×
×

Search in Mata Mata Musik

Fitur Lirik Dari Spotify Kini Tersedia di Indonesia dan 25 Negara Lainnya

Posted on: 07/2/20 at 5:30 am

Spotify fitur lirik.
Spotify fitur lirik.

Spotify mengumumkan bahwa fitur lirik di aplikasi streaming musik ini sekarang telah tersedia untuk semua pengguna gratis dan premium di Indonesia!

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat lirik secara langsung pada aplikasi Spotify, yang akan ditampilkan dalam bahasa lagunya. Itu dapat diakses dengan mengetuk tab Lyrics di bagian bawah layar Now Playing dalam aplikasi.

Baca juga: 10 Aplikasi Pemotong Lagu Untuk HP Android Paling Gampang

Untuk melisensi lirik, layanan streaming ini bermitra dengan MusixMatch, yang mengklaim sebagai katalog lirik dan terjemahan lagu terbesar di dunia.

“Lyrics telah menjadi salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna Spotify dan kami senang untuk membuat lirik-lirik lagu tersedia untuk pendengar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pendengar sekarang dapat mengenal lagu favorit mereka – dan lirik di belakangnya – secara lebih baik,” ujar Boon Ken Wong dari Spotify dalam sebuah pernyataan.

Spotify dulu sempat menunjukkan lirik di aplikasinya, mengambilnya dari MusixMatch, tetapi hubungan itu berakhir pada 2016. Menurut laporan dari TechCrunch, fitur yang kembali hadir lagi itu diluncurkan pada hari Rabu di 26 pasar berbeda sepanjang wilayah Asia Tenggara, India, dan Amerika Latin.

Fitur ini juga tersedia di negara-negara berikut: Argentina, Brasil, Kolombia, Chili, Meksiko, Peru, Bolivia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, Guatemala, Honduras, India, Nikaragua, Panama, Paraguay, El Salvador, Uruguay, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong (Lyrics sudah tersedia di Jepang melalui mitra yang berbeda).

Orang-orang di Kanada telah berpartisipasi dalam tes beta dari fitur ini, tetapi sekarang mereka telah kehilangan akses tersebut – Spotify tidak mengaktifkan fitur ini di Amerika Serikat (AS), Kanada, atau Eropa. Paling tidak, masalah yang muncul adalah saat melisensikan hak untuk menampilkan lirik di setiap negara.

Pada tahun 2018 Spotify bermitra dengan Genius untuk fitur “Behind the Lyrics” yang lebih berfokus pada cerita latar dan komentar langsung dari para kreator lagu. Namun, sejak saat itu Genius telah menjadi semakin nyaman dengan kemitraannya bersama Apple. Plus, fitur lama itu tidak menampilkan lirik lengkap, hanya beberapa fragmen.

Spotify saat bermitra dengan Genius.
Spotify saat bermitra dengan Genius.

Diluncurkan pada 2008, Spotify memiliki lebih dari 50 juta lagu di layanannya, termasuk lebih dari 1 juta macam podcast. Aplikasi ini dianggap sebagai layanan berlangganan streaming audio paling populer dengan lebih dari 268 juta pengguna.

Baca juga: Spotify Ubah Aturan Limit 10.000 Lagu, Sekarang Bisa Simpan Lagu Tanpa Batas

Pada bulan April lalu, Spotify juga telah meluncurkan hub Musik Indonesia, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses lebih dari 30 playlist dari berbagai genre musik Indonesia, termasuk pop, dangdut dan hip-hop. Beberapa playlist andalan yang ditemukan di dalam hub adalah Puncak Klasemen, yang terdiri dari berbagai lagu hit segar dari para musisi Indonesia; ada Naik Daun, kompilasi lagu-lagu terpanas dari berbagai musisi/grup yang popularitasnya sedang berkembang; dan ada juga Ke Seberang, yang menampilkan bakat-bakat lokal dengan karier yang sukses di kancah internasional.

Sumber: Berbagai literatur
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Spotify

    Spotify Menaikkan Harga Berlangganan Premium Beberapa Paketnya!

    Spotify baru saja menaikkan biaya berlangganan untuk beberapa paket premium yang berlaku di sejumlah negara. Yakni di seluruh Inggris Raya dan sebagian Ero

    on Apr 27, 2021
    Humidumi

    Humidumi Lepas Album "Pathless" Di Gerai Digital Sukses Curi Perhatian

    Berbekal perjalanan di scene musik indie kota Surabaya selama enam tahun, band alternative pop Humidumi akhirnya melepas versi digital album penuh perdanan

    on Apr 17, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    Spotify

    Spotify & Kakao Ent. Kembali Jalin Kerja Sama Setelah Berseteru

    (Foto: Daniel Kalker/picture-alliance/dpa/AP Images). Spotify mengumumkan bahwa perusahaan platform musik digital ini telah mencapai kesepakatan dengan Kaka

    on Mar 12, 2021