×
×

Search in Mata Mata Musik

DAY6 Bahas Tentang Mimpi, Fans Internasional & Lainnya

Posted on: 07/17/19 at 4:15 pm

DAY6 dikenal sebagai band terpercaya yang selalu memberikan usaha terbaiknya.

Baca Juga: BTS, SHINee, BLACKPINK, DAY6, dan NU’EST W Nangkring di Jajaran 10 Teratas Tangga Album Dunia Billboard

Pada 15 Juli kemarin, DAY6 resmi comeback dengan mini album terbaru mereka The Book of Us: Gravity dan lagu utamanya “Time of Our Life.” Grup ini sempat duduk untuk sesi wawancara dengan beberapa media sebelum comeback mereka, dan mereka membahas tentang musik mereka, tur dunia, dan banyak lainnya.

DAY6 dikenal sebagai band terpercaya yang selalu memberikan usaha terbaiknya, mendapatkan gelar “DAY6 yang kamu percaya dan dengarkan.” Young K menuturkan, “Mereka mulai memanggil kami seperti itu beberapa saat lalu. Awalnya saya berpikir, ‘Apakah kami sudah merilis banyak lagu yang begitu keren?’ dan kemudian sepertinya pendengar kami mungkin akan kecewa kalau kepercayaan itu dirusak. Kami harus bekerja keras agar kami tidak merusak kepercayaan itu. Itu sumber motivasi kami.”

Young K juga menceritakan proses di balik penulisan lagu mereka. Dia mengatakan, “Kami mengerjakan semua lagu kami dengan pikiran lagu itu akan menjadi lagu utama. Setelah kami menulis satu lagu, kalau lagu itu mendapat lebih dari 80 poin dari komite pemantauan internal perusahaan, maka lagu itu bisa dirilis. ‘Time of Our Life’ lulus proses itu, dan begitulah kami mulai mengerjakan album ini.”

Tahun lalu, grup ini menjalani tur dunia mereka selama tiga bulan, menyambangi 24 kota dengan total 28 konser. DAY6 mengungkapkan, pencapaian tersebut membuat mereka merasa bersyukur sekaligus tertekan. Mereka bersyukur memiliki penggemar di seluruh dunia yang menyukai musik mereka, sementara juga merasa tertekan karena harus memenuhi berbagai gaya musik yang berbeda untuk para penggemar itu. Meski demikian, kabarnya mata mereka berlinang saat mereka berbicara tentang cinta yang mereka dapat dari para penggemar di konser mereka.

Wonpil mengatakan, “Kami sedang bersiap untuk konser, dan para fans bernyanyi di luar sambil menunggu. Suara mereka terdengar dari balik dinding. Rasanya aneh, karena saya merasa terharu bahkan sebelum konser. Sungguh menakjubkan melihat hal-hal yang saya impikan sebelum debut menjadi kenyataan di depan mata saya. Saya sangat bersyukur mereka menyanyikan lirik dalam bahasa Korea bahkan di negara yang jauh.”

Terkait pertanyaan bahwa mereka memperluas spektrum dari yang apa dipandang dunia sebagai K-pop dengan tampil sebagai band daripada grup yang berfokus pada penampilan tari, personil DAY6 menjawab, “Ada banyak grup yang membawakan penampilan dalam K-pop yang sedang tren sekarang. Kami hanya senang kami bisa memasuki pasar K-pop sebagai band.”

DAY6 akan kembali menggelar tur dunia tahun ini, yang dimulai dengan konser pembuka di Seoul pada bulan Agustus nanti, dan tur ini akan mengunjungi total 26 kota. Konser pembuka mereka di Seoul akan berlangsung di Jamsil Arena, yang akan menjadi konser terbesar mereka sampai saat ini.

Baca Juga: DAY6 Tampil Bertenaga di “Shoot Me”

Sungjin menambahkan, “Untungnya, kami akan melakukan tur dunia untuk tahun kedua berturut-turut. Saya merasa takjub dan bersyukur atas semua cinta yang kami terima dari luar negeri juga. Saya ingin mengunjungi banyak negara dan bermain musik untuk banyak orang.”

Band ini juga menjelaskan bagaimana upaya penggemar mereka dalam mempromosikan mereka ke orang lain adalah salah satu alasan mereka menggelar konser di lokasi yang lebih besar.

Young K mengatakan, “Saya rasa kami benar-benar beruntung. Kami bisa terus mengadakan pertunjukan, dan banyak orang sudah mengenal kami. Saya rasa, orang-orang di sekitar kami, lebih dari kami, adalah alasan di balik semakin besarnya tempat konser kami. Penggemar kami—My Day—sangat luar biasa. Ketika saya membaca surat-surat dari mereka, mereka selalu mengatakan mereka membawa teman dan keluarga mereka, dan mereka datang lagi. Dengan adanya mereka yang selalu memamerkan kami, ini sangat membantu. Kami akan bekerja lebih keras agar penggemar kami tidak akan pernah merasa malu saat mereka memamerkan kami.”

Saat ditanya tentang di mana mereka ingin tampil di masa mendatang, Wonpil menyebutkan sebuah konser di mana mereka bisa tampil di luar dengan suasana festival.

“Saya pikir akan sangat keren kalau kami bisa tampil di luar sekali-kali, karena kami semua suka pertunjukan festival dan sering menonton pertunjukan itu,” katanya. Sungjin menambahkan, “Gaya yang kami anggap sebagai gaya kami sangat cocok untuk alam. Saya rasa kalau kami mengadakan konser di luar ruangan, itu akan sangat cocok.”

Dalam hal tujuan yang ingin mereka capai di masa depan, Wonpil menerangkan, “Saat kami baru debut, kami tampil di tempat konser yang sangat kecil. Kami tidak menargetkan pencapaian besar ketika kami melakukan sesuatu. Saya tidak tahu pasti karena kami tidak mengharapkan pencapaian besar saat kami melakukan sesuatu, tapi satu hal yang kami harapkan dari awal adalah ada satu orang yang mendengarkan musik kami dan dapat merasa terhubung dengannya, atau menangis dengan kesedihan, atau tersenyum dengan kebahagiaan. Kami membuat musik dan tampil dengan pola pikir kami hanya ingin ada satu orang lagi yang seperti itu, jadi kami tidak ingin terpaku pada prestasi semacam itu.”

Dowoon mengatakan, “Baru-baru ini saya minum-minum dengan seorang teman di Shinchon Station dan saya mendengar “I Wait” diputar di restoran ayam di lantai satu. Saya ingat saya merasa benar-benar kagum dan senang mendengar lagu kami diputar.” Young K menambahkan, “Menurut saya ada banyak orang yang mematahkan stereotip tentang band belakangan ini. Orang-orang juga menunjukkan minat pada band kami juga, dan saya penasaran bagaimana publik akan memandang band di masa depan.”

Artikel asli ditulis oleh J. K untuk Soompi dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: DAY6, band K-pop besutan JYP Entertainment, meluncurkan mini album baru mereka The Book of Us: Gravity pada 15 Juli kemarin. (Foto via Soompi)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!-1

10 Grup K-Pop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019
TWICE

TWICE Siap Comeback Akhir September Nanti!

Tanggal pasti comeback mereka masih belum ditentukan. Baca Juga: TWICE Umumkan Konser Tambahan di Jepang TWICE dipastikan akan kembali dengan album baru p

on Aug 27, 2019
Duo Kim Kook Heon & Song Yu Vin Mulai Debut dengan VM “Blurry”

Duo Kim Kook Heon & Song Yu Vin Mulai Debut dengan VM “Blurry”

Duo ini sebelumnya pernah bermusik dalam grup MYTEEN Kim Kook Heon dan Song Yu Vin melakukan debut mereka sebagai duo dengan “Blurry”! Dirilis pada J

on Aug 26, 2019