×
×

Search in Mata Mata Musik

Gilby Clarke Ungkapkan Bagaimana Grunge Pengaruhi Guns N’ Roses Di Era 1990-an

Posted on: 01/24/21 at 11:00 am

Gilby Clarke Ungkapkan Bagaimana Grunge Pengaruhi Guns N' Roses Di Era 1990-an
Gilby Clarke. (Foto: Ethan Miller/Getty Images).

Mantan gitaris Bedil Karo Mawar…eh…Guns N’ Roses (GN’R), Gilby Clarke baru-baru ini cakap-cakap (“Metal” banget alias Melayu Total, hehe) dengan 80’s Metal Recycle Bin tentang bagaimana fenomena genre alternative rock terutama grunge di awal 1990-an memaksa sebagian besar band hard rock tergeser hingga keluar dari radio dan MTV, dengan anjloknya penjualan album dan tiket konser selama tur.

Baca juga: MataMata Musik: Top 20 Album Hard Rock & Heavy Metal Terbaik Tahun 2020

Ada banyak pembicaraan tentang perubahan iklim (industri musik) itu, banyak banget,” kata Gilby. “Karena, jelas, Axl (Rose, vokalis GN’R) selalu mengontrol situasi yang terjadi saat itu. Dia menyukai Nirvana, dia menyukai Soundgarden, dia menyukai Pearl Jam. Dia lebih menyukai banyak dari band-band itu daripada, yah katakanlah, gue sendiri, Slash (gitaris GN’R) dan Duff (McKagan, bassis GN’R), kami sedikit lebih lambat untuk menyikapi perubahan itu.

Menurut gue saat kami benar-benar menyadari perubahan besar adalah saat kami selesai tur,” lanjutnya. “Gue sudah membuat rekaman album solo, Slash membuat rekaman album solo. Kami bermain di stadion selama satu tahun, dan tahun depannya kami bermain di klub. Kadang-kadang teater dan semacamnya, tapi dua atau tiga tahun sebelumnya, dan band solo Slash seharusnya bermain di sebuah arena. Jadi kami bisa memastikan bahwa iklim telah berubah pada saat itu.

Gue ingat satu hal yang melekat pada Slash dan gue ketika kami keluar dari Rainbow (klub di West Hollywood, California) suatu kali. Dan ini mungkin sekitar tahun 1992 (atau) 1993. Dan seseorang melihat Slash dan bilang, “Ya Tuhan. Lihat, itu Slash”. Tapi mereka tertawa, seolah dia tokoh kartun, bukan Slash dari Guns N’ Roses, yang, tiga atau empat tahun sebelumnya, adalah seorang bajingan paling keren di planet ini.

Jadi itu adalah beberapa hal yang kami bisa bilang bahwa banyak hal berubah sedikit. Beberapa band mulai menjadi tokoh kartun kecil ketimbang memiliki kredibilitas musik.

Gilby Clarke pertama kali gabung ke formasi GN’R pada tahun 1991 sebagai pengganti gitaris dan salah satu pendiri band ini, Izzy Stradlin dalam masa tur “Use Your Illusion”, dan bertahan dengan band ini selama tiga tahun. Setelah keluar dari GN’R, Clarke melanjutkan kariernya sebagai produser dan artis solo, sambil juga bermain di Slash’s Snakepit, Rock Star Supernova, Heart dan bersama artis lainnya.

Clarke, bersama dengan Slash, McKagan, dan mantan dramer GN’R, Steven Adler dan Matt Sorum, membawakan tiga lagu dari album Appetite For Destruction bersama Myles Kennedy di seremoni induksi GN’R di Rock And Roll Hall Of Fame pada April 2012 di Cleveland, Ohio. Kennedy, sang vokalis utama di band solo Slash dan Alter Bridge, menyanyikan ‘Mr. Brownstone’, ‘Sweet Child O ‘Mine’ dan ‘Paradise City’. Sang dramer era “Use Your Illusion” Matt Sorum tampil di lagu ‘Mr Brownstone’, sedang dramer orisinil GN’R yang digantikannya, Steven Adler, tampil di dua lagu lainnya.

Album solo baru Gilby Clarke, The Gospel Truth, akan dirilis akhir tahun ini melalui Golden Robot Records.

Baca juga: Slash Prediksi 2021 Album Baru Guns N’ Roses dan Slash Featuring Miles Kennedy

Untuk menyimak interview Gilby Clarke dengan 80’s Metal Recycle Bin selengkapnya ada di video berikut.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Guns N' Roses

    Guns N' Roses Umumkan Perilisan EP Terbaru Februari Tahun Depan

    Sampul EP GNR terbaru. Setelah merilis 'ABSUЯD” pada bulan Agustus lalu, gerombolan hard rock paling berbahaya Guns N’ Roses (GNR) kembali merilis lagu

    on Sep 27, 2021
    Guns N' Roses

    Guns N' Roses Luncurkan Versi Studio 'Absurd' Sebagai Single Resminya

    Axl Rose (Foto: Mark Horton/Getty Images). Guns N’ Roses (GN'R) telah meluncurkan versi studio dari lagu “baru” mereka yang berjudul 'Absurd'. Lagu in

    on Aug 6, 2021
    John Mayer

    John Mayer Rilis MV Single Baru Yang Merujuk GNR 'Sweet Child O'Mine'

    John Mayer (Foto: via YouTube). John Mayer baru saja merilis single 'Last Train Home' dari album barunya, yang disertai MV (Music Video). Kalau lo sudah men

    on Jun 5, 2021
    Suspect208

    Suspect208 (Band Rock Anaknya Slash, Robert Trujillo) Bubar!

    Suspect208 bubar! Band rock muda yang menampilkan putranya Slash (Guns N' Roses) dan Robert Trujillo (Metallica), dan sempat dihuni oleh putra mendiang vok

    on May 25, 2021