×
×

Search in Mata Mata Musik

Fortnite Bisa Dituntut Bayar Royalti Musik Populer

Posted on: 04/30/19 at 12:03 pm

“Sangat penting bagi kami memiliki tingkat permainan yang sama.”

Beberapa musisi dilaporkan akan meluncurkan upaya untuk menggunakan undang-undang hak cipta baru demi memperoleh potongan royalti dari musik yang ditampilkan dalam dunia online gaming yang sangat populer.

Baca Juga: Richard Reed Parry dari Arcade Fire Umumkan Album Baru

PRS for Music (organisasi yang memastikan sekitar 140.000 penulis lagu, komposer dan penerbit menerima royalti di seluruh dunia) mengatakan pembayaran mengalami kenaikan yang memecahkan rekor ke angka 746 juta pound sterling tahun lalu.

Sementara PRS memperoleh royalti dari 11,2 triliun penampilan musik, termasuk streaming dan unduhan, organisasi ini mencatat kenaikan sebesar 70% pada 2017.

Tetapi ketika artis-artis seperti Marshmello mulai menggelar pertunjukan siber di permainan seperti Fortnite, Chief Executive PRS Robert Ashcroft mengatakan dia sedang menyelidiki apakah perjanjian lisensi harus disetujui untuk penggunaan musik dalam permainan multi-pemain – dengan Fortnite saat ini memiliki sekitar 250 juta pengguna tercatat di seluruh dunia.

Menurut The Guardian, Ashcroft percaya bahwa Pedoman Hak Cipta Eropa (European Copyright Directive) bisa saja menjadikan online gaming sebagai sumber pendapatan royalti musik untuk pertama kalinya.

Peraturan baru ini, yang ditentang oleh platform seperti Google dan Facebook, memungkinkan para raksasa teknologi harus mendapatkan lisensi dari industri musik sebelum diizinkan menggunakan konten mereka secara online.

“Kami saat ini melisensikan banyak layanan digital, seperti YouTube Music, sudah,” kata Ashcroft.

“Sangat penting bagi kami memiliki tingkat permainan yang sama untuk layanan ini yang belum kami miliki lisensinya, seperti musik yang digunakan di pasar online gaming multi-pemain besar, seperti Fortnite. Itu adalah salah satu bidang yang akan kami selidiki. Apakah itu termasuk dalam ketentuan undang-undang yang baru? Apakah itu peluang [untuk pendapatan lisensi]? [Undang-undang baru ini] mengklarifikasi tanggung jawab platform teknologi utama untuk membayar penggunaan materi hak cipta oleh mereka.”

Hal ini muncul setelah terungkap bahwa pendapatan royalty dari lagu-lagu yang dimainkan di platform streaming besar seperti Spotify dan Apple Music telah naik menjadi 145,7 juta pound sterling.

Keterangan Foto Utama: Marshmello belum lama ini menggelar konser pertama di Fortnite. (Foto: YouTube/Fortnite)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Neil Young

    Neil Young Menjual Separuh Hak Cipta Dari 1.180 Lagu Asli Yang Ditulis...

    Neil Young. (Foto: Debi Del Grande). Neil Young adalah artis terkemuka terbaru yang menandatangani surat perjanjian hak penerbitan musik, yang memperkuat tr

    on Jan 7, 2021
    Juice WRLD

    Album Anumerta Juice WRLD, ‘Legends Never Die’, Telah Dirilis, Str...

    Legends Never Die, album anumerta pertama dari almarhum emo rapper Juice WRLD, telah resmi dirilis. Dengarkan album yang sangat dinanti-nantikan itu di uju

    on Jul 11, 2020
    G-Eazy & Marshmello.

    Rapper G-Eazy Kembali Nyanyi di ‘Stan By Me’, Lagu Yang Diproduser...

    G-Eazy dan Marshmello. (Foto: Iggy Azalea). Rapper G-Eazy telah merilis lagu baru berjudul ‘Stan By Me’ yang diproduksi oleh DJ/produser musik bertopeng

    on Jun 1, 2020
    Marshmello & Halsey

    Marshmello Tantang Fans Bikin Video ‘Be Kind’, Lagunya Bersama Hal...

    Marshmello dan Halsey. (Foto: Peter Donaghy). Di tengah masa krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, DJ/produser musik bertopeng Marshmello baru-baru

    on May 25, 2020