×
×

Search in Mata Mata Musik

Fiona Apple Akan Donasikan Royalti Lagunya Selama 2 Tahun Ke Depan Untuk Amal

Posted on: 06/17/20 at 7:00 am

Fiona Apple.
Fiona Apple. (Foto: Katie Schuering).

Tahun lalu, penyanyi pop artistik nan unik Fiona Apple menyumbangkan royalti senilai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,2 miliar dari penempatan lagu hit-nya, ‘Criminal’ di berbagai acara TV dan film ke While They Wait Fund, sebuah organisasi yang menyediakan layanan hukum dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi. Fiona Apple sekarang meluncurkan kampanye amal serupa menggunakan dua lagu dari album terbarunya, Fetch the Bolt Cutters, yang meraih respons luar biasa dari fans maupun kritikus musik.

Baca juga: Fiona Apple Blak-Blakan Banyak Hal Menjelang Rilis Album Barunya

Menurut sebuah pernyataan, Fiona Apple mengatakan bahwa untuk dua tahun ke depan dia akan menjaminkan semua royalti dari penampilan acara TV dan film dari lagu ‘Shameika’ dan ‘Heavy Balloon’ untuk sepasang organisasi nirlaba. Royalti dari lagu ‘Shameika’ akan diberikan ke organisasi Harlem Children’s Zone, yang membantu mendukung pendidikan lebih tinggi bagi anak-anak. Sedangkan, royalti yang didapat dari lagu ‘Heavy Balloon’, akan disumbangkan kepada Seeding Sovereignty, sebuah kolektif yang dipimpin oleh penduduk pribumi yang kerjaannya membongkar institusi imperialis dan kapitalisme kolonial.

Dalam upaya untuk menempatkan dua lagu ini dalam berbagai acara TV dan film, Fiona Apple mendesak penggemarnya untuk menyebarkan lagu ini ke para supervisor bidang musik yang relevan di Hollywood, AS. Dia juga meyakinkan bahwa jika tidak ada yang diambil untuk dimasukkan di TV atau film, dia masih akan menyumbangkan US$ 50 ribu atau sekitar Rp 708 juta untuk setiap organisasi nirlaba yang sebelumnya disebut.

“Aku masih akan memberikan setiap organisasi yang aku sebutkan di sini lima puluh ribu dolar jika pada akhirnya tidak ada yang meminta penggunaan atas lagu-lagu ini. Tetapi aku tetap berniat untuk mendapatkan sebagian dari uang orang-orang Hollywood itu, jadi aku berharap, aku akan mencoba, dan ya begitulah ya, sepertinya!”

Baca juga: Fiona Apple Bahas Lebih Dalam Dan Umumkan Judul Album Terbarunya

Baca pernyataannya, yang pertama kali diposting di situs penggemar Tumblr yang populer, Fiona Apple Rocks. Cek pernyataan lengkapnya berupa tulisan tangan Fiona Apple di bawah ini.

Dalam berita yang berhubungan, Fiona Apple baru-baru ini ikut dalam barisan aksi protes di Santa Monica, AS mendukung gerakan Black Lives Matter. Dia juga belum lama ini melakukan wawancara yang langka tentang Democracy Now!.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    kehlani

    Kehlani Suguhkan Pop R&B Segar Via Lagu 'Altar' Dari Album Mendatang

    Kehlani (Foto: Brianna Alysse). Tiap ketukan dram yang terdengar renyah diiringi synthsizer dan gitar yang turut membangun nuansa lagu. Sampailah di penggal

    on Sep 16, 2021
    Kacey Musgraves

    Kacey Musgraves Rilis "Star-Crossed", Album Baru Tentang Perceraiannya

    Kacey Musgraves (Foto: dok. artis). Kacey Musgraves telah meluncurkan album barunya, star-crossed melalui MCA Nashville/Interscope Records pada 10 September

    on Sep 11, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Sekaranggi

    Sekaranggi Rilis Album Kedua, "Delapan" Sebagai Introspeksi Diri

    Tampilan Sekaranggi di album keduanya Pada 8 September 2021 resmi dirilis album kedua dari Sekaranggi yang berjudul Delapan. Salah satu lagu dalam album in

    on Sep 9, 2021