×
×

Search in Mata Mata Musik

Fitur Terranova, Roadblock Dub Collective Rilis ‘Sepinggungan’ Yang Menguatkan

Posted on: 08/19/20 at 9:00 am

Fitur Terranova, Roadblock Dub Collective Rilis 'Sepinggungan' Yang Menguatkan
Roadblock Dub Collective.

Pada tanggal 17 Agustus 2020, Roadblock Dub Collective, duo pengusung dub asal Lampung yang diperkuat oleh Yulius Samiaji dan Hidayat Surodijoyo meluncurkan video klip lagu ‘Sepingungan’ di website resmi mereka. Ini merupakan video klip dari lagu yang telah dirilis pada bulan Juni lalu.

“Video klip lagu ‘Sepinggungan’ merupakan kolase kehidupan yang disajikan secara monokrom dan didedikasikan untuk merawat semangat kebersamaan,” ujar Nugroho Arif Prabowo, sutradara video klip lagu ini menjelaskan.

Lagu ‘Sepinggungan’ menghadirkan Terranova, aktivis sekaligus personil band Anjing Dub dari Bandung sebagai penyanyi tamu. Lagu ‘Sepinggungan’ adalah suatu kisah tentang perjalanan semesta menuju tahapan yang lebih baik. Lagu ini disajikan dalam balutan nuansa perayaan adat Lampung berpadu dengan irama musik Jamaika yang riang.

“Sepinggungan yang dalam bahasa Lampung berarti kebersamaan menjadi spirit kami dalam berkarya. Hal ini pula yang ingin kami serukan. Dalam situasi seperti ini, kebersamaan akan menguatkan kita untuk dapat melewati semua persoalan,” tutur Yulius Samiaji.

Kondisi akibat pandemi Covid-19 membuat setiap individu di muka bumi hidup dalam jarak dan pembatasan. Penyesuaian pun dilakukan pada banyak aspek kehidupan, termasuk saat pengerjaan lagu dan video klip ‘Sepinggungan’. “Semua yang terlibat berada di lokasi berbeda, sehingga tak pernah bertemu secara langsung. Dengan dukungan teknologi, jarak bukan lagi halangan,” kata Hidayat Surodijoyo.

Selama satu dekade perjalanan mereka, Roadblock Dub Collective kerap terlibat dalam bermacam proyek musik dub bersama musisi dalam dan luar negeri. Single perdana mereka, “Youth Culture” yang dirilis pada 2010 mendapat respons positif dari DJ dan musisi lintas genre yang tertarik membuat remix lagu tersebut, sehingga lahirlah album kompilasi “Youth Culture RMX”.

Pada Record Store Day 2015, Roadblock Dub Collective merilis mixtape Dubtonator, single ‘Youth Culture (Sleng Teng Version)’ dan CD single Mukadimah/Rua Jurai Echoes dalam jumlah terbatas. Karya Roadblock Dub Collective juga dapat ditemui dalam album kompilasi “Nusantara Dub” serta “Compilado 5 Años” yang dirilis Inbassion, label rekaman dari Kolombia pada tahun 2017.

Ok penasaran ‘kan seperti apa corak musik dub yang digeber Roadblock Dub Collective yang menampilkan Terranova, langsung saja lo geber nih!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Rilis Album Baru "Donda" Terinspirasi Dari Sang Ibunda

    Kanye West (Foto: Instagram/kanyewest). Kanye West mengkonfirmasi perilisan album barunya yang berjudul Donda, dalam iklan Beats by Dre yang ditayangkan saa

    on Jul 22, 2021
    50 Cent

    50 Cent Kabari Status Terbaru Perilisan Album "Street King Immortal"

    50 Cent (Foto: Dave Simpson/WireImage). 50 Cent memang sempat absen dari kancah musik sejak mengumumkan kebangkrutannya pada tahun 2015. Sebelumnya, pada ta

    on Jul 20, 2021
    Post Malone

    Post Malone Rilis Lagu Baru Yang Terinspirasi Dari Motley Crue

    Motley Crue (Foto: dok. Motley Crue) / Post Malone (Foto: Kevin Winter/Getty Images). Post Malone, telah dipastikan pada Jum'at ini, 9 Juli akan merilis lag

    on Jul 7, 2021
    MC Abdul

    MC Abdul, Rapper Cilik Palestina Debut Single ‘Shouting At The Wall'

    MC Abdul, rapper cilik kelahiran Gaza, Palestina berusia 12 tahun, telah merilis single debutnya, 'Shout at the Wall'. Lagu doi telah tersedia di platform

    on Jul 1, 2021