×
×

Search in Mata Mata Musik

Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

Posted on: 10/20/20 at 11:00 am

Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll
Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen.

Dua gitar listrik yang menjadi senjata andalan sang ‘guitar god’ Eddie Van Halen akan dilelang. Gitar frankenstrat Eddie Van Halen akan menjadi tajuk utama acara lelang yang digelar oleh Julien’s.

Baca juga: 10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guitar God

Kedua gitar Eddie Van Halen yang dilelang nanti mirip dengan gitar Frankenstrat aslinya yang ikonik. Seperti aslinya, kedua gitar ini dirakit dan didekorasi oleh Eddie Van Halen sendiri, seperti yang terlihat pada gambar di atas yang diberikan oleh Julien’s.

Gitar pertamanya adalah EVH Charvel Art Series 2004, neck-nya berbahan kayu maple dan fingerboard-nya memiliki headstock bergaya Strat. Bodi hitam-putihnya ditandatangani oleh Eddie Van Halen dan diberi inisial “VH 04” di samping sebuah ukiran dari tulisan tangannya sendiri yang bertuliskan, “San Antonio Texas / 9-28-04”, menandakan konser di mana Eddie memainkan gitar tersebut. Tersemat pick-up humbucker EVH yang memiliki bukti adanya luka bakar rokok. Lo tahu lah, Eddie sering kali tampil bermain gitar sambil merokok, doi memang perokok berat.

Gitar keduanya adalah hasil kolaborasi antara Eddie Van Halen dan teknisi gitarnya, Matt Bruck. Desain dan garis merahnya jelas menunjukkan penghormatan kepada Frankenstrat yang asli. Eddie Van Halen menghadiahkan gitar ini kepada teman dekatnya, Bryan Cash pada 1991 setelah memainkan gitar ini di Centenary Oyster House milik Cash di Shreveport, Louisiana, Amerika Serikat (AS). Di situ tertulis: “Yo – / Bryan / Let’s get / shucked / up / Eddie Van Halen / 5150”.

Eddie Van Halen hanya membuat beberapa gitar secara custom, jadi nggak mengherankan jika taksiran harga dari Julien’s untuk setiap instrumen tersebut adalah dari US$ 40.000 (Rp 587 juta) hingga US$ 80.000 (Rp 1,1 miliar). Sedangkan untuk Frankenstrat aslinya, gitar dan rig-nya terakhir ditampilkan dalam pameran di Metropolitan Museum of Art di New York City pada April 2019 lalu.

“Saat kami mempersiapkan daftar tahunan ‘Icons & Idols: Rock and Roll’, kami terkejut mendengar berita duka tentang meninggalnya Eddie Van Halen,” kata Presiden Lelang Julien Darren Julien dalam siaran pers. “Kami merasa terhormat untuk menyertakan di acara ini dua gitar ikonik dari kariernya yang cemerlang dan berkobar sebagai salah satu pahlawan gitar rock terbesar dan paling berbakat”.

Daftar pelelangan ini berisi tumpukan harta karun rock and roll. Benda musikal lainnya yang akan ditawarkan termasuk gitar Fender Stratocaster milik mendiang Kurt Cobain yang pernah dihancurkan pada saat konser Nirvana pada Februari 1994, manuskrip David Bowie, dan banyak lagi. Kurt Cobain menghadiahkan gitar tersebut kepada anggota penonton setelah konsernya di Palais Omnisport de Rennes di Rennes, Perancis. Sekarang, gitar tersebut diperkirakan harganya dari US$ 60.000 (Rp 880 juta) hingga US$ 80.000 (Rp 1,1 miliar).

Barang penting lainnya ada sarung tangan kanan nilon putih yang dipakai mendiang Michael Jackson saat tur “Victory”, jaket yang dipakai Lady Gaga, patung Aerosmith MTV Video Music Award 1993, Manuskrip “US Tour IV” David Bowie dari tur 1974, gaun koktail vintage yang dikenakan oleh Madonna pada 1987; dan sabuk tanda Zodiac katun macrame hitam Elvis Presley. Dan akan lebih banyak lagi benda yang akan diumumkan.

Acara lelang “Icons & Idols: Rock and Roll” akan diadakan (online dan secara siaran langsung) mulai 4 hingga 6 Desember 2020 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, kunjungi situs web Julien’s: https://www.julienslive.com/m/signup.

Baca juga: Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson ‘Beat It’

Lihat secara close-up gitar Eddie Van Halen di bawah ini. Jika harga lelangnya terlalu mahal, dan lo mau beli gitar Eddie Van Halen model Frankenstrat dengan harga yang lebih terjangkau, klik di sini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

AC/DC

Album AC/DC "Power Up" Debut No. 1 Chart Billboard 200 Di AS, Australi...

AC/DC. (Foto: Columbia Records). Meski terbilang rocker gaek, sengatan elektrik AC/DC tetap bervoltase tinggi terhadap blantika musik rock dunia. Legenda ha

on Nov 24, 2020
Wolfgang Van Halen

Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, 'Distance' Via Video Tribute Unt...

Putra kandung semata wayang mendiang Eddie Van Halen, Wolfgang Van Halen telah meluncurkan single pertama dari proyek solo barunya Mammoth WVH. Berjudul 'D

on Nov 16, 2020
Suspect208

Band Rock Anak-Anaknya Slash, Scott Weiland & Robert Trujillo Debutkan...

Suspect208. (Foto: via London Hudson/Instagram). Suspect208 awal kemunculannya langsung terlihat ke permukaan. Ya iyalah, bagaimana nggak, mereka adalah ban

on Nov 15, 2020
AC/DC

Sambut Album "Power Up", AC/DC Kolab Dengan DC Shoes Rilis Sepatu dan ...

AC/DC x DC Shoes. Nampaknya memang klop banget kedua brand yang berbeda ini berkolaborasi. Yang satu legenda musik rock, satu lagi legenda sepatu olahraga d

on Nov 5, 2020