×
×

Search in Mata Mata Musik

Rayakan 7 Lagu B-Side Pilihan Milik EXO!

Posted on: 05/10/19 at 2:36 pm

Tujuh tahun sudah berlalu sejak debut mereka, dan EXO sudah mencapai usia yang sangat matang bagi suatu grup idol

Rasanya belum lama ini kita terus-terusan dimanjakan dengan teaser yang menampilkan personil-personil muda EXO menatap langit dengan tajam. Atau saat mereka memamerkan kepribadian mereka yang sangat norak di variety show tertentu, berusaha mempopulerkan kata-kata seperti “Ohorat” dan “Kkaebsong.”

Tapi dalam sekejap saja, tujuh tahun sudah berlalu sejak debut mereka, dan EXO sudah mencapai usia yang sangat matang bagi suatu grup idol. Banyak hal telah terjadi selama tujuh tahun ini, banyak prestasi dan pencapaian luar biasa untuk dirayakan, tetapi juga ada momen-momen yang masih menyakitkan jika dipikirkan.

Dan melalui semua momen itu, baik besar maupun kecil, para lelaki ini telah bertransformasi menjadi pria muda, yang semuanya bersinar cerah di berbagai bidang industri.

Untuk merayakan, mari jelajahi sejarah EXO dengan musik mereka, melihat kembali beberapa lagu B-side terfavorit dari masing-masing album (dengan album yang dikemas ulang dihitung sebagai entri terpisah karena sulit pastinya hanya memilih satu lagu).

“Angel” (너의 세상으로)

Lagu balada dengan tempo sedang ini benar-benar menonjolkan vokal EXO, dan sementara versi EXO-K yang dinyanyikan Baekhyun, D.O., dan Suho sudah bagus, versi EXO-M dari Luhan, Lay, Chen, dan Xiumin terdengar sangat polos dan tulus, mengingatkan kita dengan masa muda mereka dulu.

“Baby Don’t Cry”

“Baby Don’t Cry” adalah lagu apik, dan salah satu lagu yang cukup sering didengarkan. Iringan musik terkendali mengiringi vokal yang semakin tinggi, yang berujung dengan bagian rap, dengan hasil keseluruhan yang sangat bagus! Bahkan, lagu ini sangat berkesan sampai-sampai grup selabel EXO, NCT, tanpa sadar mempromosikan lagu ini saat mereka seharusnya mempromosikan lagu mereka sendiri “Baby Don’t Like It.”

“Don’t Go”

Ini adalah lagu manis lainnya di album ini di mana semua personil, termasuk para rapper, mendapat kesempatan untuk bernyanyi. Lagu ini menghadirkan nuansa optimis namun melankolis dan pastinya akan menimbulkan rasa nostalgia kalau Anda mendengarkan EXO sejak era ini.

“The First Snow” (눈)

Miracles in December menjadi awal di mana EXO mulai merilis album musim dingin, dan tidak dapat disangkal, album ini penuh dengan lagu-lagu yang menghangatkan hati. “The First Snow” merupakan lagu yang membawa kehangatan dan sering muncul kembali di tangga lagu saat musim dingin di Korea.

“Run”

Cukup sulit menentukan lagu mana yang pantas masuk daftar ini, “Thunder” yang halus atau “Run” yang penuh semangat. Akhirnya, “Run” menang karena kemeriahannya dan lagu ini akan membuatmu menari dan berjingkrak penuh rasa bahagia.

“El Dorado”

“El Dorado” jelas menjadi lagu favorit para penggemar dan yang paling banyak ditunggu-tunggu sejak cuplikannya dirilis dalam teaser debut EXO. Dipenuhi dengan dentuman drum yang kuat, nada tinggi Baekyun yang luar biasa, dan lirik berapi-api (“Under the same sky, under the same name, because we are one”), lagu ini tetap menonjol meskipun lagu-lagu lain di album ini sama kerennya.

“Promise”

Setelah melewati masa-masa sulit saat beberapa personil keluar dari grup, Lay sendiri mengomposeri lagu ini, dengan bantuan Chen dan Chanyeol di bagian lirik. Kalian bisa merasakan emosi yang mengalir di sepanjang lagu, yang semakin menguat bersama vokalnya, dan memuncak dengan rap emosional dari Chanyeol.

Keterangan Foto Utama: EXO di salah satu panggungnya tahun 2016. (Foto: EXO/Wikipedia)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

Comeback BLACKPINK Ditunda, BLINK Tidak Terima

Kehadiran musik baru BLACKPINK yang sangat dinanti-nantikan harus ditunda hingga tahun 2020 dan para BLINK yang kecewa menuntut jawaban dari label rekaman girl

on Nov 14, 2019
GOT7

GOT7 Hampir Sejajar dengan BTS Berkat EP Call My Name

GOT7 kembali memasuki chart dengan pencapaian baru. Call My Name, mini album terbaru dari boyband K-pop ini, debut di No. 5 pada chart World Albums Bi

on Nov 14, 2019
EXO

Chanyeol EXO Berhadapan dengan Kembarannya di Teaser Obsession

Sebentar lagi EXO akan melakukan comeback mereka dengan album keenam bertajuk Obsession pada 27 November mendatang. Untuk menyambut lanjutan dari album Love Sh

on Nov 13, 2019
BLACKPINK

BLACKPINK Kantongi 1 Miliar Views untuk Video “Ddu-Du Ddu-Du”

BLACKPINK baru saja memecahkan rekor baru dengan “Ddu-Du Ddu-Du” yang resmi menjadi video musik pertama dari grup K-pop yang mendapat 1 miliar views di Yo

on Nov 12, 2019