×
×

Search in Mata Mata Musik

Gitar Kurt Cobain di Konser MTV Unplugged Dilelang Laku Rp 85 Miliar

Posted on: 06/23/20 at 8:30 am

Kurt Cobain saat konser legendaris Nirvana, MTV Unplugged.
Kurt Cobain saat konser legendaris Nirvana, MTV Unplugged.

Gitar Kurt Cobain dari konser legendaris Nirvana di acara MTV Unplugged telah laku dijual dengan rekor harga senilai US$ 6.010.000 atau sekitar Rp 85 miliar lebih di pelelangan amal pada hari Sabtu lalu.

Baca juga: Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar

Gitar akustik-elektrik Martin D-18E tahun 1959 jauh melampaui harga perkiraan awalnya yang sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar. Penjualan itu menetapkan lima rekor dunia baru, termasuk gitar termahal yang pernah dijual dan memorabilia band termahal yang pernah dijual. Pembelinya adalah Peter Freedman, pendiri RØDE Microphones, yang berencana untuk menampilkan gitar dalam sebuah tur pameran di seluruh dunia, dengan semua hasil keuntungannya diberikan ke berbagai organisasi seni pertunjukan.

Selain instrumen itu sendiri, gitar itu juga dilengkapi dengan cangkang keras yang asli – dihiasi oleh Kurt Cobain dengan selebaran poster dari album tahun 1990 Poison Idea, Feel the Darkness, tiga potongan tiket klaim bagasi pesawat, dan stiker Alaska Airlines – serta satu pak senar gitar Martin milik Kurt Cobain yang baru setengah dipakai, tiga pick gitar, dan tas suede “simpanan” (mungkin untuk menyimpan ganja dan lainnya) dengan peralatan kecil.

Sebelum pelelangan itu, ada sedikit kontroversi seputar kepemilikan gitar. Selama beberapa tahun terakhir, putri Kurt Cobain Frances Bean dan jandanya Courtney Love telah berperang secara hukum untuk mengambil gitar dari mantan suaminya Frances Bean, Isaiah Silva, yang mengklaim dia diberi instrumen itu sebagai hadiah pernikahan. Secara teknis gitar dilelang oleh penjual anonim, tetapi baik Frances Bean maupun Courtney Love menganggap bahwa Isaiah Silva lah yang memutuskan untuk menjual gitar Kurt Cobain, mengabaikan pertengkaran keluarganya.

Ada banyak memorabilia Kurt Cobain untuk diperebutkan akhir-akhir ini. Pada tahun lalu saja, sweater yang dipakai Kurt Cobain saat tampil di konser MTV Unplugged yang tidak dicuci telah dilelang, rumah dulunya di Seattle, Washington DC, AS dengan Courtney Love juga dijual, dan perwakilan atas nama dirinya meluncurkan koleksi pakaian “Kurt Was Here” yang dikuratori oleh putrinya.

Baca juga: Kardigan Kurt Cobain Laku Seharga Rp4,7M di Acara Lelang

Patut dicatat juga bahwa gitar Martin D-18E milik Kurt Cobain bukan satu-satunya gitar terkemuka yang dilelang akhir pekan ini. Kemarin, gitar Blue Angel Cloud 2 milik legenda pop Prince dijual dengan harga US$ 563.500 atau sekitar Rp 7,9 miliar.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pas

PAS Band 'Sesungguhnya', Single Baru Setelah 12 Tahun Resesi

Pas Band. (Foto: via Facebook/Pas Band). Penantian para Passer (sebutan fans Pas Band) selama 12 tahun akhirnya terwujudkan melalui single baru Pas Band yan

on Nov 27, 2020
Ruang Kendali

Alt-Rocker Ruang Kendali Ajak Menyelami Ruang Pikir Via Single Debut '...

Ruang Kendali. Berusaha menjadi lebih baik mungkin tujuan semua orang. Dalam beberapa agama pun dianjurkan demikian. Bahkan beragama atau pun tidak, stateme

on Nov 20, 2020
Antartick

Alt-Rocker Asal Bogor Antartick Luncurkan Album Perdana "The Lone Whit...

Antartick. Empat tahun berjalan di scene musik indie, tiba saatnya Antartick merilis album perdana mereka bertajuk The Lone White Wolf. Sebagai pembuka, ban

on Nov 18, 2020
TheMilo

Themilo Siap Arsipkan Album "Let Me Begin" & "Photograph" Ke Platform ...

Dua puluh empat tahun Themilo menyusuri lanskap musik alternatif pop dan rock di scene nasional, dan api untuk tetap menghadirkan sesuatu nggak serta merta

on Nov 13, 2020