×
×

Search in Mata Mata Musik

Galaksi Palapa – Kelompok Penerbang Roket

Posted on: 02/10/19 at 10:30 pm

Spacerock dari Kelompok Penerbang Roket yang berugal-ugalan di luar angkasa.

Kelompok Penerbang Roket adalah salah satu band yang penampilannya sangat ditunggu oleh penggemarnya untuk ugal-ugalan di moshpit. Tentunya penggemar trio rock asal ibukota ini haus akan materi-materi baru dari Coki, Rey, dan Viki. Pasalnya, terakhir kali merilis album yaitu pada pertengahan 2015 yang bertajuk HAAI.

Pada malam Halloween 2018, mereka akhirnya merilis mini album Galaksi Palapa. Setelah mengetahui judul albumnya, imajinasi langsung membawa saya seolah mereka bertiga terbang ke luar angkasa menggunakan roket milik Elon Musk untuk melihat peperangan Star Wars secara langsung. Entah mengapa dan terdengar cukup sotoy. Ya, imajinasi saya tentunya melenceng dari cerita sebenarnya yang dimaksudkan album ini.

Sebagai penikmat kemudahan aplikasi music streaming, saya cukup kesal dengan tidak tersedianya album terbaru mereka di layanan tersebut. Karena itu, saya langsung mencari tahu alasannya. Ternyata memang album ini sengaja dibuat dalam bentuk CD dan vinyl saja untuk lebih menikmati musik bersamaan dengan ilustrasi yang dibuat oleh Agung Budi, seorang seniman muda asal Banjarmasin.

Baca Juga: O.M – Mooner

Tentunya eksplorasi dilakukan musisi untuk setiap album barunya. Hal tersebut juga dilakukan oleh Kelompok Penerbang Roket. Semakin ke sini saya rasa KPR membawa nuansa psychedelic yang semakin kental tapi tetap dalam ranah rock. Ditambah pula alunan-alunan space rock yang semakin memastikan bahwa mereka ingin berugal-ugalan di luar angkasa. Sebut saja pada lagu pembuka album ini yang berjudul “Ekspedisi 69.” Sebuah instrumental dan angka dari judul tersebut yang cukup ‘bagus’.

Begitu juga pada lagu “Dusta”, “Ironi” serta “Berita Angkasa” yang direkam ulang. Tidak lupa dengan lagu “Alpha Omega,” tanpa hentakan drum yang lirik dan permainan synthesizer dilakukan oleh Viki. Album ini sangat layak untuk dibeli karena ilustrasi yang dibuat oleh Agung sangat cocok untuk dinikmatisecara berbarengan. Ilustrasinya dibuat dalam bentuk booklet seperti sebuah komik dengan alur cerita tanpa ada percakapan.

Konsep album ini terlihat cukup matang dari segala aspek mulai dari perilisannya yang hanya dalam bentuk fisik serta dari promosinya seperti dokumenter pembuatan  Galaksi Palapa yang ditayangkan di beberapa kota, sampai terakhir adalah video live session terkonsep secara visual sebagai representasi dari cerita album ini yang diberi tajuk BA-11A: Opera di Galaksi Palapa.

Verdict: 7.5/10.
Siap menunggangi roket untuk pencarian planet baru?

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kelompok Penerbang Roket Vs Ash-Shur

Turnamen Babak 3 – Side A: Kelompok Penerbang Roket Vs Ash-Shur. Vot...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 25, 2020
Turnamen Lagu Rock Indonesia

Turnamen Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020 Babak 3 – Vote 4 Battle!

Diagram Turnamen Lagu Rock Indonesia Babak 3. Hasil Voting dan Pemenang Turnamen Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020 Babak 1 yang menghasilkan 4 battle di bawa

on Aug 25, 2020
KPR vs Sukamaju

Turnamen Babak 2 – Side A: Kelompok Penerbang Roket Vs Sukamaju. Vot...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 13, 2020
Kelompok Penerbang Roket Vs .Feast

Turnamen Babak 1 – Side A: Kelompok Penerbang Roket Vs .Feast. Vote ...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter kamu atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 5, 2020