×
×

Search in Mata Mata Musik

Glenn Danzig: Ledakan Punk Tidak Bisa Terjadi Di Tengah ‘Cancel Culture’

Posted on: 05/3/21 at 9:00 am

Glenn Danzig: Ledakan Punk Tidak Bisa Terjadi Di Tengah 'Cancel Culture'
Glenn Danzig (Foto: Heather Kaplan).

Vokalis ikonik Glenn Danzig bersyukur bahwa band horror punk legendarisnya, Misfits memulai kariernya di akhir tahun 1970-an. Karena menurutnya ledakan musik punk seperti di era jadul tersebut enggak mungkin terulang pada zaman now. Zaman di mana “cancel culture” (budaya pembatalan seperti pemboikotan sosial) dan “woke” (kesadaran masalah terkait keadilan sosial dan rasial) marak diterapkan masyarakat terutama di media sosial.

Baca juga: Mr. Bungle “The Night They Came Home” Livestream Dirilis Blue-Ray, DVD

Pentolan Misfits ini memberikan sudut pandangnya dalam wawancara barunya dengan Rolling Stone. Sebagian besar berfokus pada filmnya yang akan datang, Death Rider in the House of Vampires. Pada satu titik, percakapan beralih ke hubungan antara film horor dan musik The Misfits, kemudian akhirnya ke lagu ‘Last Caress’.

Glen Danzig Tentang ‘Cancel Culture’ dan ‘Woke’

“Itu (‘Last Caress’) hanyalah sebuah lagu yang gila, kami akan melakukan hal-hal yang hanya untuk membuat orang kesal,” kata Danzig. Yang dimulai dengan kalimat, “I got something to say / I killed your baby today”.

Doi melanjutkan, “Bagian dari (pendekatan penulisan lagu gue) seperti, ‘Fuck everybody. Fuck you, fuck you, fuck you, fuck the world’. Dan itulah gelagatnya. Itu seperti, ‘Fuck your system, fuck all this bullshit’. Itu adalah luar biasa. Menurut gue orang enggak akan melihat hal seperti itu lagi. Enggak akan ada band baru yang keluar seperti itu. Sekarang, mereka akan segera ‘dibatalkan/diboikot'”.

Danzig kemudian lanjut mengutuk ‘cancel culture’. “Orang-orang enggak mengerti, karena sekarang ini semuanya begitu ‘cancel culture’, ‘woke’ yang omong kosong. Tetapi lo enggak akan pernah mengalami ledakan punk saat ini, karena ‘cancel culture’ dan ‘woke’ omong kosong itu. Lo enggak akan pernah bisa meraihnya. Itu enggak akan pernah terjadi. Kami beruntung itu terjadi ketika itu terjadi, karena itu enggak akan pernah terjadi lagi. Lo enggak akan memiliki jenis band seperti itu lagi. Semua orang sangat tegang dan P.C. (Politically Correct), ini seperti, ‘Oke, terserah'”.

Konser Reuni Formasi Orisinal The Misfits

Di sesi wawancara lainnya, Glenn Danzig mengatakan enggak mengesampingkan konser reuni formasi orisinal Misfits tambahan. “Maksud gue, saat ini, konser seperti Misfits harus diadakan di tempat yang lebih besar. Dan gue belum tahu kalau tempat-tempat itu belum buka. Jadi kita akan lihat. Maksud gue, pintu kami terbuka. Jika kami melakukannya, gue ingin bermain di beberapa tempat yang belum pernah kami mainkan, Texas atau Florida atau tempat-tempat seperti itu. Kami belum melakukan pertunjukan apa pun di negara bagian itu, dan negara bagian itu terbuka penuh”.

Baca juga: Album Band Punk Duff McKagan Yang Terpendam Sejak 1982 Akhirnya Dirilis

Film Barat Vampir Glenn Danzig

Saat ini, Danzig sedang fokus pada film Barat vampir barunya, Death Rider in the House of Vampires, dengan rencana untuk pemutaran di bioskop secara terbatas pada bulan Juni. “Gue rasa orang-orang akan menyukai Death Rider. Menurut gue orang membutuhkan pelarian mereka sekarang ini. Jadi itulah mengapa salah satu hal yang kami lakukan dengan pertunjukan bioskop ini adalah agar orang-orang dapat keluar dan melupakan betapa sialnya tahun lalu, hahaha”.

Selain Glenn Danzig, film baru ini dibintangi Devon Sawa, Julian Sands, Danny Trejo, dan Eli Roth. Film kedua setelah film horor yang disutradarai oleh Danzig, Verotika (2019).

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    Johnny Rotten

    Johnny Rotten Kalah, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri 'Pistol...

    Foto: Bridlington Press. Johnny Rotten, nama beken dari John Lydon, belum lama ini dikabarkan kalah dalam pertempuran hukumnya dengan dua rekannya di Sex Pi

    on Aug 23, 2021
    10 Lagu Panduan Punk

    10 Lagu Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk rock adalah genre yang lahir dari pemberontakan dan konflik terhadap kepincangan sosial, bahkan terkadang masalah politik. Suatu medium yang menjunjun

    on Aug 21, 2021
    Destroy Boys

    Punker Destroy Boys Serukan Anti Cancel Culture Via 'Locker Room Bully...

    Foto: Ashley Gellman. Destroy Boys, trio punk rock/post punk dari California Utara, Amerika Serikat (AS) baru saja merilis single ketiga, 'Locker Room Bully

    on Aug 10, 2021