×
×

Search in Mata Mata Musik

Teori Konspirasi Teraneh Tentang BTS!

Posted on: 03/25/19 at 1:45 pm

Dari penjelajah waktu sampai personil kedelapan yang tak kasatmata, ARMY punya banyak teori aneh tentang idolanya tersebut.

Oleh: El Hunt. (NME)

Grup sensasi K-Pop, BTS, terus mengukir prestasi. Setelah mencetak sejarah di New York sebagai artis Korea pertama yang tampil di stadion di AS, grup ini memboyong tur Love Yourself mereka ke Britania Raya pekan lalu.

Di sana, grup beranggotakan tujuh personil ini menggelar debut mereka di London, menghibur penonton yang bersesakan di O2 Arena selama dua malam. Dengan bantuan penggemar mereka, yang dikenal sebagai ARMY, mereka menaklukkan dunia, dan konser mereka di Britania Raya memecahkan beberapa rekor. Antara lain, rekor jumlah merchandise yang terjual di O2 Arena, yang mengalahkan total yang sebelumnya diraih The Rolling Stones di 2012.

Entah mengapa, bintang pop – terutama boyband yang mendominasi dunia – sepertinya menarik banyak teori konspirasi bersamaan dengan lagu hit mereka. Dalam kasus One Direction, spekulasinya berkisar dari bayi cyborg yang menyeramkan hingga Zayn Malik hengkang dari 1D untuk menggantikan Jeremy Clarkson di Top Gear, dan ini adalah tradisi yang sudah ada sejak zaman The Beatles, yang bisa dibilang adalah boyband pertama yang pernah ada.

Teori-teori ini tampaknya tidak akan berhenti dalam waktu dekat pula, dan kini giliran BTS yang menarik sejumlah teori konspirasi yang sangat aneh.

Berikut adalah beberapa teori yang paling aneh!

Ada Personil Kedelapan BTS yang ‘Hilang’

Anda tahu rasanya saat ada sesuatu yang sepertinya hilang/ketinggalan? Nah, beberapa penggemar BTS mengatakan mereka dapat merasakan personil kedelapan yang ‘hilang’ dari grup. Ya. Ini penjelasannya.

Spekulasi tersebut berasal dari sumber yang bisa dipahami – foto awal grup ini. Diambil sebelum debut besar mereka di kantor Big Hit, perusahaan yang mengelola BTS, foto ini menampilkan tujuh personil yang ada saat ini…. Dan satu orang tambahan. Supreme Boi.

Sebagai dalang produksi yang telah mengerjakan banyak lagu BTS, Supreme Boi awalnya merupakan pesaing untuk bisa masuk band ini juga. Satu penjelasan logisnya yaitu dia ada di foto awal ini karena alasan itu.. Namun, menurut tsome, BTS selalu direncanakan memiliki delapan personil, dan untuk alasan apa pun, ada kehadiran orang hilang yang terasa. Ya, beberapa orang mengatakan mereka bisa merasakan adanya personil yang tak tampak.

Penggemar teori konspirasi ini yang jeli mengatakan bahwa dalam banyak foto grup, ada jarak mencurigakan di mana seolah ada personil tambahan yang mengisi ruang tersebut. Beberapa justru sampai berpendapat bahwa di video musik “I Need U,” ketujuh personil BTS membakar barang-barang milik personil kedelapan. Penggemar berat bahkan mengatakan personil kedelapan ini sudah meninggal, dan sekarang menjadi hantu.

Kim Seok-jin Adalah Penjelajah Waktu

Semua video musik BTS saling berhubungan, menyatu bersama untuk menceritakan kisah yang lebih luas. Kupu-kupu muncul sebagai motif yang sering dipakai, dan beberapa orang berspekulasi bahwa kupu-kupu tersebut mungkin mengacu pada fenomena teori kekacauan ‘efek kupu-kupu (butterfly effect).’

Jadi, apa itu efek kupu-kupu? Itu adalah teori bahwa perubahan kecil dalam satu area kecil yang dibatasi dapat berdampak pada skala yang jauh lebih besar. Ide aslinya bermula dari klaim bahwa seekor kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya pada akhirnya dapat menyebabkan angin topan. Ini juga bisa diterapkan dalam berbagai skenario lain: contohnya, kalau Boris Johnson masih menyangkut di kawat zip di Olimpiade tahun 2012, mungkin dia tidak akan pernah lanjut membantu menghancurkan Inggris.

Dalam kasus BTS, setiap personil punya plot mereka sendiri yang diperkenalkan dalam video “I Need U.” Di setiap video berikutnya, perubahan kecil telah menata ulang setiap situasi dengan cara yang sangat berbeda. Penggemar teori ini berpendapat bahwa, karena semua alur cerita mengarah padanya, Jin adalah penjelajah waktu yang ditunjuk di grup ini.

Dalam video “On Stage: Prologue,” V melompat dari perlengkapan yang mengambang ke air. Tetapi di video “Euphoria,” Jin melompat menggantikan V. Apakah ini bukti kalau Jin adalah penjelajah waktu yang memiliki kemampuan menanamkan efek kupu-kupunya sendiri untuk mempengaruhi peristiwa di masa depan? Beberapa orang berpikir begitu…

Bahkan ada teori bahwa dalam video “Fake Love,” Jin menyerahkan tugas perjalanan waktunya ke Jungkook. Tentu saja!

Adanya kultus BTS

Beberapa penggemar yang suka konspirasi telah mengaitkan titik-titik untuk yang satu ini; khususnya, menggabungkan titik-titik untuk menggambar segitiga berbentuk iluminati di semua foto BTS. Selain menjadi SATU grup yang berisi TUJUH personil (7 – 1 = 6, alias ANGKA SETAN) kehadiran api, dan simbolisme seperti iblis lainnya juga ditunjukkan dalam berbagai video musik mereka.

Bukti yang paling meyakinkan – tergantung pada definisi ‘meyakinkan’ bagi Anda – adalah versi video “Fake Love” yang diperpanjang. Adegan baru yang ditambahkan ke visual yang diperpanjang itu menunjukkan Jungkook berjalan menghampiri personil BTS lainnya. Mereka semua mengenakan penutup kepala, yang sangat menyeramkan kalau dipikir-pikir. Setelah mengenakan topeng Venesia – lagi-lagi, sangat mirip kultus – mereka semua menghilang di balik tirai. Dan apa yang mungkin mereka lakukan di balik tirai itu? Urusan kultus yang sangat rahasia, tentunya!

Pesan Tersembunyi di Balik Foto Love Yourself: Answer

Para penggemar juga sudah memilah potensi simbolisme tersembunyi dalam berbagai citra di album terakhir BTS Love Yourself: Answer. Beberapa berspekulasi tentang arti kotak-kotak di foto pers di bawah ini. Beberapa berpendapat bahwa mata, tangan, dan kamera yang masuk melalui tepi kotak menyimbolkan tekanan ketenaran.

Seorang penggemar bahkan menggambar beberapa paralel yang cukup meyakinkan dengan novel distopia karya George Orwell dari tahun 1984.

Beberapa orang menunjukkan bahwa jaket BTS berasal dari rumah mode asal Italia, Dolce and Gabbana, yang didirikan pada tahun 1984. Itu bisa jadi penjelasan logis lainnya untuk lambing-lambang itu; tetapi bukankah jauh lebih menyenangkan mengikuti opsi konspirasi distopia?

Apa semua teori ini benar? Yaa, teori-teori ini tidak salah juga, kan? Lagipula, teori konspirasi terlalu menyenangkan untuk dilewatkan. 

Keterangan Foto Utama: BTS di Saturday Night Live, 16 April 2019. (Foto: Chelsea Lauren/REX/Shutterstock)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Akan Sajikan ‘Sisi Terbaik’ di Musik Baru Mendatang

Setelah sukses dengan tur Love Yourself: Speak Yourself mereka, RM, Suga, V, Jin, Jungkook, J-Hope dan Jimin dari BTS tidak buang-buang waktu dan langsung memp

on Nov 20, 2019
Museum Grammy

Museum Grammy Akan Pajang Kostum BTS dari Grammy Awards 2019

BTS—dan berbagai prestasi mereka yang memecahkan rekor—telah mengisi ruang di hati para fans dan sejarah musik. Tapi sekarang, satu aspek penting (dan penu

on Nov 19, 2019
GOT7

GOT7 Hampir Sejajar dengan BTS Berkat EP Call My Name

GOT7 kembali memasuki chart dengan pencapaian baru. Call My Name, mini album terbaru dari boyband K-pop ini, debut di No. 5 pada chart World Albums Bi

on Nov 14, 2019
BLACKPINK & CL

BLACKPINK & CL Menang di E! People’s Choice Awards 2019

BLACKPINK & CL keluar sebagai pemenang di ajang E! People’s Choice Awards 2019! Baca juga: Blackpink Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

on Nov 12, 2019