×
×

Search in Mata Mata Musik

Gary Holt Sempat Marah Saat Kirk Hammett Pakai Ref Lagu Exodus Di Lagu Metallica

Posted on: 08/28/20 at 7:00 am

Gary Holt Sempat Marah Saat Kirk Hammett Pakai Ref Lagu Exodus Di Lagu Metallica
Kirk Hammett dan Gary Holt.

Kembali pada bulan Juli 2020 lalu, gitaris Metallica, Kirk Hammett berbagi cerita lucu tentang bagaimana mendiang vokalis pertama Exodus, Paul Baloff menuangkan bir ke kepala Kirk ketika doi mengumumkan undur diri dari Exodus demi bergabung ke Metallica pada tahun 1983:

Baca juga: Kirk Hammett Ternyata Lagi Boker Pada Saat Diajak Gabung Ke Metallica

“Saat itu tanggal 1 April, Hari April Mop, dan gue lagi “boker” di toilet (anjay! -Ed.). Gue mendapat telepon dari (engineer-nya Metallica) Mark Whittaker, dan setelah gue menutup telepon, gue bilang, ‘Gue nggak percaya kalau gue baru saja mendapat panggilan itu. Apakah ini lawakan April Mop?’ Beberapa hari kemudian gue mendapat sebuah kaset dari mereka, tetapi gue sudah memiliki demo tape mereka dan gue sudah tahu dua pertiga dari lagu-lagu di dalamnya”.

Kirk Hammett melanjutkan ceritanya, “Gue memberi tahu teman-teman gue di Exodus dan mereka marah. Mereka sangat marah. Gue ingat Paul Baloff (vokalis Exodus saat itu -Ed.) sangat marah sehingga dia menuangkan bir di atas kepala gue. Dia bilang, ‘(dengan suara marah-kecewa) Gue nggak percaya lo berani ngelakuin ini, Kirk’, dan kemudian menuangkan birnya lagi ke atas kepala gue. Gue hanya mengambilnya dan menjawab, ‘Ya, ya, gue ngerti kok…’”.

Sekarang peran Kirk Hammett yang sering dilupakan di Exodus telah muncul kembali di media, kali ini melalui mantan rekan band Kirk Hammett di Exodus, Gary Holt. Saat berbicara kepada Metal Hammer, gitaris Exodus itu menceritakan betapa marahnya doi ketika doi pertama kali mendengar refrain dari lagu ‘Die By His Hand’ milik Exodus yang belum pernah dirilis secara resmi, muncul di lagu klasik Metallica ‘Creeping Death’ tanpa seizin sang pencipta lagu, Gary Holt:

“Gue ingat menelepon Kirk dan menegurnya dengan keras. Doi bilang, ‘Ah, gue rasa gue (pernah) nanya ke lo apakah itu OK’. Gue yang seperti, ‘Nggak, lo nggak (nanya)’.

“Jadi gue merasa senang, dan gue menggunakan istilah itu dengan bebas, melihat 60.000 orang menyanyikan ‘Die by my hand!’ di konser Metallica, tapi gue nggak pernah menerima sepeser pun dari situ”.

Baca juga: Metallica Cetak Sejarah dengan The Black Album

Tentu saja, Gary Holt baik-baik saja, Exodus cukup sukses kok, dan doi menjabat sebagai pengganti Jeff Hanneman di Slayer selama beberapa tahun, kita hanya bisa membayangkan betapa menyengatnya hal itu, apalagi menyadari fakta bahwa Metallica, jelas, band yang sangat besar dan Exodus sepertinya nggak pernah bisa sebesar itu. Mungkin Gary Holt dan Dave Mustaine harus membentuk band tandingan yang terdiri dari para mantan personil Metallica.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Extreme Moshpit Awards

Daftar Pemenang Penghargaan Spesial Musik Cadas: Extreme Moshpit Award...

Extreme Moshpit adalah media musik cadas Indonesia yang bergerak sejak 2007. Selain mewujudkan gerakan baru tradisi fanzine dan media di ranah musik ekstri

on Dec 3, 2020
Nick Menza

Film Dokumenter Resmi Nick Menza, Alm. Mantan Dramer Megadeth Siap Dil...

Nick Menza. (Foto: Facebook/Megadeth). Screaming Butterfly Entertainment yang berbasis di West Virginia, Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan sebuah film

on Dec 1, 2020
Metallica

Metallica Kumpulkan Rp 18,3 Miliar Dari Konser & Lelang Online “Help...

Metallica. Konser & Acara Lelang Helping Hands 2020 Metallica yang disiarkan secara live streaming yang digelar untuk aktivitas sosial All Within My Han

on Nov 27, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020