×
×

Search in Mata Mata Musik

FKA twigs, Headie One & Fred again.. Kritik Diskriminasi Ras Via Single Kolabnya

Posted on: 01/31/21 at 10:30 am

FKA twigs, Headie One & Fred again.. Kritik Diskriminasi Ras Via Single Kolabnya
Foto (ki-ka): Fred again.., FKA twigs, Headie One.

Tiga musisi berpengaruh dan inovatif di Inggris, yakni FKA twigs, Headie One, dan Fred again.. berkolaborasi untuk single terbaru mereka, ‘Don’t Judge Me’ yang dirilis pada 26 Januari 2021. Lagu yang awalnya menjadi interlude untuk mixtape GANG milik Headie dan Fred, kini dirilis ulang sekuelnya bersamaan dengan video klip besutan sutradara ternama Emmanuel Adjei, yang dikenal lewat karya-karyanya untuk Beyonce, Madonna, dan Sevdalisa.

Baca juga: FKA twigs Galang Dana Untuk Para Pekerja Seks Selama Pandemi

Video klip untuk ‘Don’t Judge Me’ juga didukung oleh platform fashion global FARFETCH, yang merupakan suatu pernyataan tegas tentang pengalaman mereka sebagai orang kulit hitam di Inggris masa kini. Menampilkan FKA twigs dan Headie One bersama jajaran pemeran di antaranya penyair dan aktivis Black Lives Matter Solomon O.b, penulis Reni Eddo-Lodge, model dan aktivis Kukua Williams, musisi dan penyair Benjamin Zephaniah, penari dan penyanyi Lisa Elde, aktivis kesehatan mental Nicole Crentsil, ahli fitness dan trainer Efua Baker, pemain sepak bola Mahlon Romeo, aktivis dan model Munroe Bergdorf, model Danto Earth, dan penyiar Clara Amfo.

Meskipun pengalaman setiap individu ini berbeda, semua berjuang melawan tekanan yang enggak tampak – yang dipicu oleh bias kultural, sistemik, dan struktural – yang sering kali sulit untuk dilihat dan lebih sulit lagi untuk diatasi. Di video ini, seluruh kostum FKA twigs merupakan karya desainer Black, yang semua produk fesyennya tersedia di FARFETCH.

Tentang FKA twigs:

FKA twigs adalah salah satu musisi, produser, dan sutradara paling inovatif di masa kini seperti yang dapat dilihat dari tiga EP-nya (EP1, EP2 and M3LL155X), debut albumnya, LP1, yang memenangkan Mercury Prize dan dinominasikan di Brit Award, serta rilisan terbarunya, MAGDALENE. MAGDALENE juga kerap disebut sebagai salah satu album terbaik di tahun 2019 oleh banyak media, di antaranya NPR, The Guardian, The New Yorker, Billboard, Complex, Crack, Loud & Quiet, PAPER, TIME, USA Today, dan Vice. Album ini juga masuk ke dalam nominasi Grammy Awards lewat ‘cellophane’ sebagai video klip terbaik. Tentang album tersebut, Pitchfork memberikan pujian, “dengan penulisan lagu dan produksi yang penuh inovasi tanpa batas, musik FKA twigs kali ini memberikan pengaruh yang luar biasa. MAGDALENE enggak hanya berada di barisan terdepan musik pop, album ini memiliki kelasnya sendiri”.

FKA twigs mengambil langkah yang pasti di setiap persimpangan seni dan kariernya. Doi juga dianugrahi penghargaan Webby Special Achievement Award untuk “kontribusinya ke budaya digital dengan terus menggunakan internet untuk membuat dan mendistribusikan seni eksperimental”. Doi menyutradarai sekaligus tampil untuk iklan Nike, Google Glass, Calvin Klein, dan Apple, serta membuat debut layar lebar di Honey Bot. FKA twigs baru-baru ini juga berkolaborasi dengan Hiro Murai di video ‘Sad Day’ yang menuai banyak pujian.

Tentang Headie One:

Headie One adalah salah satu rapper beken dan paling bertalenta di Inggris. Dikenal sebagai ‘The King of Drill’, kesuksesan Headie membawa mikro-subgenre dari rap, drill yang awalnya kurang dikenal menjadi salah satu genre paling populer di musik kontemporer.

Sejak debutnya di tahun 2014, Headie sudah merilis sejumlah proyek seminal; ‘Headz or Tails’, ‘Drillers & Trappers’, dan ‘Music X Road’ di tahun lalu yang menjadi proyek bergaya drill pertama yang menempati posisi Top 5 di Chart Album UK. Pada April 2020 lalu, doi merilis proyek bersama Fred again.. ‘GANG’. Proyek eksperimental ini melejitkan nama Headie, yang semula enggak banyak dikenal sebagai seorang musisi drill, menampilkan kolaborasi dengan FKA twigs, Sampha, Brian Eno, dan Jamie xx.

Debut albumnya yang banyak ditunggu-tunggu, ‘Edna’, merupakan bukti dari kesuksesan yang dibangunnya perlahan dan berhasil mengumpulkan lebih dari 100 juta stream di seluruh dunia. Headie juga merilis 10 single, di antaranya ‘18Hunna’ bersama Dave, ‘Only You Freestyle’ featuring Drake, dan ‘Ain’t It Different’ bersama Stormzy dan AJ Tracey. Album tersebut dipuji banyak kritikus, dan menerima pujian dari The Independent, The Times, The Guardian, The Telegraph, NME, CLASH, The Face, dan banyak lagi.

Tentang Fred again..:

Sebagai musisi dan produser solo ternama, Fred again.. adalah orang di balik lagu-lagu crossover paling populer beberapa tahun belakangan. Tahun lalu ia merilis GANG, project kolaborasi dengan Headie One. Album ini merupakan hasil kolaborasi selama beberapa bulan kedua musisi yang berteman sejak tahun 2019. Dua suara mereka bersatu di project yang juga melibatkan musisi-musisi paling inovatif di UK, termasuk FKA twigs, Jamie XX, Sampha, dan Berwyn

Fred telah membangun dirinya sebagai musisi, merilis serangkaian lagu solo yang dideskripsikannya sebagai “Actual Life”, suatu gaya khasnya dalam bermusik yang menggabungkan vokal dari berbagai sumber yang enggak biasa, mulai dari klip-klip YouTube yang aneh hingga percakapan FaceTime pribadi, akun-akun Instagram yang random dan footage video iPhone saat kumpul semalam suntuk. Doi enggak membuat lagu tentang pengalaman, musiknya benar-benar dibuat dari pengalaman tersebut. Hasil akhirnya adalah euforia lantai dansa dengan sentuhan melankolis. Mixmag menyebutnya “suatu pencarian otentik yang membuat Fred again.. sangat mengasyikkan – membuat kita menyadari bahwa dia memang seorang yang luar biasa”. Pigeons and Planes juga menambahkan, “Fred again.. adalah musisi Inggris yang mengambil pendekatan yang tidak biasa untuk lagu-lagu dancenya yang memikat”.

Baca juga: Via ‘Ego Death’, Ty Dolla $ign Bersinergi Dengan Kanye West, Skrillex, FKA Twigs

Berpindah dari underground ke mainstream dengan mudah, produser asal London yang pernah memenangkan BRIT Award ini juga menambahkan beragam musisi ke dalam portofolio kariernya, di antaranya lagu nomor satu ‘Own It’ yang dibawakan Stormy, Ed Sheeran, dan Burna Boys, ‘Aint It Different’ yang dibawakan Headie One, AJ Tracey dan Stormzy; serta debut solo Romy dari The xx, ‘Lifetime’.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    FKA Twigs

    FKA twigs Galang Dana Untuk Para Pekerja Seks Selama Pandemi

    FKA twigs berdansa di tiang dalam video musik 'Cellophane'. Hampir setiap bidang industri apa pun terkena dampak yang sangat parah dari pandemi virus Corona

    on Aug 7, 2020
    Drake

    Drake Nge-Rap Bahasa Arab di ‘Only You Freestyle’, Lagu Kolab Deng...

    Drake dan Headie One. (Foto: YouTube). Bintang rap asal Kanada, Drake telah bekerja sama dengan rapper asal Inggris, Headie One untuk sebuah lagu kolaborasi

    on Jul 22, 2020
    Kanye West for President?

    Kanye West Resmi Umumkan Dirinya Sebagai Kandidat Presiden AS di 2020

    Kanye West for President? (Foto: via CoS). Kanye West telah lama menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS), meskipun

    on Jul 6, 2020
    Ty Dolla $ign

    Via 'Ego Death', Ty Dolla $ign Bersinergi Dengan Kanye West, Skrillex,...

    "Ego Death" artwork (Ty Dolla $ign, Kanye West, FKA twigs, Skrillex). Musisi R&B Ty Dolla $ign telah mengumpulkan sekelompok artis dengan bakat yang gok

    on Jul 3, 2020