×
×

Search in Mata Mata Musik

FLEUR! Tampilkan Sisi Maskulin Lewat ‘Lagu Lama’, Single Terbarunya

Posted on: 09/23/20 at 6:30 am

FLUER! Trio cewek rock and roll.

Ada banyak hal terjadi selama pandemi. Salah satunya adalah pembelajaran atas perubahan yang melahirkan inspirasi untuk beradaptasi. Setelah enam bulan merilis single perdana ‘Muka Dua’, sejatinya FLEUR! hendak merilis album penuh di 2020 ini. Tetapi adanya pandemi kopad-kopid ora jelas membuat mereka bersiasat lain.

FLEUR! yang sebelumnya dikenal dengan nama Flower Girls, adalah band rock yang dihuni oleh tiga dara: Tanya Ditaputri (gitar, vokal), Tika Pramesti (dram, vokal), dan Yuyi Trirachma (bass, vokal). Mereka mengaku bahwa keadaan yang stagnan menjadi sumber inspirasi mereka bertiga. Kesan itu berawal yang dirasakan Yuyi saat menyimak debat Pilkada dengan isi yang sama, berulang, dan nggak berubah. Yuyi menuangkan kejenuhannya menjadi tema lirik dengan pendekatan “curhat” kepada seorang sahabat.

“Waktu itu Yuyi telepon, kasih tahu kalau punya tema lagu setelah nonton debat Pilkada yang ngalor ngidul. ‘Lagu lama!’ Seperti itu katanya,” tutur Tanya Ditaputri menjelaskan. Yoi “lagu lama kaset kusut” kalau kata orang-orang alias same old shit… hehehe.

Sebuah single kedua berjudul ‘Lagu Lama’ akhirnya dirilis FLEUR! pada hari ini, Rabu, 23 September 2020.

Lewat ‘Lagu Lama’ ini pula FLEUR! menawarkan aransemen musik rock yang lebih galak dari single sebelumnya, yang dikemas dengan suara gitar kasar dan melodi garang yang dimainkan Tanya. Proses rekaman gitar dibantu oleh Wahyu Sudiro (eks-TRIAD) dan sentuhan akhir mixing dan mastering yang digarap oleh Viki Vikranta (Kelompok Penerbang Roket).

“Kami memilih lagu ini menjadi single karena lagu ini bisa mewakili sisi maskulin dari FLEUR! yang feminin,” ujar Yuyi Trirachma.

Sampul single FLEUR! 'Lagu Lama'.
Sampul single FLEUR! ‘Lagu Lama’.

Di sektor visual, sampul ‘Lagu Lama’ dipotret oleh fotografer Yogi Kusuma.

Tika Pramesti menambahkan bahwa merilis lagu ini merupakan jawaban FLEUR! menghadapi tantangan pandemi bagi musisi. “Kami juga berharap dengan merilis ‘Lagu Lama’ membuat FLEUR! tetap produktif dan bernyawa di masa sulit saat ini,” ujar Tika, dramer FLEUR! yang juga anggota band Indische Party.

‘Lagu Lama’ dirilis dalam bentuk digital dengan durasi 2 menit 50 detik. Versi audio bisa lo dengarkan lewat berbagai platform musik digital sejak tengah malam 23 September 2020. Sedangkan versi visualnya segera dirilis 10 hari sejak perilisan audionya.

Selamat mendengarkan lagu rock and roll bernuansa retro ala FLEUR! yang gurih nan renyah di bawah ini.

Oh iya di Spotify juga sudah ada loh… let’s go!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Motorhead

    Motorhead Hampir Gelar 'Farewell Show' Jauh Sebelum Jadi Legenda

    Motorhead circa 1981. (Foto: dok. Motorhead). Motorhead memang sudah 'tutup buku' sejak sang komandan Lemmy Kilmister tutup usia pada 24 Desember 2015 silam

    on Jul 6, 2021
    Diskoria

    Diskoria, FLEUR! & Tara Basro Menjadi Anthem Pesta Via 'Suara Disko'

    Diskoria kembali membuktikan produktivitas musikal mereka yang terus "on". Duo disjoki Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat hampir selalu tidak pernah luput dar

    on Jul 2, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    AC/DC

    AC/DC 'Highway To Hell' Dicover Sempurna Bocah 7 Tahun, Keren Gila!

    AC/DC cover? Lagu-lagunya tentu sudah ribuan kali di-cover oleh ribuan orang di dunia. Tetapi akan menarik ceritanya jika yang meng-cover adalah seorang bo

    on Jun 4, 2021