×
×

Search in Mata Mata Musik

Gojira Dihormati Para Ilmuwan, Menamai Fosil Berdasarkan Anggota Band

Posted on: 09/18/21 at 10:00 am

Para Ilmuwan Namai "Gojira" Temuan Fosil Baru Untuk Menghormati Band Metal Ini
Foto: Gabrielle Duplantier.

Gojira terkenal sebagai band yang selalu sadar lingkungan melalui pesan dalam karya-karyanya dan aksi nyatanya. Dan kini para ilmuwan telah menghormati sepak terjang kuartet metal kebangsaan Prancis tersebut dengan menamai tiga fosil yang baru ditemukan dengan nama mereka. Wew!

Baca juga: Gojira Rilis Single ‘Amazonia’ Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

Fosil bintang rapuh ditemukan di Prancis, Luksemburg, dan Austria di tempat yang dulunya merupakan dasar Samudra Tethys Jurassic. Masing-masing spesies baru diberi nama berdasarkan para anggota Gojira. Yakni “Ophiogojira labadiei” untuk menghormati bassis Jean-Michel Labadie; “Ophiogojira andreui” untuk gitaris utama Christian Andreu; dan “Ophioduplantiera noctiluca” untuk abang-adik Joe (dram) dan Mario Duplantier (vokal/gitar ritem).

Ilmuwan Lea Numberger dan Ben Thuy dari Museum Sejarah Alam Luksemburg dan ahli biologi Tania Pineda dari Museum Sejarah Alam Florida berada di balik penemuan dan penamaan fosil tersebut.

“Genus dinamai untuk menghormati band metal Prancis Gojira, karena memproduksi lagu-lagu dengan intensitas yang tidak terduga, gelap dan cadas sekaligus indah, dan menjelajahi jurang hidup dan mati, kekuatan dan kesalahan manusia, dan lautan yang berkembang namun terancam,” tulis laporan resmi Royal Society Publishing tentang penemuan tersebut. Lo bisa baca selengkapnya di tautan ini.

Fosil Bintang Rapuh Gojira

Gojira memposting ke media sosial untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas penamaan fosil, dan berbagi foto bintang rapuh “Gojira”.

“Temui Ophiogojira, bintang rapuh berusia 190 juta tahun yang dinamai Gojira. Fosil baru terdiri dari dua spesies, Ophiogojira labadiei dan Ophiogojira andreui, menghormati Jean-Michel Labadie dan Christian Andreu dari Gojira. Dan fosil ketiga yang terkait erat dari koleksi yang sama dinamai Joe dan Mario Duplantier: Ophioduplantiera noctiluca. Fosil baru ditemukan oleh ahli paleontologi Lea Numberger dan Ben Thuy dari Museum Sejarah Alam Luksemburg, dan ahli biologi Tania Pineda dari Museum Sejarah Alam Florida. Gojira sekarang menjadi bagian dari sejarah Bumi, dan selangkah lebih dekat menuju keabadian”.

Ini bukan pertama kalinya sebuah band metal diakui oleh ahli paleontologi. Tahun lalu, pasukan progressive metal Jerman The Ocean diberi kehormatan dengan sebuah fosil atas nama mereka. Itu cocok, mengingat afinitas band tersebut terhadap tema paleontologis dalam konsep albumnya.

Baca juga: Carnivored “Labirin”: Amalgamasi Extreme Metal Soundtrack Penyintas Skizoprenia

Yang jelas, popularitas Gojira terus membesar, setelah merilis album studio ketujuh mereka yang disambut meriah, Fortitude, awal tahun ini. Tur mereka bareng Deftones tahun ini sekali lagi ditunda, dimundurkan ke musim semi 2022. Tetapi deengkot prog-metal Prancis itu akan memulai tur headline mereka pada bulan Oktober tahun ini dengan dua band pembuka Knocked Loose dan Alien Weaponry.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    LOVEBITES Heavy Reaction

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Alcatrazz

    Alcatrazz Comeback Via Album Epik "V" Bersama Vokalis Doogie White

    Foto: Alex Solca. Alcatrazz baru saja meluncurkan MV (Music Video) single baru 'Grace Of God' yang bisa lo dengar di akhir artikel ini. Lagu itu diambil dar

    on Oct 10, 2021
    Iron Maiden Fan Principal

    Kepala Sekolah Fans Iron Maiden Dituntut Via Petisi Orang Tua Murid

    Vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson (foto: Kevin RC Wilson), KepSek Sharon Burns (foto: via Change.org). Iron Maiden dan penggemarnya belum lama ini menjad

    on Oct 10, 2021