×
×

Search in Mata Mata Musik

FKA twigs Galang Dana Untuk Para Pekerja Seks Selama Pandemi

Posted on: 08/7/20 at 9:00 am

FKA twigs Galang Dana Untuk Para Pekerja Seks Selama Pandemi
FKA twigs berdansa di tiang dalam video musik ‘Cellophane’.

Hampir setiap bidang industri apa pun terkena dampak yang sangat parah dari pandemi virus Corona, dan bisnis prostitusi tidak terkecuali. Sejak awal virus Corona (yang katanya) menyebar, para pekerja seks di seluruh dunia lantas kehilangan hampir semua pendapatan mereka dalam hitungan bulan. Hal itulah yang mengetuk hati FKA Twigs dan kemudian berinisiasi menggalang dana untuk komunitas yang rentan dan sering dianggap punya pengaruh buruk ini.

Baca juga: FKA Twigs Lepas “Sad Day” Jelang Perilisan MAGDALENE

Penyanyi R&B asal Inggris itu mengumumkan peluncuran kampanye GoFundMe di Instagram pada hari Selasa lalu, seperti yang dilaporkan oleh Izebel. Mantan pacar aktor Robert Pattinson ini juga menjelaskan hubungan eratnya dengan industri pekerja seks, mencatat bagaimana dia mempelajari gerakan pole dancing (dansa di tiang) pertamanya dari seorang penari telanjang (stripper).

“Gue waktu itu berusia 19 tahun ketika gue mempelajari gerakan pole pertama gue, gue mempelajari gerakan back hook spin dari seorang penari telanjang ketika gue masih bekerja sebagai hostes di sebuah klub pria,” tulis FKA twigs. “Bagi kalian yang belum tahu, menjadi hostes adalah saat seseorang membayar orang lain untuk waktunya, apa pun (bisa terjadi) dari percakapan sambil makan malam hingga pekerjaan seks, dan klub mendapatkan biaya komisi”.

“Pengalaman hidup gue sebagai cewek yang sangat muda di lingkungan ini nggak hanya membentuk gue sebagai cewek yang kuat dan tangguh seperti saat ini,” lanjutnya. “Tetapi juga (membentuk) banyak karya-karya gue sebagai artis musik dan visual, terkadang bahkan secara nggak sadar”.

Bagi yang belum tahu, FKA twigs telah memasukkan gerakan pole dancing dalam berbagai performa live dan video musiknya sendiri, seperti pada video musik ‘Cellophane’ yang satu ini.

Karena itu, FKA twigs mengatakan, “Sekarang saatnya gue melangkah maju, memberi penghormatan, dan menyoroti tantangan yang dihadapi pekerja seks, terutama di masa-masa yang nggak jelas ini”. Dia kemudian menambahkan, “pekerja seks yang gue kenal dan temui memiliki disiplin, keahlian, bakat, dan etos kerja, mereka nggak hanya pantas mendapatkan yang lebih baik secara jangka panjang, tetapi pendapatan mereka telah dilenyapkan oleh masa lockdown dan banyak yang nggak dilibatkan dalam paket bantuan finansial (dari pemerintah setempat) yang tersedia untuk (pekerja) lainnya”.

Halaman GoFundMe itu akan menguntungkan kolektif pekerja seks Amerika Serikat (AS) dan dana bantuan Lysistrata, kolektif pekerja seks SWARM di Inggris, dan East London Strippers Collective. FKA twigs sendiri telah menyumbangkan £ 10 ribu (Rp 191 juta) untuk memulai penggalangan dana, dan dia berharap dapat menghasilkan total £ 30 ribu (Rp 573 juta). Sampai hari ini, kampanye tersebut telah meraup donasi sekitar £ 15 ribu (Rp 286 juta).

Baca juga: FKA Twigs Rilis Lagu Ketiga dari Magdalene “Home with You”

Selain itu, FKA twigs akan menyerahkan akun media sosialnya kepada ketiga kolektif tersebut untuk lebih meningkatkan eksposur dari platform mereka.

Baca pernyataan lengkap FKA twigs di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    FKA twigs

    FKA twigs, Headie One & Fred again.. Kritik Diskriminasi Ras Via Singl...

    Foto (ki-ka): Fred again.., FKA twigs, Headie One. Tiga musisi berpengaruh dan inovatif di Inggris, yakni FKA twigs, Headie One, dan Fred again.. berkolabor

    on Jan 31, 2021
    Dycall wtih chicks

    Rapper Muda Dycal Lepas Single 'Gue Udah Muak' Setelah Muak Diselingku...

    Dycal Siahaan atau yang akrab disapa Dycal, dikenal sebagai seorang Rapper sekaligus YouTuber yang sedang digandrungi anak muda ja

    on Dec 24, 2020
    Grace Sahertian

    Berkolaborasi Dengan 60 Netizen, Grace Sahertian Rilis MV Single 'Hone...

    Grace Sahertian. Setelah merilis single ketiganya yang berjudul 'Honestunes' pada tanggal 10 Juli 2020 lalu, pada tanggal 18 Desember 2020 ini Grace Sa

    on Dec 21, 2020