×
×

Search in Mata Mata Musik

Gitar Peninggalan Johnny Ramone Terjual Hampir Rp 14 M Dalam Lelang

Posted on: 09/30/21 at 10:00 am

Ramones, Johnny Ramone
Mosrite Venture II, gitar utama yang dipakai Johnny Ramone.

Gitar listrik bermerek Mosrite Ventures II keluaran tahun 1965 milik Johnny Ramone dikabarkan terjual seharga hampir US$1 juta dalam sebuah acara lelang. Ini adalah gitar utama yang digunakan oleh mendiang sang legenda Ramones selama dua dekade. Meskipun sempat mengalami kasus pencurian yang “membersihkan” sebagian besar peralatan milik band pada tahun 1983, untungnya gitar ini selalu lolos terselamatkan.

Baca juga: 10 Lagu Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

Gitar tersebut dijual oleh Daniel Ray, orang yang kerap kali memproduseri album-album Ramones dan ikut menulis lagu bersama band. Dia membeli gitar tersebut dari Johnny semasa “band keluarga” ini sudah bubar. Melalui perusahaan RR Acution yang berbasis di Boston, gitar tersebut mencapai angka penawaran sebesar US$937.500 (sekitar Rp 13,4 miliar). Bobby Livingston selaku perwakilan dari rumah lelang mengatakan, “Gitar ini akan ada di tangan yang tepat bagi Johnny Ramones untuk dinikmati generasi mendatang”.

Ramones, siapa tidak mengenal band punk rock asal Amerika Serikat yang sudah memulai gaungnya sejak awal tahun 1970-an ini. Setelah mengeluarkan banyak rilisan album sebelum akhirnya bubar di tahun 1996. Dua puluh dua tahun perjalanan band ini tentu meninggalkan banyak cerita bagi para penggemarnya.

Gitar Utama Johnny Ramone Diproduksi Dengan Jumlah Terbatas

Gitar tersebut tidak hanya mewakili bagian langka dari sejarah bagi band. Model gitar semacam itu juga sudah sulit didapatkan karena pabrikan gitar Mosrite tercatat hanya memproduksi sekitar 100 hingga 150 gitar berjenis Ventures II pada tahun 1965. Di bagian belakang gitar tersebut bertuliskan, “Johnny Ramones, My Main Guitar, 177 – 1996”.

Johnny meninggal pada tahun 2004 di usia 55 tahun. Disusul Joey Ramone (2001) dan sang bassis Dee Dee Ramone (2002). Sang dramer sendiri, Tommy Ramone, meninggal pada 2014. Alhasil band ini dibubarkan tanpa menyisakan satu pun dari anggota aslinya.

Baca juga: Joey Ramone Diperankan Pete Davidson Di Film Biopik “I Slept With Joey Ramone”

Namun bagi para penggemar Ramones, mungkin ini bisa menjadi salah satu jalan mengembalikan memorabilia. Rockabilia lebih tepatnya. Pete Davidson dari Saturday Night Live akan memerankan Joey Ramone dalam film Netflix mendatang, I Slept With Joey Ramone. Belum terungkap siapa yang akan memerankan Johnny dan anggota band lainnya. Tunggu saja kabar selanjutnya di MataMataMusik.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    Johnny Rotten

    Johnny Rotten Kalah, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri 'Pistol...

    Foto: Bridlington Press. Johnny Rotten, nama beken dari John Lydon, belum lama ini dikabarkan kalah dalam pertempuran hukumnya dengan dua rekannya di Sex Pi

    on Aug 23, 2021
    10 Lagu Panduan Punk

    10 Lagu Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk rock adalah genre yang lahir dari pemberontakan dan konflik terhadap kepincangan sosial, bahkan terkadang masalah politik. Suatu medium yang menjunjun

    on Aug 21, 2021