×
×

Search in Mata Mata Musik

Fiona Apple Berpikir Akan Boikot Grammy Awards 2021 Karena Menominasi Dr. Luke

Posted on: 12/19/20 at 10:30 am

Fiona Apple Berpikir Akan Boikot Grammy Awards 2021 Karena Menominasi Dr. Luke
Fiona Apple. (Foto: via CoS).

Meski berada dalam masa pandemi, Fiona Apple menjadi salah satu artis yang menonjol berkat merilis album barunya, Fetch the Bolt Cutters, dan berhasil masuk di beberapa nominasi ajang Grammy Awards ke-63 tahun mendatang, yakni Best Alternative Music Album, Best Rock Song dan Best Rock Performance untuk lagu ‘Shameika’ dari album tersebut. Sekarang, dalam suatu sesi wawancara baru, Fiona Apple berbagi pemikirannya tentang apa artinya dihormati di ajang penghargaan musik prestisius Grammy, rasa frustrasinya dengan produser Dr. Luke, dan banyak lagi.

Baca juga: Yuk Intip Daftar Nominasi Grammy 2021: Taylor Swift, Beyonce, Fiona Apple, Dll!

Wawancara The Guardian dengan Fiona Apple membahas secara mendalam beberapa subjek, mulai dari dampak pidatonya di MTV Awards 1997 yang ikonik hingga orang yang benar-benar menginspirasi lagu ‘Shameika’. Namun, segmen yang paling topikal muncul ketika Fiona Apple secara nggak sengaja memunculkan nama Deborah Dugan, CEO, Presiden Recording Academy yang jabatannya ditangguhkan, dan keputusan mereka untuk mencalonkan Dr. Luke (dengan nama samaran Tyson Trax) terlepas dari tuduhan Kesha bahwa produser terkenal itu melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

“Mereka menyuruh (Kesha) di atas sana menyanyikan ‘Praying’ dan sekarang mereka akan mengatakan: ‘Oh, tapi ini Tyson Trax!’” cetus Fiona Apple. “Gue menunggu untuk mendengar lebih banyak tentang apa yang Deborah Dugan katakan (tentang budaya di Recording Academy) karena semua itu berbau gue. Ketika lo mempekerjakan seseorang dan mereka mengajukan pertanyaan dan kemudian mereka dipecat? Ada banyak hal yang dia kemukakan sehingga gue nggak bisa memeriksa situasi itu dan gue benar-benar nggak mau pergi ke sana dan mendukungnya”.

Meski Fiona Apple ingin memboikot Grammy atas perlakuan mereka terhadap Kesha dan Dugan, doi juga bilang ingin merayakan fakta bahwa dirinya, Phoebe Bridgers, HAIM, Brittany Howard, Adrienne Lenker, dan Grace Potter semuanya masuk nominasi Best Rock Performance, yang menandakan pertama kalinya semua artis dalam kategori nominasi tersebut adalah perempuan.

“Gue berharap gue berada di satu ruangan dengan para wanita ini dan kita bisa merayakannya,” ujar Fiona Apple. “Setiap minggu gue mengirim foto selfie ke Simon, yang menjalankan situs Tumblr gue. Gue pikir, untuk selfie minggu itu, gue akan membuat kaos dengan nama semua orang di hati kecil: Phoebe, Brittany, Danielle, Este, Alana, Adrienne, Grace. Tapi kemudian gue membuangnya. Gue merasa seperti inilah yang mereka ingin gue lakukan: Sekarang itu lebih baik! Gue dinominasikan! Dan tahun ini semuanya wanita dan Grammy yang luar biasa!”.

“Gue terus kembali ke mereka dengan menempatkan Kesha di atas panggung seperti, ‘Kami percaya lo’ – dan gue percaya kepadanya – kemudian dua tahun kemudian, Tyson Trax brengsek. Bukan untuk kembali ke perkataan itu, karena itu omong kosong,” lanjutnya. “Perasaan ingin merayakan dengan para wanita ini adalah asli. Tapi bagaimana pun gue harus memiliki perasaan itu. Gue nggak tahu apakah ada orang yang dinominasikan bisa membantu memikirkan: apa yang akan gue lakukan jika gue menang? Visi gue adalah bahwa gue hanya akan naik ke sana dengan palu godam dan gue nggak akan mengatakan apa-apa, gue akan mengambil piala Grammy dan menghancurkannya menjadi berkeping-keping untuk dibagi-bagikan dan gue akan mengundang semua wanita. Pikiran kedua gue adalah gue bertanya-tanya apakah gue bisa membuat semua wanita ini memboikot omong kosong ini karena Dr. Luke”.

Waktu akan memberi tahu apakah Fiona Apple akhirnya memutuskan untuk membuang Grammy. Sampai saat itu, para penggemar Fiona Aple nggak perlu merasa sedih karena Fiona Apple nggak masuk nominasi Album of the Year. Karena doi tampaknya sangat bersyukur telah menghindari sorotan itu karena itu akan membuatnya melawan Taylor Swift, artis yang doi hormati, tetapi penggemarnya benar-benar doi takuti.

Baca juga: Kesha Divonis Seorang Hakim Atas Kasus Pencemaran Nama Baik Dr Luke

“Gue sangat setuju untuk Taylor Swift merekam ulang lagu-lagunya dan gue ingin lagu-lagu versi baru tersebut mengungguli rekaman lamanya,” cetus Fiona Apple. “Senang mengetahui bahwa Swifties (penggemar Taylor Swift) akan mewujudkannya. Meski Swifties bikin gue takut, gue menghormati kekuatan mereka karena berbuat baik untuk Taylor! Gue sangat takut bahwa gue akan dinominasikan untuk Album of the Year tahun ini bersama dengan Taylor Swift. Gue sangat lega (gue nggak masuk) karena gue nggak mau ditindas!”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Taylor Swift

    Taylor Swift Rilis Lebih Awal 'Wildest Dreams' Setelah Trending Di Tik...

    Foto: Beth Garrabrant. Taylor Swift nama dan lagunya belakangan ini ramai di TikTok. Yaitu single doi rilisan 2015 berjudul 'Wildest Dreams' yang menjadi tr

    on Sep 18, 2021
    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    MMM Playlist Juni 2021 #1 Top 20 Internasional

    MMM Playlist Juli 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juli 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu b

    on Jul 9, 2021
    Big Red Machine & Taylor Swift

    Big Red Machine Bersinergi Dengan Taylor Swift Via Single 'Renegade'

    Big Red Machine dan Taylor Swift (Kolase: Graham Tolbert, foto: Graham Tolbert, James Reynolds). Big Red Machine adalah nama proyek kolaborasi dari Justin V

    on Jul 3, 2021