beberapa netizen menyayangkan dengan pernyataan Baskara tersebut dan membandingkan dengan band metal asal Indonesia dan luar negeri yang mereka sebutkan secara sarkas dengan komentar yang lucu-lucu sekaligus bernada “GSK” (Geramnya Sampai Kebas, hihihi). Tonton sendiri deh video lengkapnya di bawah ini:

Inilah lagu ‘Peradaban’ yang semakin viral ya semakin naik viewers-nya di YouTube, para netizen yang reaksioner secara tidak sadar telah menjadi kanal marketing .Feast. Yang nggak tahu jadi tahu dan memutar video di bawah ini. Sejak diunggah 13 Juli 2018, sudah meraih 8,6 juta views.

Dalam sebuah video lain yang telah dipotong durasinya, tersebar komentar Baskara tentang anak zaman sekarang yang katanya sudah nggak mendengarkan musik rock lagi. Video ini adalah saat wawancara Baskara Putra dengan Gofar Hilman, YouTuber kocak yang juga seorang punk rocker. Video tersebut juga bikin geram anak-anak muda para penikmat musik rock.

Klarifikasi dan Minta Maaf

Video klarifikasi dan permohonan maaf di akun Instagram .Feast.

Ramainya linimasa, yang berujung banyaknya cacian dan meme kebencian, menggerakan hati para personil .Feast untuk bikin video klarifikasi dan ucapan permohonan maaf yang diunggah di akun Instagram @ffeast.

Baca juga: .Feast Masuki Fase Earth-05 Lewat Single Baru, “Dalam Hitungan”

Video yang diunggah hari Kamis (23 April) kemarin ini menampilkan seluruh personil .Feast melalui aplikasi zoom meeting yang direkam, dengan caption “Untuk teman-teman semua” dan sejak berita ini dinaikkan sudah dilihat sebanyak 123 ribu viewers dengan komentar yang mayoritas positif dari para netizen.

Baskara mengakui ada beberapa hal yang salah di komentarnya, termasuk caranya menyampaikan pesan. Syukurlah kalau begitu Baskara dan .Feast telah mengambil hikmah dan sikap yang benar. Tetap semangat .Feast, terus ciptakan karya-karya yang kritis secara vertikal.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Matter Halo

    Matter Halo Gandeng 7 Artis Di Versi Akustik Lagu ‘Million’ Buat K...

    Matter Halo, band pengusung indie rock asal Jakarta, yang beranggotakan Ibnu Dian dan Ganidra Rai, baru saja merilis sebuah versi akustik dan kolaboratif d

    on Dec 10, 2020
    Jirapah

    Fitur Cholil 'ERK', Jirapah Maknai Ulang Lagunya Menjadi 'Re: Planetar...

    Jirapah. Membuka 2020 dengan melepas sebuah video musik epik 'Planetarium' yang disutradarai Edwin pada Januari lalu, kini band indie rock eksperimental asa

    on Nov 25, 2020
    Lou Belle Sessions

    Mainkan 'Waking Up', SUAR Tampil Keren Di Virtual Show Debut Lou Belle...

    "LOU BELLE SESSIONS Waking up" adalah sebuah karya audio-visual hasil kolaborasi dari Lou belle Collective, seperti: Convert textured, Infis

    on Oct 12, 2020
    Suasanasabtupagi

    EP 'Mammals' Kolektif Indie Pop Suasanasabtupagi Direissue Oleh Anoa R...

    SSP alias Suasanasabtupagi. (Foto: dok. Anoa Records). Anoa Records berbagi cerita tentang awal perkenalannya dengan Suasanasabtupagi. Apaan tuh? Nama yang

    on Sep 18, 2020