×
×

Search in Mata Mata Musik

10 Film Dokumenter EDM Wajib Masuk Daftar Tonton!

Posted on: 06/17/19 at 8:00 am

Karena EDM bukan anak bawang di industri musik.

Baca Juga: Dokumenter Flume Sudah Bisa Ditonton di YouTube

Sepuluh tahun terakhir, musik elektronik menyebar dengan cepat dan makin diakui menjadi salah satu kultur terkuat di industri musik zaman sekarang.

Untuk membantu referensi tentang salah satu genre terluas di musik ini, kami pilihkan 10 film dokumenter menarik yang wajib dimasukkan ke daftar kalian!

1. Steve Aoki: I’ll Sleep When I’m Dead

Film dokumenter orisinal buatan Netflix ini berpusat pada perjalanan seorang Steve Aoki. Berhasil masuk nominasi untuk Best Music Film di Grammy Awards 2016, dokumenter ini tampilkan keseharian DJ yang lahir di Florida ini, hubungannya dengan keluarga, teman-temannya, para pelakon musik yang pernah bekerja dengannya.

Walaupun kalian bukan penggemar Steve Aoki, dokumenter ini tetap menyenangkan untuk disimak karena dikemas dengan sederhana dan apa adanya.

2. What We Started

Berpusat pada perjalanan Martin Garrix dan Carl Cox selama 30 tahun terakhir sebelum dokumenter ini dibuat, yang juga menampilkan DJ atau Produser kenamaan seperti Moby, Afrojack, Tiësto, Erick Morillo, serta beberapa musisi pop seperti Usher dan Ed Sheeran. Selain menceritakan pembauran musik elektronik dan musik pop, dokumenter ini juga patahkan persepsi kalau EDM itu genre baru di dunia musik.

3. Kraftwerk and The Electronic Revolution

Kontribusi Kraftwerk terhadap perkembangan musik elektronik sejak tahun 70an tidak bisa ada yang menandingi. Menjadi inspirasi untuk musisi besar seperti David Bowie, Radiohead sampai Coldplay, Kraftwerk juga disebut berikan pengaruh besar untuk tiga sub-genre musik elektronik, electronica, techno dan synth-pop.

4. Daft Punk Unchained

Berpusat pada perjalanan musik mereka menuju kesuksesan yang terbukti tahan lama, dokumenter ini tidak menyertakan footage baru mereka, melainkan menampilkan wawancara dengan beberapa musisi yang sedang terlibat kerjasama dengan mereka di kisaran tahun 2010 sampai 2015.

Giorgio Marauder, Pharrel Williams dan Nile Rodgers bercerita bagaimana melihat duo ini menciptakan musik di studio. Daft Punk Unchained adalah dokumenter apik untuk menggambarkan posisi duo ini di panggung electronic music dunia.

5. I Dream Of Wires

Berputar pada kebangkitan synthetizer analog, dan sejarahnya yang sangat beragam. Dokumenter ini menampilkan perintis post-punk, Pere Ubu, pelakon kelas berat industri ini, Skinny Puppy dan Throbbing Gristle dan tentunya DeadMau5, yang memang memiliki ketertarikan besar terhadap bunyi-bunyian synth modern.

6. Avicii: True Stories

Menonton dokumenter ini, membuat para penggemarnya akhirnya melihat perjuangan berat yang dialami Tim Bergling mengatasi masalah kesehatan mentalnya ketika popularitas dia sebagai seorang DJ dan Produser sedang meningkat.

Baca Juga: Baca Ini Dulu Sebelum Nonton Film Dokumenter Avicii!

7. Leave The World Behind

Mungkin bagi Swedish House Mafia, puncak ketegangan perjalanan musik mereka ada di tahun 2012, ketika mengumumkan untuk bubar, dan penampilan di Ultra 2013 merupakan yang terakhir. Disebut sebagai salah satu dokumenter musik terbaik oleh para kritikus, dokumenter ini menceritakan alasan kenapa mereka memutuskan untuk berhenti dan mengapa saat itu adalah waktu yang terbaik untuk melakukannya.

8. This Was Tomorrow

Tomorrowland dikenal sebagai festival musik elektronik terbesar di dunia. Dan perayaan 10 tahunnya yang digelar tahun 2014, merupakan salah satu perayaan festival terbesar sepanjang sejarah industri musik elektronik. Dokumenter ini memberikan gambaran tentang kehidupan orang-orang yang berada di balik kemegahan Tomorrowland dari waktu ke waktu.

9. Under The Electric Sky

Berkembang menjadi salah satu festival edm terbesar di dunia, Electric Daisy Carnival menjadi pusat perhatian dokumenter garapan Sutradara Dan Cutforth dan Jane Lipsitz ini. Pasquale Rotella sebagai founder festival yang digelar di Las Vegas ini, tunjukan obsesinya untuk membuat Electric Daisy Festival sempurna setiap tahun, lewat sesi interview yang menjadi bagian utama dokumenter ini.

10. Girls

RIlis Juni tahun lalu, Girl fokuskan pada perkembangan DJ perempuan di era 2000an. Dikerjakan selama kurang lebih 15 tahun, dokumenter ini menampilkan wawancara dengan DJ perempuan kenamaan di masa itu, seperti DJ Irene, DJ Rap, Sandra Collins dan Rebecca Sin.

Selain itu, Kandeyce Jorden sebagai Sutradara menggandeng Earworm untuk membantunya menyusun album soundtrack dokumenter ini, yang menampilkan musik dari Satoshie Tomie, The Chemical Brothers dan banyak lagi lainnya.

Keterangan Foto Utama: 10 dokumenter EDM. (Foto: Berbagai sumber)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Avicii

Patung Lilin Avicii Akhirnya Dipajang di Madame Tussauds NYC

Warga New York kini bisa mengenang sosok Avicii dengan mengunjungi museum patung lilin tersohor ini. Baca juga: Kygo: Avicii Adalah Alasan Mengapa Saya Mula

on Oct 9, 2019
Kygo Avicii

Kygo: Avicii Adalah Alasan Mengapa Saya Mulai Membuat Musik

Di dalam wawancara yang dilangsungkan baru-baru ini di Las Vegas, Kygo membahas tentang perjalanan karier musik miliknya sampai inspirasi yang ia dapatkan dari

on Oct 7, 2019
Martin Garrix Timbaland

Foto Bareng di Studio, Martin Garrix dan Timbaland Siapkan Kolaborasi?

Daftar kolaborasi Martin Garrix dengan artis papan atas terus bertambah. Kalau kamu pikir kolaborasi mainstream Martin Garrix di 2019 hanya sampai di “Sum

on Oct 7, 2019
Tiësto

Tiësto dan Mabel Kerja Sama Hadirkan “God Is A Dancer”

Raksasa EDM asal Belanda ini menggandeng bintang pop Inggris tersebut di single yang bikin semangat.’ Baca Juga: Tiësto Rilis Remix “Tough Love” Milik

on Sep 26, 2019