×
×

Search in Mata Mata Musik

Gojira Rilis Single ‘Amazonia’ Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon

Posted on: 03/27/21 at 4:00 pm

Gojira Rilis Single 'Amazonia' Sambil Galang Dana Untuk Suku Amazon
Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier).

Gojira telah meluncurkan single baru berjudul ‘Amazonia’ beserta video musiknya menjelang album mendatang mereka, Fortitude. Album yang akan dirilis pada 30 April oleh Roadrunner Records. Sehubungan dengan video tersebut, dedengkot metal Prancis itu mengadakan lelang penggalangan dana yang ditujukan kepada komunitas suku Amazon.

Baca juga: Gojira Umumkan Album Baru Seraya Luncurkan MV Single Baru ‘Born For One Thing’

Gojira memiliki sejarah panjang dalam aktivisme membela lingkungan dan hak asasi manusia dalam lagu-lagunya. ‘Amazonia’ kembali memperlihatkan band ini menulis lagu tentang topik yang sensitif. Kali ini menyoroti “krisis yang berdampak pada Amazon dan komunitas sukunya,” menurut siaran pers. Video tersebut digabungkan dalam klip penampilan band yang hidup dengan cuplikan dari komunitas suku bagian dari wilayah Brazil tersebut.

Dalam lagu ‘Amazonia’, Gojira kali ini lebih menonjolkan sisi groove metal-nya yang khas ketimbang progressive metal-nya. Plus ditingkahi oleh bunyi-bunyian instrumen etnik. Nampaknya sang frontman Joe Duplantier dan rekan bandnya ingin menggambarkan nuansa yang lebih mendekati tema etnik Amazon. Satu lagi pratinjau materi album mendatang mereka setelah dua single berikut, ‘Born for One Thing’ dan ‘Another World’.

Gojira Menggelar Lelang Amal

Bersamaan dengan video baru ini, inisiasi penggalangan dana baru bernama The Articulation of Indigenous Peoples of Brazil (AIPB), diluncurkan. Untuk memulai, Gojira mengadakan lelang amal selama sebulan dengan barang langka yang disumbangkan oleh Gojira (gitar yang diukir dengan tangan oleh Joe Duplantier), Metallica (bass Rob Trujillo), Slayer, Lamb of God, dan banyak lagi. Barang-barang awal lelang ini tersedia melalui Propeller.

Gojira juga menjual cetakan artwork edisi terbatas untuk memberi manfaat bagi AIPB. Dan nama 500 orang pertama yang membeli cetakan itu akan ditambahkan ke gambar akhir.

“Ini adalah panggilan untuk Persatuan” kata Joe Duplantier, “Komunitas musik dapat menjadi kuat ketika bersatu menuju sesuatu yang bermakna seperti ini! Begitu banyak teman, artis hebat, band telah bergabung dalam gerakan tanpa ragu dengan menyumbang instrumen. Ini adalah upaya kolektif dari begitu banyak orang di sekitar kita!”

Joe menambahkan, “Kami enggak mau hanya merilis lagu berjudul ‘Amazonia’ — kami ingin melakukan sesuatu selain itu,” jelas Joe. “Kami merasa bertanggung jawab sebagai artis untuk menawarkan cara bagi orang-orang untuk mengambil tindakan”.

Album Fortitude memiliki jeda lima tahun dengan album sebelumnya, Magma (2016). Album baru yang sangat ditunggu-tunggu tersebut direkam dan diproduksi oleh Joe Duplantier di Silver Cord Studio milik band di Queens, New York. Mixing-nya oleh Andy Wallace yang pernah menggarap album Nirvana Nevermind.

Gojira masih dijadwalkan untuk mendukung Deftones pada tur Amerika Utara akhir musim panas mendatang yang dijadwalkan ulang dari tahun lalu karena pandemi. Kita lihat saja nanti.

Baca juga: Gary Holt, Dave Lombardo, Derrick Green Bikin Band Baru, Rilis Lagu Untuk Donasi

Lo bisa pre-order album Fortitude dari toko merchandise Gojira di sini. Ok, men, selamat menonton video musik ‘Amazonia’ di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    LOVEBITES Heavy Reaction

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Mike & Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    David Draiman & Nita Strauss

    Nita Strauss Lepas Single Solonya Fitur David Draiman Jelang Tur AS

    David Draiman and Nita Strauss (courtesy of Cosa Nostra PR). Nita Strauss, gitaris cewek yang tersohor di kancah hard rock/heavy metal telah berkolaborasi d

    on Oct 15, 2021