×
×

Search in Mata Mata Musik

Fiona Apple Blak-Blakan Banyak Hal Menjelang Rilis Album Barunya

Posted on: 05/1/20 at 6:30 am

Fiona Apple.
Fiona Apple. (Foto: CoS).

Fiona Apple baru-baru ini melakukan siaran wawancara yang langka tentang album barunya Fetch the Bolt Cutters di acara Democracy Now!. Penyanyi artistik itu membahas berbagai tema album, pencantuman pengakuan berbagai tanah adat dalam kredit albumnya, dan banyak lagi. Tonton wawancara lengkapnya di akhir artikel ini.

Baca juga: Fiona Apple Bahas Lebih Dalam Dan Umumkan Judul Album Terbarunya

Kredit dalam album ini diakhiri dengan pengakuan bahwa album ini direkam “di wilayah Tongva, Apache Mescalero, dan Suma yang tidak dinamai”. Keputusan untuk memasukkan bahasa tersebut dibuat dengan Eryn Wise, seorang organisator dan aktivis dengan kolektif Seeding Sovereignty yang dipimpin oleh masyarakat adat yang diwawancarai dalam episode yang sama.

“Sangat penting untuk terus mengatakannya, karena itu tidak ada dalam kehidupan sehari-hari semua orang,” ujar Fiona Apple kepada Amy Goodman tentang pengakuan tersebut. “Orang-orang tidak memikirkan hal ini setiap hari, dan mereka seharusnya melakukan itu – bahwa kita tidak hidup di tanah yang diserahkan kepada kita”.

Fiona Apple membahas proses rekaman album barunya, termasuk saat dia sepenuhnya keluarkan amarahnya sambil menyanyikan versi lagu ‘For Her’ yang muncul di Fetch the Bolt Cutters. “Suatu hari, aku menyanyikan lagu itu, dan itu meresap kepadaku,” katanya. “Dan aku akhirnya merasakan kemarahan yang belum pernah aku rasakan untuk seorang pria yang menyerangku ketika aku masih kecil. Aku menyanyikan lagu itu berulang-ulang sampai aku benar-benar merasakannya. Dan ketika aku merasakannya, aku akhirnya merasa marah, dan itu adalah hal yang luar biasa. Dan kamu perlu merasakan kemarahanmu untuk bisa melewatinya”.

Fiona Apple juga membahas proposal dari labelnya yang menyatakan bahwa dia seharusnya merilis album pada bulan Oktober dan mengapa dia berjuang untuk merilisnya lebih awal:

“Aku mendapat jadwal proposal yang mengusulkan semua hal berbeda yang akan berlangsung dari sekarang sampai album dirilis, yang akhirnya menjadi pada bulan Oktober. Dan lagu pertama aku keluar pada akhir Juni. Dan itu membuatku menjalani sesi SMS penuh amarah selama dua hari untuk membuat album aku dirilis sekarang, yang pada dasarnya — Kamu tahu, aku tahu ini membutuhkan lebih dari sekadar hanya menekan tombol, tetapi ayo tekan tombolnya. Albumnya sudah selesai. Itu bisa keluar secara digital, dan orang-orang dapat menikmatinya.

Baca juga: Fiona Apple Cover “In My Room”

Dan jika kita menunggu — ini semua hanya masalah logika, karena jika kita menunggu, aku akan tersesat dalam pikiranku. Aku ingin dapat didengar. Aku tidak benar-benar ingin membuka mulut di sebuah ruangan dan berbicara kecuali aku merasa orang-orang mau mendengarkan. Jika aku tidak berpikir kamu akan mendengarkan, maka aku akan pergi begitu saja. Jadi, aku ingin memadamkannya ketika aku berpikir bahwa itu akan memiliki peluang terbaik, karena aku telah bekerja keras untuk membuat album itu”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021
    Fiona Apple

    Fiona Apple Berpikir Akan Boikot Grammy Awards 2021 Karena Menominasi ...

    Fiona Apple. (Foto: via CoS). Meski berada dalam masa pandemi, Fiona Apple menjadi salah satu artis yang menonjol berkat merilis album barunya, Fetch the Bo

    on Dec 19, 2020
    Fiona Apple

    Fiona Apple Akan Donasikan Royalti Lagunya Selama 2 Tahun Ke Depan Unt...

    Fiona Apple. (Foto: Katie Schuering). Tahun lalu, penyanyi pop artistik nan unik Fiona Apple menyumbangkan royalti senilai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,2 m

    on Jun 17, 2020
    Fiona Apple

    Fiona Apple Bahas Lebih Dalam Dan Umumkan Judul Album Terbarunya

    Fiona Apple (Foto: Sachyn Mital). Dalam sebuah wawancara baru yang detil dan mendalam dengan Emily Nussbaum dari The New Yorker, sang musisi eksentrik asal

    on Mar 18, 2020