×
×

Search in Mata Mata Musik

Gitaris Legendaris New York Dolls, Sylvain Sylvain Wafat Di Usia 69 Tahun

Posted on: 01/16/21 at 10:00 am

Gitaris Legendaris New York Dolls, Sylvain Sylvain Wafat Di Usia 69 Tahun
Sylvain Sylvain. (Foto: via Twitter/@Stevestevens).

Sylvain Sylvain, gitaris dan pianis band proto-punk glam rock legendaris New York Dolls, meninggal dunia pada hari Rabu, 13 Januari lalu di usia 69 tahun setelah berjuang melawan kanker. Kematian musisi veteran itu dikonfirmasi di halaman Facebook Sylvain.

Baca juga: Gitaris Legenda Punk New York, The Heartbreakers, Walter Lure, Tutup Usia

Bersama dengan vokalis David Johansen dan gitaris Johnny Thunders, Sylvain membantu meletakkan batu fondasi punk rock di awal tahun 1970-an yang akan meledak beberapa tahun kemudian. New York Dolls memiliki dua album klasik, yakni album self-titled tahun 1973 dan Too Much Too Soon tahun 1974 sebelum bubar pada tahun 1976. Mereka dibentuk kembali pada tahun 2004 dan merilis tiga album lagi sebelum memainkan pertunjukan terakhir mereka pada tahun 2011.

“Seperti yang lo ketahui, Sylvain berjuang melawan kanker selama dua setengah tahun terakhir,” bunyi pernyataan Facebook tersebut. “Meski dia melawannya dengan gagah berani, kemarin dia meninggal karena penyakit ini. Sementara kami berduka atas kehilangannya, kami tahu bahwa dia akhirnya dalam kedamaian dan kleuar dari kesakitan. Tolong nyalakan musiknya, nyalakan lilin, ucapkan doa dan ayo kirim boneka cantik ini dalam perjalanan dia”.

Di postingan yang sama, gitaris Patti Smith Group, Lenny Kaye menghormati Sylvain dengan tulisan penghormatan yang panjang, yang kutipan ‘highlight’-nya, “Sylvain Sylvain, hati dan jiwa New York Dolls, pembawa Teenage News, diteruskan ke inkarnasi astral berikutnya pada Rabu, 13 Januari 2021”.

Lenny melanjutkan, “Syl mencintai rock and roll. Kegembiraannya di atas panggung, senyumnya yang cerah saat dia menggasak gitarnya, mengungkapkan rasa ingin tahu yang pasti dia rasakan pada usia 10 tahun, beremigrasi dari kampung halamannya, Kairo bersama keluarganya pada tahun 1961, kapal berhenti di Pelabuhan New York dan melihat Patung Liberty untuk pertama kalinya”.

Sylvain Sylvain Mizrahi Rest In Peace February 14, 1951 ~ January 13, 2021 As most of you know, Sylvain battled cancer…

Posted by Sylvain Sylvain Mizrahi on Thursday, January 14, 2021

Sylvain mengungkapkan pertempuran melawan kankernya pada tahun 2019 dan meluncurkan kampanye GoFundMe yang disiapkan untuk mengumpulkan uang untuk operasi.

Dia menulis pada saat itu, “Pertama, kabar buruk: Selama sekitar satu tahun sekarang, gue telah berjuang melawan kanker. Lalu kabar baiknya: Gue akan menjalani operasi dengan dokter hebat yang mungkin bisa membantu. Tetapi, akan ada periode pemulihan yang agak lama – setidaknya satu tahun. Gue nggak bisa bekerja sejak tahun lalu dan memiliki jadwal operasi lainnya. Gue mencintai hidup! Betapa pun beratnya kehidupan bagi gue selama dua tahun terakhir ini, gue ingin hidup dan gue tahu dengan cinta dan dukungan kalian, gue akan memiliki kesempatan terbaik yang pernah gue miliki”.

Kampanye GoFundMe untuk Sylvain hampir mencapai target US$ 80.000.

Sayangnya, takdir berkata lain. Sylvain tetap harus segera menyusul kematian anggota klasik New York Dolls lainnya. Johnny Thunders meninggal pada tahun 1991, bassis Arthur Kane meninggal pada tahun 2004, dan dramer klasik Billy Murcia dan Jerry Nolan masing-masing meninggal pada tahun 1972 dan 1992. David Johansen (yang juga sukses dengan proyek solo alter egonya, Buster Poindexter) sekarang menjadi satu-satunya anggota klasik band yang masih hidup.

Gitaris Billy Idol, Steve Stevens juga memberikan penghormatan kepada Sylvain, menulis, “Aw men…. Salah satu (anggota) aslinya di NYC, Sylvain Sylvain telah meninggal dunia. Dia adalah sobat sejati. Pada 1980, duduk di sofa di loteng band lama gue, dia yang memberi gue nama panggung Steve Stevens. Di mana lo mendapatkan aksen itu, dapatnya di 14th street”.

Baca juga: Dari Memoar Steve Jones, Film Mini Seri Tentang Sex Pistols Akan Tayang Di FX

Belasungkawa kami sampaikan kepada keluarga dan teman Sylvain Sylvain selama masa sulit ini. Untuk mengenangnya, yuk tonton video konser Sylvain bersama New York Dolls membawakan lagu khas mereka ‘Personality Crisis’ di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Johnny Ramone

    Gitar Peninggalan Johnny Ramone Terjual Hampir Rp 14 M Dalam Lelang

    Mosrite Venture II, gitar utama yang dipakai Johnny Ramone. Gitar listrik bermerek Mosrite Ventures II keluaran tahun 1965 milik Johnny Ramone dikabarkan te

    on Sep 30, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    Johnny Rotten

    Johnny Rotten Kalah, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri 'Pistol...

    Foto: Bridlington Press. Johnny Rotten, nama beken dari John Lydon, belum lama ini dikabarkan kalah dalam pertempuran hukumnya dengan dua rekannya di Sex Pi

    on Aug 23, 2021