×
×

Search in Mata Mata Musik

Robert Smith Bahas Kisah di Balik Film Perayaan 40 Tahun The Cure

Posted on: 07/21/19 at 9:00 pm

Anniversary 1978-2018 Live in Hyde Park London akan diputar secara khusus di bioskop seluruh dunia mulai 11 Juli lalu.

Baca Juga: The Cure Selesaikan Rekaman Album Baru

Robert Smith tidak siap merasakan sensasi menonton film konser penampilan menakjubkan The Cure di Hyde Park pada 2018 melalui layar TV 4K. “Tampilan dekat wajah manusia pertama yang saya lihat adalah saya,” katanya. “Itu cukup mengerikan.”

Belum lama disertakan ke Rock and Roll Hall of Fame, Smith mengatakan dirinya awalnya ragu-ragu tentang pembuatan film ini, yang diberi judul Anniversary 1978-2018 Live in Hyde Park London dan akan ditayangkan secara khusus di bioskop seluruh dunia pada Kamis, 11 Juli.

Orang-orang cenderung lebih sadar diri saat mereka tahu mereka sedang direkam, tetapi dia memutuskan hal ini akhirnya akan sepadan mengingat penampilan mereka tahun lalu adalah peristiwa penting.

Penampilan itu digelar 40 tahun kurang dua hari sejak The Cure memainkan pertunjukan pertama mereka di Crawley, dan dia menyertakan lagu-lagu favorit seperti “Just Like Heaven,” “Lovesong” dan “Boys Don’t Cry” ke dalam set list.

Smith meminta videografer band, Tim Pope, untuk melakukan proses pengambilan gambarnya secara diam-diam dengan 16 kamera dan tidak memberi tahu teman-teman bandnya, yang sudah cukup khawatir karena harus tampil di hadapan 65.000 orang hari itu. Terlepas dari kengeriannya di awal dengan tampilan dekat wajahnya, dia senang dia menghadirkan film ini.

“Ini sebenarnya adalah pengalaman yang sangat luar biasa,” katanya tentang film ini. “Saya pikir saya akan sedikit bosan, tetapi saya sebenarnya cukup terkejut dengan semuanya. Saya sangat senang kami melakukannya karena itu mungkin menjadi salah satu hari terbaik yang pernah kami lalui dengan kombinasi cuaca yang bagus dan tim speak bola Inggris yang tampil sangat baik di Piala Dunia. Dan saya tampil sepanjang hari di Hyde Park. … Itu hanya, seperti, perayaan musik yang sangat besar.”

Baca Juga: The Cure Akan Kembali Gelar Konser di Skotlandia

Pertunjukan itu terjadi setelah The Cure menggelar pertunjukan lainnya di London sebagai bagian dari festival Meltdown, jadi dia berusaha keras untuk membedakan kedua pengalaman itu. Untuk konser di Meltdown, yang dijuluki Curætion, dia membawakan set yang dimulai dengan materi awal The Cure, dilanjutkan ke materi terbaru mereka, dan kembali ke materi lama. Untuk acara ulang tahun ke-40, dia memilih hampir 30 lagu yang “ingin didengar oleh audiens.”

“Mengetahui bahwa kami telah menjual 65.000 tiket, saya pikir, ‘Ini bukan pertunjukan yang biasa,’” ungkapnya. “Kami harus menyadari banyak orang yang datang ke sana untuk sehari penuh. Jadi kami lebih menganggapnya sebagai festival. Rangkaian lagu tertentu saya yakin sangat cocok dibawakan bersama. Saya pikir tidak ada gunanya mencoba memaksakan sisi B atau lagu-lagu yang tidak terkenal masuk ke dalam set, karena kami akan kehilangan perhatian orang dalam lima atau enam menit. Jadi saya rasa kami tahu set ini akan berhasil sebelum kami naik ke atas panggung.”

Di luar penampilannya, alasan lain mengapa Smith sangat suka dengan film ini adalah karena dia mengambil sedikit jarak dari pembuatannya. Selain mengerjakan campuran suara 5.1 surround bersama rekan produsernya di Bloodflowers, Paul Corkett, dia menyerahkan sisanya kepada Pope. Menurut Smith, yang harus dia lakukan hanyalah pertanyaan lapangan seperti, “Menurutmu, apa kita harus membuka dengan ini?” “Menurutmu, apakah rekaman ini sesuai?” dan, “Menurutmu, apa kamu tampak terlalu mengerikan dalam rekaman ini sehingga saya tidak bisa menyimpannya?”

Jarak ini membuatnya jadi bisa lebih mengapresiasi film ini, dan sekarang dia berharap dia melakukan lebih, seperti merekam band-band pembuka antara lain Interpol, Goldfrapp dan Ride. Tetapi dia senang semuanya berjalan selancar setnya.

Baca Juga: Film Perayaan 40 Tahun The Cure Akan Tayang Di Layar Lebar!

Satu-satunya masalah yang dia alami hari itu adalah berhadapan dengan matahari. Panasnya hampir 32 derajat, dan dia terbiasa tampil pada malam hari. “Jujur saya benar-benar tidak bisa berbicara sampai matahari tenggelam,” katanya kepada penonton. “Berusaha untuk tidak lenyap menjadi tumpukan debu menghabiskan seluruh energi saya.” Kalau diingat-ingat, dia mengatakan dia tidak siap menghadapi begitu banyak cahaya, yang akhirnya meredup sekitar setengah waktu pertunjukan.

“Sebenarnya agak mengejutkan saat berjalan keluar karena kami lama berada di belakang panggung, hanya mengobrol dengan semua orang,” turutnya. “Semuanya tertutup, di bawah paying, dengan minuman dingin, dan sebagainya. Jadi berjalan ke atas panggung benar-benar pertama kalinya saya menyadari betapa panasnya hari itu. Mereka punya kipas portabel dan lainnya di sekitar kami di belakang panggung, jadi naik ke atas panggung rasanya seperti, ‘Wah.’ Kami berjalan langsung ke matahari terbenam, dan itu cukup dramatis. Itu seperti pertunjukan cahaya terbaik di dunia—kalau kamu bisa tahan. Kalau kami 20 tahun lebih muda, itu mungkin sedikit lebih mudah.

“Tetapi sampai tingkat tertentu, mataharinya memberikan nuansa teatrikal,” lanjutnya. “Itu memberi film ini apa yang Tim sebut sebagai narasi atau pancaran. Ada perkembangan alami, dan kami kembali ke awal di mana kami mulai dengan serangkaian lagu-lagu yang sangat awal dan pencahayaan yang sangat dahsyat dan gila. Saya rasa itu akan jauh kurang bagus dengan cara yang lucu, kalau kami saat itu berjalan dalam kegelapan, dan itu hanya akan menjadi seperti film konser lainnya.”

Baca Juga: The Cure Rayakan 30 Tahun Disintegration di Australia

Dia juga suka bagaimana sinar matahari membuat semuanya terlihat “sampah” dan orang-orang bisa melihat “semua sampah di sisi panggung dan di belakang panggung.” “Itu agak membuatmu merasa seperti berada di atas panggung,” ujarnya, “yang, bagi saya, adalah bagian terpenting dari film ini.”

Dan itu adalah hal yang lucu dalam dan dari film ini, karena Smith mengatakan ketika dia di atas panggung, dia suka kehilangan dirinya sendiri. Di sepanjang waktu dia tampak seperti sedang mengamati penonton, seperti dalam rekaman “Friday I’m in Love,” dia mengatakan dia sebenarnya sedang mencoba melupakan semuanya sejak dia menginjakkan kaki di atas panggung.

“Di dua atau tiga lagu pertama, saya menyesuaikan diri,” katanya. “Saya bukan salah satu penampil yang selalu mengingatkan diri mereka sendiri bahwa, ‘Hei, Hyde Park, bagaimana kabarmu?’ Saya tidak benar-benar ingin mengingat saya berada di mana. Saya hanya di atas panggung, membawakan lagu-lagu ini. Itu sebabnya saya tidak berbicara di atas panggung. Saya agak kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi dengan kata-kata. Sangat aneh. Saat saya bernyanyi dan tampil, saya semacam terangkut dan itulah yang ingin saya lakukan. Kedengarannya seperti hippie, tapi itulah yang selalu terjadi dengan saya. Saya merasa jika saya hilang dalam lagu-lagu ini, kemungkinan orang lain merasakan itu juga.”

Artikel asli ditulis oleh Kory Grow untuk Rolling Stone dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Kory Grow menjadi penulis di Rolling Stone sejak 2014.

Keterangan Foto Utama: Robert Smith membahas film konser The Cure, Anniversary 1978-2018 Live in Hyde Park London, yang akan diputar secara khusus di seluruh dunia pada 11 Juli 2019. (Foto: Tom Jackson)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

Bring the Soul: The Movie, Film Konser BTS Raup $13 Juta di Minggu Per...

Bring the Soul: The Movie mulai tayang pada 7 Agustus lalu di bioskop seluruh dunia. Baca Juga: BTS Rehat 2 Bulan Dari Panggung Hiburan! Hanya beberapa har

on Aug 19, 2019
Metallica Akan Bawa Konser Simfoni S&M2 ke Layar Lebar

Metallica Akan Bawa Konser Simfoni S&M2 ke Layar Lebar

Konser ini akan ditayangkan satu malam saja pada musim gugur ini, setelah Metallica merekam dua konser dengan San Francisco Symphony. Mengadakan pertunjukan

on Aug 3, 2019
Simon Gallup Absen Tampil Bareng The Cure Di Fuji Rock 2019

Simon Gallup Absen Tampil Bareng The Cure Di Fuji Rock 2019

Eden Gallup menggantikan posisi sang ayah yang terpaksa tidak ikut karena urusan pribadi mendesak yang belum diklarifikasi detailnya. Bassist Simon Gallup

on Jul 30, 2019
The Cure

Film Perayaan 40 Tahun The Cure Akan Tayang Di Layar Lebar!

Tahun lalu, The Cure menggelar konser besar-besaran di Hyde Park untuk merayakan hari jadinya ke 40 tahun yang ditandai dengan perilisan debut album, Three Ima

on May 31, 2019