×
×

Search in Mata Mata Musik

FINNEAS Luncurkan ‘What They’ll Say About Us’, Single Baru Beserta MV-nya

Posted on: 09/3/20 at 7:00 am

FINNEAS Luncurkan 'What They’ll Say About Us', Single Baru Beserta MV-nya
FINNEAS. (Foto: Matty Vogel).

Siapa sampai sekarang yang nggak kenal musisi, penulis lagu, dan produser musik pemenang 6 Grammy Awards ini? FINNEAS, cuy. Kakak kandung dan orang yang paling berjasa di balik kesuksesan adiknya, Billie Eilish. Hari ini, 3 September 2020, FINNEAS merilis singel beserta video musik untuk lagu terbaru proyek solonya, ‘What They’ll Say About Us’. Sebuah karya yang tercipta dari masa lockdown yang doi lalui, lagu terbaru FINNEAS didasari oleh kekuatan dan hubungan antar manusia saat dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam hidup. Lagu yang penuh dengan pengharapan, ‘What They’ll Say About Us’ sarat makna dan emosi.

Baca juga: EP Perdana FINNEAS ‘Blood Harmony’ Dirilis Ulang Dengan Versi Deluxe

FINNEAS mengungkapkan “Gue menulis lagu ini di bulan Juni setelah mengikuti demonstrasi di Los Angeles selama sehari dengan harapan yang tertanam di benak gue bahwa jutaan orang di seluruh dunia sedang bersama-sama menentang rasisme dan ketidakadilan. Saat itu, gue juga sedang mengikuti Amanda Kloots saat doi mendokumentasikan suaminya Nick Cordero yang sedang dalam kondisi koma di ICU. Membayangkan doi di sisinya, menunggu, berharap bahwa doi akan segera bangun, bikin gue memikirkan tentang jutaan orang di seluruh dunia yang sedang melalui hal yang sama bersama orang-orang tercinta mereka, orang tua mereka, anak-anak mereka, dan saudara mereka. Bertarung dengan pandemi ini. Sebagian akan memenangkan pertarungan ini, namun, yang menyedihkan adalah, ada sebagian yang nggak. Lagu ini didedikasikan kepada kita semua yang sedang melalui masa-masa sulit ini. Gue harap lagu ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang membutuhkannya”.

MV alias Music Video singel ‘What They’ll Say About Us’ direkam secara one-take dan disutradarai oleh Sam Bennett yang kerap berkolaborasi dengannya.

‘What They’ll Say About Us’ menjadi rilisan terbaru FINNEAS setelah edisi deluxe EP debut-nya, Blood Harmony yang disambut hangat oleh para kritikus musik. Ditulis dan diproduseri oleh FINNEAS di umurnya yang menginjak 23 tahun, mini album berisi delapan lagu tersebut membuktikan kepiawaiannya sebagai penulis lagu, produser, dan seorang storyteller. Tujuh lagu dari track list versi pertama EP-nya serta lagu hit ‘Break My Heart Again’ dan versi terbaru dari lagu ‘Let’s Fall In Love For The Night (1964)’ mewarnai versi deluxe Blood Harmony FINNEAS. Hingga hari ini, EP Blood Harmony telah meraih 380 juta stream dari seluruh dunia, melengkapi total sebanyak 500 juta stream yang ia telah peroleh sepanjang kariernya.

Di MTV Video Music Awards (VMAs) 2020 yang baru ditayangkan akhir pekan lalu, FINNEAS mendapatkan nominasi untuk ‘Best Alternative Video’.

Baca juga: Produser & Musisi Muda FINNEAS Kembali Dengan Video Klip ‘Let’s Fall In Love For The Night’

Awal tahun ini FINNEAS menjadi tamu di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon dan tampil membawakan lagu ‘Let’s Fall In Love For The Night’. Lagu tersebut berhasil meraih posisi 15 di Alternative Radio dan mendapatkan sertifikasi GOLD di Amerika Utara. Video musik lagu tersebut juga disutradarai oleh Sam Bennett dan direkam di Los Angeles secara one-take.

Pada Januari tahun ini, FINNEAS memenangkan 6 Grammy Awards untuk kategori Producer of the Year, Non Classical dan Best Engineered Album, Non Classical serta Record of the Year, Album of the Year, dan Song of the Year bersama adiknya Billie Eilish untuk album debut perdana Billie WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO? dan singel ‘bad guy’.

Melengkapi daftar panjang prestasinya adalah theme song dan title track untuk film terbaru James Bond, No Time To Die, yang FINNEAS produseri bersama Stephen Lipson dan tulis bersama adiknya, Billie Eilish. Lagu tersebut memiliki aransemen orkestra oleh komposer legendaris Hans Zimmer dan Matt Dunkley, serta permainan gitar dari Johnny Marr. No Time To Die dibawakan perdana bersama Zimmer dan Marr di malam penganugerahan BRIT Awards 2020 di London. Selain itu, FINNEAS bersama Billie Eilish turut tampil di gelaran Academy Awards ke-92 membawakan lagu ‘Yesterday’ dari The Beatles di segmen In Memoriam.

Hasil karya FINNEAS juga bisa didengar pada lagu-lagu terbaru yang dirilis oleh Selena Gomez, JP Saxe dan Julia Michaels, Camila Cabello, Tove Lo, Trevor Daniel, Ben Platt, Bruno Major, Celesta, serta di singel terbaru Billie Eilish ‘my future’ yang doi tulis bersama adiknya.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

FINNEAS

EP Perdana FINNEAS 'Blood Harmony' Dirilis Ulang Dengan Versi Deluxe

FINNEAS. Pada tanggal 7 Agustus lalu, sang musisi, penulis lagu, dan produser pemenang lima piala Grammy Awards, FINNEAS telah kembali dengan versi digital

on Aug 10, 2020
Billie Eilish

Billie Eilish Rilis Lagu Terbarunya, ‘My Future’ Pada Hari Ulang T...

Billie Eilish. (Foto: Jim Dyson/Redferns/Getty Images). Popstar remaja Billie Eilish telah kembali dengan single terbarunya yang berjudul ‘My Future’ pa

on Jul 31, 2020
Ashe

Ashe Gandeng Niall Horan Rilis Versi Baru Single Hit-nya, 'Moral Of Th...

Ashe. Penyanyi yang kian bersinar, Ashe telah membagikan versi baru dari lagu terobosannya, 'Moral of the Story' yang menampilkan mantan personil One Direct

on Jun 19, 2020
Billie Eilish.

Billie Eilish Desak Semua Orang Angkat Bicara Tentang Pembunuhan Raysh...

Billie Eilish. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images for Spotify). Solois pop Billie Eilish telah mengungkapkan bahwa dia sangat marah atas kematian Rayshard

on Jun 16, 2020