×
×

Search in Mata Mata Musik

God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu ‘Mulai Hari Ini’

Posted on: 05/5/21 at 2:00 pm

God Bless Rayakan 48 Tahun Karier Via Rilisan Ulang Lagu 'Mulai Hari Ini'

Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya setelah mereka sempat menggunakan nama Crazy Wheels di kancah musik nasional.

Baca juga: God Bless Persembahkan ‘Untuk Indonesiaku’ Dalam Rangka 75 Tahun Kemerdekaan RI

Hari ini, God Bless merayakan usia 48 tahun band mereka dengan sebuah lagu berjudul ‘Mulai Hari Ini’. Makna lagu tersebut sangatlah dalam seperti disampaikan melalui keterangan tertulis mereka.

“Kami sama sekali tidak pernah merasa tua karena esensi musik sebaiknya dilepaskan dari dimensi ruang dan waktu,” ujar para personel band yang pernah membuka konser Deep Purple di Jakarta, tahun 1975 silam ini.

Menariknya, ‘Mulai Hari Ini’ bukanlah lagu yang benar-benar baru. Melainkan lagu lawas yang menggambarkan eksistensi mereka di dunia musik.

“Yang kami lakukan adalah meretrospeksi karya-karya yang sudah pernah dihasilkan. Salah satunya adalah dengan mengaransemen ulang ‘Mulai Hari Ini’,” tulis mereka.

Lagu ‘Mulai Hari Ini’ merupakan ciptaan sang gitaris, Ian Antono dan Fajar Budiman yang vokalnya diisi oleh Achmad Albar. Lagu ini merupakan OST (Original Soundtrack) film tahun 2010 Alangkah Lucunya (Negeri Ini) besutan Deddy Mizwar. Dengan pemeran antara lain Reza Rahardian dan Slamet Rahardjo.

Ian Antono juga mengerjakan scoring-nya bersama Thoersi Argeswara di mana kolaborasi ini diganjar Piala Citra sebagai Penata Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia 2010.

‘Mulai Hari Ini’ menggeber gaya rock and roll klasik. Corak musik yang pernah dimunculkan pada album debut God Bless (1975) lewat lagu ‘Sesat’ dan ‘Rock Di Udara’. Pembedanya adalah pemilihan temanya.

Makna ‘Mulai Hari Ini’ Bagi God Bless

‘Mulai Hari Ini’ melukiskan perjalanan anak manusia dari hitam ke putih, meninggalkan kekelaman untuk menuju jalan Tuhan. Sehingga, ini merupakan pengayaan tema band rock legendaris ini dalam menelusuri aspek kehidupan, sosial, humanisme, lingkungan, kritik, persahabatan, dan sebagainya.

‘Mulai Hai Ini’ merupakan obat kerinduan lima rocker lawas ini yang sudah lebih dari setahun nggak bisa menemui penggemarnya karena pandemi yang enggak jelas kapan kelarnya. Lagu ini juga menjadi suatu bentuk harapan besar bagi musisi-musisi senior ini untuk menyongsong hari baru yang semoga semakin dan terus membaik mulai hari ini.

“Semoga lagu ini bisa menjadi penyejuk, terutama bagi saudara-saudara kami yang dalam waktu dekat akan merayakan hari raya Idul Fitri,” ujar para personel.

“Dari kami, Achmad Albar, Donny Fattah, Ian Antono, Abadi Soesman, dan Fajar Satritama, terima kasih kepada seluruh pecinta God Bless dan seluruh rekan-rekan media yang sudah setia menemani perjalanan God Bless selama 48 tahun. Terima kasih Nusantara. God bless you all!” pungkas mereka.

Baca juga: Pureseven, Band Baru 4 Rocker Lawas Debut Via Single ‘Suara Hati’

Selamat mendengarkan lagu ‘Mulai Hari Ini’ di berbagai platform digital, kawan-kawan.

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kid Rock

    Kid Rock "Si Mulut Sampah" Tersandung Kasus Homofobik Setelah Rasis

    Si Rocker Bengal (Foto: AP Photo/Terry Renna, File). Kid Rock tertangkap basah oleh kamera video, saat doi dengan terang-terangan melontarkan cercaan bernad

    on Jun 8, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    AC/DC

    AC/DC 'Highway To Hell' Dicover Sempurna Bocah 7 Tahun, Keren Gila!

    AC/DC cover? Lagu-lagunya tentu sudah ribuan kali di-cover oleh ribuan orang di dunia. Tetapi akan menarik ceritanya jika yang meng-cover adalah seorang bo

    on Jun 4, 2021
    Suspect208

    Suspect208 (Band Rock Anaknya Slash, Robert Trujillo) Bubar!

    Suspect208 bubar! Band rock muda yang menampilkan putranya Slash (Guns N' Roses) dan Robert Trujillo (Metallica), dan sempat dihuni oleh putra mendiang vok

    on May 25, 2021