×
×

Search in Mata Mata Musik

Fender Luncurkan Gitar Stratocaster Signature Mike McCready (Pearl Jam)

Posted on: 04/8/21 at 1:00 pm

Fender Luncurkan Gitar Straocaster Signature Mike McCready (Pearl Jam)
Mike McCready (Pearl Jam). (Foto: Lior Phillips / Fender Custom Shop Mike McCready Stratocaster. (Foto: Fender).

Fender Custom Shop berkolaborasi dengan Mike McCready untuk meluncurkan gitar signature baru yang desainnya merupakan replika model 1960 Stratocaster klasik dari sang gitaris Pearl Jam.

Baca juga: Pearl Jam Beri Ancaman Ke Band Tribute Pearl Jam Asal Inggris Supaya Ganti Nama

Gitar kustom ini dirilis sekaligus untuk memperingati 30 tahun album debut monumental Pearl Jam, Ten. Siapapun yang melihat penampilan live band grunge legendaris ini selama bertahun-tahun pasti akan melihat gitar Fender Stratocaster andalan Mike McCready.

Di bawah pengawasan master builder Vincent Van Trigt, Fender Custom Shop dengan susah payah membuat duplikat yang hampir mirip dari instrumen yang dipakai Mike. Seperti semua gitar signature replika buatan mereka, hasilnya benar-benar persis. Bahkan goresan dan keausan cat pada bodi gitarnya tetap dipertahankan. Seperti yang ditekankan Mike dalam siaran persnya, rasanya seperti “memegang gitar yang sama”.

Pembuatan ulang gitar Fender ini patut menuai pujan. Finishing pernis “relik” pada bodi kayu alder pilihan dua bagian, leher kayu maple api gergajian datar dengan profil “oval C” tahun 1960. Dan fingerboard kayu rosewood lam datar dengan 21 fret vintage. Pickup lilitan tangan Josefina kustom telah disesuaikan dengan aslinya. Dan dihubungkan ke sakelar lima arah dengan kabel antik, termasuk kapasitor nada “treble bleed”.

Fitur lain gitar ini termasuk pelindung bodi vinil tiga lapis, tremolo tersinkronisasi dengan blok bridge Callaham, mesin tuning, nut tulang, dan senar wing tree dengan pengatur jarak besi. Semuanya dalam gaya vintage asli tahun 1960.

Mike McCready Pengagum SRV

Mike McCready mencari gitar ini setelah terinspirasi oleh idolanya, legenda blues Stevie Ray Vaughan (SRV), yang memainkan Stratocaster 1959. Selama bertahun-tahun, Mike mengira doi akan mendapatkan instrumen yang sama. Hanya teknisi gitarnya yang tahu bahwa itu sebenarnya model tahun 1960. Van Trigt akhirnya mengungkapkan rahasianya kepada Mike saat membuat model signature untuk “membuat gitar replika yang sempurna”.

Baca juga: Performa Konser Akustik Pearl Jam ‘MTV Unplugged 1992’ Yang Ikonik

Gitar signature series Mike McCready 1960 Stratocaster ini diproduksi terbatas hanya 60 unit. Dan dijual dengan harga kolektor US$ 15.000 (sekitar Rp 219 juta) melalui Fender Custom Shops. Goks!

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kurt Cobain

    Kurt Cobain Diyakini Banyak Penggemar Dibunuh, FBI Rilis Berkasnya

    Biro Penyelidik Federal (FBI) merilis berkas 10 halaman berisi surat dari penggemar yang mendesak penyelidikan kasus kematian pentolan Nirvana, Kurt Cobain

    on May 9, 2021
    Soundgarden Vs Vicky Cornell

    Soundgarden Tuduh Vicky Cornell Mengunci Semua Akun Medsos Band

    Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown). Drama hukum antara Soundgarden dan Vicky Cornell semakin ricuh. Para legenda gr

    on Apr 3, 2021
    Joe Strummer & Fender

    Joe Strummer (The Clash) Dihormati Fender Dengan 2 Gitar Signature

    Joe Strummer (Lex van Rossen MAI Redferns, courtesy of Fender) / Joe Strummer Guitars (via Fender). Perusahaan gitar Fender memberikan penghormatan kepada s

    on Apr 2, 2021
    Nirvana: 100 Lagu Terburuk Hingga Terbaik

    Nirvana: Urutan Peringkat 100 Lagu Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Sebagai ikon rock legendaris, pengaruh Nirvana sangat besar bagi perkembangan musik di dunia. Bisa kita rasakan selama tiga dekade terakhir. Padahal usia p

    on Mar 28, 2021