×
×

Search in Mata Mata Musik

Gary Holt Sempat Marah Saat Kirk Hammett Pakai Ref Lagu Exodus Di Lagu Metallica

Posted on: 08/28/20 at 7:00 am

Gary Holt Sempat Marah Saat Kirk Hammett Pakai Ref Lagu Exodus Di Lagu Metallica
Kirk Hammett dan Gary Holt.

Kembali pada bulan Juli 2020 lalu, gitaris Metallica, Kirk Hammett berbagi cerita lucu tentang bagaimana mendiang vokalis pertama Exodus, Paul Baloff menuangkan bir ke kepala Kirk ketika doi mengumumkan undur diri dari Exodus demi bergabung ke Metallica pada tahun 1983:

Baca juga: Kirk Hammett Ternyata Lagi Boker Pada Saat Diajak Gabung Ke Metallica

“Saat itu tanggal 1 April, Hari April Mop, dan gue lagi “boker” di toilet (anjay! -Ed.). Gue mendapat telepon dari (engineer-nya Metallica) Mark Whittaker, dan setelah gue menutup telepon, gue bilang, ‘Gue nggak percaya kalau gue baru saja mendapat panggilan itu. Apakah ini lawakan April Mop?’ Beberapa hari kemudian gue mendapat sebuah kaset dari mereka, tetapi gue sudah memiliki demo tape mereka dan gue sudah tahu dua pertiga dari lagu-lagu di dalamnya”.

Kirk Hammett melanjutkan ceritanya, “Gue memberi tahu teman-teman gue di Exodus dan mereka marah. Mereka sangat marah. Gue ingat Paul Baloff (vokalis Exodus saat itu -Ed.) sangat marah sehingga dia menuangkan bir di atas kepala gue. Dia bilang, ‘(dengan suara marah-kecewa) Gue nggak percaya lo berani ngelakuin ini, Kirk’, dan kemudian menuangkan birnya lagi ke atas kepala gue. Gue hanya mengambilnya dan menjawab, ‘Ya, ya, gue ngerti kok…’”.

Sekarang peran Kirk Hammett yang sering dilupakan di Exodus telah muncul kembali di media, kali ini melalui mantan rekan band Kirk Hammett di Exodus, Gary Holt. Saat berbicara kepada Metal Hammer, gitaris Exodus itu menceritakan betapa marahnya doi ketika doi pertama kali mendengar refrain dari lagu ‘Die By His Hand’ milik Exodus yang belum pernah dirilis secara resmi, muncul di lagu klasik Metallica ‘Creeping Death’ tanpa seizin sang pencipta lagu, Gary Holt:

“Gue ingat menelepon Kirk dan menegurnya dengan keras. Doi bilang, ‘Ah, gue rasa gue (pernah) nanya ke lo apakah itu OK’. Gue yang seperti, ‘Nggak, lo nggak (nanya)’.

“Jadi gue merasa senang, dan gue menggunakan istilah itu dengan bebas, melihat 60.000 orang menyanyikan ‘Die by my hand!’ di konser Metallica, tapi gue nggak pernah menerima sepeser pun dari situ”.

Baca juga: Metallica Cetak Sejarah dengan The Black Album

Tentu saja, Gary Holt baik-baik saja, Exodus cukup sukses kok, dan doi menjabat sebagai pengganti Jeff Hanneman di Slayer selama beberapa tahun, kita hanya bisa membayangkan betapa menyengatnya hal itu, apalagi menyadari fakta bahwa Metallica, jelas, band yang sangat besar dan Exodus sepertinya nggak pernah bisa sebesar itu. Mungkin Gary Holt dan Dave Mustaine harus membentuk band tandingan yang terdiri dari para mantan personil Metallica.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lars Urlich

Dramer Terbaik Sepanjang Masa, John Bonham Atau Neil Peart? Lars Urlic...

Lars Urlich (Metallica). (Foto: Greg Chow/Shutterstock). Dramer Metallica, Lars Urlich belum lama ini menjadi bintang tamu di program "The Howard Stern Show

on Sep 19, 2020
Miley Cyrus

Kata Miley Cyrus Album Barunya Bakal Cadas dan Terinspirasi Oleh Metal...

Miley Cyrus memang popstar rasa rocker. Meski dikenal sebagai salah satu popstar terbesar di planet ini, bagi fans loyal yang mengenal betul gaya dan jiwa a

on Sep 12, 2020
Mitch Harris

Band Baru Mitch Harris (Napalm Death) & Dirk Verbeuren (Megadeth) Siap...

Brave The Cold: Mitch Harris dan Dirk Verbeuren. (Foto: Mission Two Entertainment). Akhirnya, terjawab sudah pertanyaan para fans Napalm Death tentang absen

on Sep 10, 2020
Metallica

Metal Up Yer Ass! Metallica 'S&M2' Kalahkan Katy Perry 'Smile' Menurut...

Katy Perry Smile Versus Metallica S&M2. Pada 28 Agustus lalu, Metallica merilis album live kolaborasi kedua mereka dengan San Francisco Symphony berjudu

on Sep 8, 2020