×
×

Search in Mata Mata Musik

Gene Simmons (KISS) Anggap “Rock Sudah Mati” dan Puji Billie Eilish & Lady Gaga

Posted on: 01/3/21 at 11:00 am

Gene Simmons (KISS) Anggap “Rock Sudah Mati” dan Puji Billie Eilish & Lady Gaga
Gene Simmons. (Foto: Harry How/Getty Images).

Bassis/vokalis KISS, Gene Simmons mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa “rock sudah mati”, dengan mengatakan bahwa “band-band baru belum meluangkan waktu untuk menciptakan glamour, kegembiraan, dan hal-hal epik”.

Baca juga: Tukang Pos Berdandan Ala Gene Simmons (KISS) Sebar Semangat Selama Pandemi

Meski rock and roll telah menjadi raja dunia musik selama beberapa dekade, dalam beberapa tahun terakhir, rock and roll telah tergeser oleh popularitas hip-hop yang semakin meningkat. Hal ini menyebabkan banyak pakar memproklamasikan genre rock telah “mati” dari perspektif industri, mencatat bahwa genre ini telah dikalahkan dalam semua tolok ukur kesuksesan genre pop, hip-hop, dan EDM.

Gene Simmons berbicara tentang status rock yang seharusnya semakin berkurang dalam sesi wawancaranya baru-baru ini dengan Gulf News. Menyikapi seluruh debat “rock sudah mati”, Om Gene mengatakan: “Rock sudah mati. Dan itu karena band-band baru belum meluangkan waktu untuk membuat hal-hal yang glamor, bersemangat, dan epik. Maksud gue, FOO FIGHTERS adalah band yang hebat, tapi itu band yang berusia 20 tahun. Jadi lo bisa kembali ke tahun 1958 hingga 1988. Itu 30 tahun. Selama waktu itu, kita memiliki Elvis (Presley), THE BEATLES, Jimi Hendrix, ROLLING STONES, dan seterusnya. Dalam disko, lo punya Madonna, kemudan hard rock, AC/DC, mungkin kami (KISS), beberapa lainnya. Motown, semua musik hebat itu. Dari 1988, hingga hari ini, itu lebih dari 30 tahun. Kasih tahu gue siapa “BEATLES yang baru”. Lo nggak bisa. Ada band-band populer. BTS sangat populer. Semua jenis band sangat populer. (Tapi) itu bukan berarti ikonik dan warisan dan sepanjang masa. Itu berbeda”.

Ditanya apakah menurutnya waktu akan memberi tahu apakah beberapa band akan menjadi ikonik dalam 30 tahun ke depan, Gene Simmons menjawab: “Gue ragu. Karena singularitas THE BEATLES adalah band yang menulis lagu mereka sendiri, mengaransirnya sendiri, memproduksinya. sendiri, sebagian besar memainkan semua instrumennya sendiri. Tanpa backing track. Nggak ada peningkatan digital. Nggak ada koreksi vokal. Ya, nggak akan terjadi lagi. Lo tahu, artis modern sangat bergantung pada teknologi. Lo mungkin nggak bisa mengenali artisnya jika mereka merekam diri mereka sendiri bernyanyi di kamar mandi. Lo akan terkejut. Dan nggak ada rapper yang memainkan alat musik. Nggak menulis lagu. Mereka menulis kata-kata. Tapi kord, melodi, harmoni, dan sebagainya. Itu bukan berarti rap itu nggak ada yang penting. Itu sangat penting. Tapi itu bukan THE BEATLES”.

Gene Simmons melanjutkan dengan mengatakan bahwa doi mencintai semua artis pop kontemporer. “Menurut gue Billie Eilish fantastis,” katanya. “Dia menarik karena dia dan saudara laki-lakinya benar-benar menulis materi dan unik untuk diri mereka sendiri. Lady Gaga luar biasa di kategori wanita. Dia menulis materinya sendiri, dia bisa menyanyi nggak seperti siapa pun. Tapi dia sebenarnya adalah seorang musisi, menulis lagunya sendiri, bermain piano, dia benar-benar bisa melakukannya. Seluruh dunia bereaksi terhadap banyak diva pop, meskipun kebanyakan mereka nggak menulis lagu mereka sendiri dan nggak bisa memainkan alat musik. Dan ngomong-ngomong, nggak apa-apa, juga. Nggak peduli apa yang lo suka. Tapi itu bukanlah THE BEATLES”.

Argumen “rock sudah mati” telah muncul berulang kali selama bertahun-tahun, termasuk pada 2018 setelah vokalis Maroon 5, Adam Levine mengatakan kepada majalah Variety bahwa “musik rock nggak ada di mana-mana. Gue nggak tahu di mana itu,” katanya. “Jika ada, nggak ada yang mengundang gue ke pestanya. Semua inovasi dan hal luar biasa yang terjadi dalam musik ada di hip-hop. Ini lebih baik dari yang lainnya. Hip-hop itu aneh dan avant-garde dan cacat dan nyata, dan itulah mengapa orang menyukainya”.

Beberapa tahun yang lalu, Gene Simmons memberi tahu majalah Esquire bahwa “rock nggak mati karena usia tua. Itu dibunuh. Beberapa kecemerlangan, di suatu tempat, akan diekspresikan dan sekarang nggak akan terlihat karena itu jauh lebih sulit untuk mencari nafkah dengan bermain dan menulis lagu. Nggak ada yang akan membayar lo untuk melakukannya”.

Baca juga: Gene Simmons KISS Dituntut Atas Dugaan Pelecehan Seksual

Sejumlah musisi hard rock dan heavy metal telah mempertimbangkan topik tersebut dalam berbagai wawancara selama beberapa tahun terakhir, dengan beberapa musisi yang menggali lebih dalam tentang pernyataan lengkap Gene immons, sementara lainnya mengacuhkannya dan menganggap pernyataannya nggak sepenuhnya benar.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Marco Hietala

Jengah Dengan Industri Musik, Marko Hietala Hengkang Dari Nightwish

Nightwish circa 2020. (Foto: dok. Nuclear Blast). Bassis yang sudah lama berpetualang dalam dunia heavy metal bersama Nightwish, Marko Hietala telah resmi m

on Jan 12, 2021
Phil Labonte dan John Cooper

Phil Labonte & John Cooper Kritik Keras Pemblokiran Akun Media Sosial ...

Phil Labonte (All That Remains) dan Skillet's John Cooper (Skillet). Vokalis All That Remains Phil Labonte dan vokalis Skillet John Cooper kompak mengutuk p

on Jan 12, 2021
Iced Earth

Jon Schaffer (Iced Earth) Dicari FBI & Polisi Karena Terlibat Insiden ...

Iced Earth, Jon Schaffer - kedua dari kanan. (Foto: dok. Century Media). Gitaris Iced Earth, Jon Schaffer termasuk di antara ratusan orang yang menyerbu ged

on Jan 10, 2021
Gus G.

Gus G. (Firewind, eks-Ozzy Osbourne) Meluncurkan Perusahaan Pickup Git...

Gus G. (Foto: dok. AFM Records). Gitaris virtuoso berdarah Yunani, Gus G., yang beken lewat karyanya di band heavy metal Firewind dan pernah memperkuat band

on Jan 9, 2021