×
×

Search in Mata Mata Musik

Fortnite Bisa Dituntut Bayar Royalti Musik Populer

Posted on: 04/30/19 at 12:03 pm

“Sangat penting bagi kami memiliki tingkat permainan yang sama.”

Beberapa musisi dilaporkan akan meluncurkan upaya untuk menggunakan undang-undang hak cipta baru demi memperoleh potongan royalti dari musik yang ditampilkan dalam dunia online gaming yang sangat populer.

Baca Juga: Richard Reed Parry dari Arcade Fire Umumkan Album Baru

PRS for Music (organisasi yang memastikan sekitar 140.000 penulis lagu, komposer dan penerbit menerima royalti di seluruh dunia) mengatakan pembayaran mengalami kenaikan yang memecahkan rekor ke angka 746 juta pound sterling tahun lalu.

Sementara PRS memperoleh royalti dari 11,2 triliun penampilan musik, termasuk streaming dan unduhan, organisasi ini mencatat kenaikan sebesar 70% pada 2017.

Tetapi ketika artis-artis seperti Marshmello mulai menggelar pertunjukan siber di permainan seperti Fortnite, Chief Executive PRS Robert Ashcroft mengatakan dia sedang menyelidiki apakah perjanjian lisensi harus disetujui untuk penggunaan musik dalam permainan multi-pemain – dengan Fortnite saat ini memiliki sekitar 250 juta pengguna tercatat di seluruh dunia.

Menurut The Guardian, Ashcroft percaya bahwa Pedoman Hak Cipta Eropa (European Copyright Directive) bisa saja menjadikan online gaming sebagai sumber pendapatan royalti musik untuk pertama kalinya.

Peraturan baru ini, yang ditentang oleh platform seperti Google dan Facebook, memungkinkan para raksasa teknologi harus mendapatkan lisensi dari industri musik sebelum diizinkan menggunakan konten mereka secara online.

“Kami saat ini melisensikan banyak layanan digital, seperti YouTube Music, sudah,” kata Ashcroft.

“Sangat penting bagi kami memiliki tingkat permainan yang sama untuk layanan ini yang belum kami miliki lisensinya, seperti musik yang digunakan di pasar online gaming multi-pemain besar, seperti Fortnite. Itu adalah salah satu bidang yang akan kami selidiki. Apakah itu termasuk dalam ketentuan undang-undang yang baru? Apakah itu peluang [untuk pendapatan lisensi]? [Undang-undang baru ini] mengklarifikasi tanggung jawab platform teknologi utama untuk membayar penggunaan materi hak cipta oleh mereka.”

Hal ini muncul setelah terungkap bahwa pendapatan royalty dari lagu-lagu yang dimainkan di platform streaming besar seperti Spotify dan Apple Music telah naik menjadi 145,7 juta pound sterling.

Keterangan Foto Utama: Marshmello belum lama ini menggelar konser pertama di Fortnite. (Foto: YouTube/Fortnite)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

American Music Awards 2019

AMA 2019: Taylor Swift, BTS dan Khalid Menang Besar!

American Music Awards (AMA) 2019 digelar semalam (24/11). Acara bertabur bintang yang dipandu oleh Ciara merayakan bintang-bintang, lagu dan album terbesar tah

on Nov 25, 2019
Martin Garrix

Martin Garrix Dianugerahi Best Electronic di Ajang MTV EMAs 2019

Tak lama setelah merilis single kolaborasi dengan Dean Lewis “Used to Love,” Martin Garrix memenangkan titel Best Electronic di acara penghargaan paling be

on Nov 5, 2019
Marshmello

Marshmello Jadi Musisi dengan Subscriber Terbanyak Ketiga di YouTube

Minggu lalu, saluran YouTube Marshmello berhasil mencatat lebih dari 40 juta subscriber, menjadikannya musisi dengan subscriber terbanyak ketiga dan menggeser

on Oct 28, 2019
Taylor Swift, Camila Cabello dan Lizzo

Taylor Swift Pimpin Konser Amal We Can Survive 2019

Taylor Swift, Camila Cabello dan Lizzo mengisi lineup paling ‘ngepop’ tahun ini dalam konser amal yang digelar di Los Angeles, California pada hari Sabtu k

on Oct 21, 2019