×
×

Search in Mata Mata Musik

Gitaris Legenda Punk New York, The Heartbreakers, Walter Lure, Tutup Usia

Posted on: 08/24/20 at 6:30 am

Gitaris Legenda Punk New York, The Heartbreakers, Walter Lure, Tutup Usia
Walter Lure saat tampil bersama The Heartbreakers di The Music Machine, Camden Town, London pada 1977. (Foto: Erica Echenberg/Redferns).

Walter Lure, gitaris merangkap vokalis The Heartbreakers, salah satu pionir punk rock Amerika era 1970-an yang juga dikenal dengan nama Johnny Thunders & The Heartbreakers, meninggal dunia di usia 71 tahun. Musisi veteran itu meninggal dunia pada hari Sabtu, 22 Agustus setelah didiagnosis menderita kanker hati dan paru-paru tahun lalu.

The Heartbreakers (jangan bingung dengan band pendukung Tom Petty yang bernama sama, karena ini band yang berbeda) dibentuk di New York City pada 1975 setelah vokalis/gitaris Johnny Thunders dan dramer Jerry Nolan keluar dari The New York Dolls. Pasangan punk rocker ini kemudian merekrut bassis Richard Hell yang juga belum lama keluar dari Television, dan terakhir Walter Lure masuk untuk melengkapi formasi awal The Heartbreakers.

Baca Juga: Mantan Gitaris Red Hot Chili Peppers, Jack Sherman Meninggal Dunia

The Heartbreakers termasuk sebagai banyak band pendukung awal scene punk rock di New York City, tampil di berbagai venue ikonik seperti CBGB dan Max’s Kansas City. Pada 1976, Richard Hell keluar dari band dan digantikan oleh Billy Rath, yang kemudian menjadi bagian dari formasi klasik The Heartbreakers.

The Heartbreakers hanya merilis satu album, L.A.M.F. (1977), yang menuai respons buruk dari pasar rock setelah dirilis karena sebagian besar hasil mixing rekamannya di bawah standar kualitas, tetapi di kemudian hari justru mendapatkan status album legendaris. Album tersebut akhirnya di-reissue dengan judul L.A.M.F .: The Lost ’77 Mixes pada 1994, yang menampilkan versi album dengan kualitas sound yang jauh lebih bagus.

Band ini bubar pada 1980, dan Walter Lure kemudian menjadi pialang saham. Namun, doi sempat ngumpul lagi bersama The Heartbreakers untuk beberapa kali konser reunian di sepanjang dekade 1980-an dan awal 1990-an.

Sayangnya, kematian Walter Lure juga memberi tanda bahwa setiap anggota dari formasi klasik The Heartbreakers klasik telah meninggal dunia. Johnny Thunder meninggal pada 1991, diikuti oleh Jerry Nolan pada 1992, sedangkan Billy Rath meninggal pada 2014.

Kematian Walter Lure dilaporkan di halaman Facebook Starwood Nightclub, dengan pernyataan berikut:

“Walter Lure (22 April 1949 – 22 Agustus 2020) teman baik kita telah meninggal dunia. Walter didiagnosis menderita kanker hati dan paru-paru pada Juli 2020, yang menyebar dengan cepat dan dia meninggal dengan damai di rumah sakit karena komplikasi yang berkaitan dengan kanker pada usia 71 tahun, dikelilingi oleh keluarga. Dia sangat dicintai oleh semua orang dan dihormati untuk semua kontribusinya pada dunia musik. Dia akan sangat dirindukan. Kepada keluarganya, teman, dan penggemar, kami turut berduka. Semoga dia RIP”.

Selain karyanya di The Heartbreakers, Walter Lure pernah mengisi gitar di album legenda punk rock New York lainnya, Ramones Subterranean Jungle (1983), Too Tough To Die (1984), dan Animal Boy (1986), namun, sayangnya, kontribusinya nggak diakui. Doi juga turut mengisi vokalnya di versi cover lagu ‘Street Fighting Man’ The Rolling Stones yang dibawakan Ramones.

Sang vokalis/gitaris ini membentuk bandnya sendiri, The Waldos, dan menulis sebuah buku, To Hell and Back, catatan perjalanan selama masa kiprahnya bersama The Heartbreakers. Pada tahun 2016, dalam rangka tribute untuk para anggota The Heartbreakers yang telah berpulang, doi merekrut Clem Burke (Blondie), Tommy Stinson (The Replacement), dan Wayne Kramer (MC5) untuk penampilan konser spesial memainkan materi album L.A.M.F. secara keseluruhan, dan konser ini direkam untuk dirilis dalam format DVD. Doi juga memainkan konser serupa dengan Mike Ness (Social Distortion) dan Glen Matlock (Sex Pistols) pada tahun berikutnya.

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga, teman, dan rekan band Walter Lure selama masa sulit ini. Tonton video saat almarhum membawakan ‘Born to Lose’ bersama The Heartbreakers di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020
Turnamen Lagu Punk

Inilah Sang Juara Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020!

Ok guys, usai sudah, Turnamen 24 Lagu Punk Rock Indonesia Terbaik 2020 persembahan MataMata Musik yang digelar selama bulan September. Tibalah sa

on Oct 1, 2020
Waiting Room

Pionir Skacore Waiting Room Hidup Kembali Via Reissue Album Debutnya

Waiting Room circa 1998. (Foto: via Facebook/Waiting Room). Band veteran pengusung skacore (kombinasi ska, punk rock dan hardcore), Waiting Room telah meril

on Sep 30, 2020
Time Bomb and The Gangs

Lewat 'One Roots', Time Bomb and The Gangs Ajak Bersatu Semua Perbedaa...

Time Bomb and The Gangs. Dari zaman ke zaman perkembangan musik rock cukup signifikan penyebaran dan pengaruhnya di dunia. Nggak sedikit musik ini melahirka

on Sep 29, 2020