×
×

Search in Mata Mata Musik

Gojira Umumkan Album Baru Seraya Luncurkan MV Single Baru ‘Born For One Thing’

Posted on: 02/19/21 at 10:00 am

https://youtu.be/iqrMFNMgVS0
Gojira. (Foto: Gabrielle Duplantier).

Pada 17 Februari lalu, Gojira telah mengumumkan album baru mereka yang sangat ditunggu-tunggu metalhead sedunia. Berjudul Fortitude, album ini akan dirilis pada tanggal 30 April melalui Roadrunner Records. Jawara extreme metal Prancis ini juga meluncurkan single ‘Born for One Thing’ bersamaan dengan MV (Music Video)-nya.

Baca juga: Carnivored “Labirin”: Amalgamasi Extreme Metal Soundtrack Penyintas Skizoprenia

Lagu ini masih mengikuti gaya groove metal dari lagu kejutan Gojira tahun 2020, ‘Another World’ yang ternyata menjadi cita rasa pertama Fortitude, karena termasuk dalam daftar lagu album tersebut. Lagu ini konsisten mengekshibisi kombinasi ciamik serangan metalik yang ganas dan melodi yang menerawang dengan beat-beat headbanging yang berhamburan. Atmosfer musiknya seperti mencoba meng-capture emosi dari filosofi yang tersirat pada lirik lagunya.

“Kami harus berlatih melepaskan diri dari segalanya, dimulai dengan hal-hal yang sebenarnya,” kata vokalis Joe Duplantier tentang pesan “anti-konsumerisme” dalam lagu tersebut, yang sebagian diilhami oleh filsuf Tibet dan Thailand yang doi pelajari di masa mudanya di Prancis, dilansir dari siaran persnya.

Joe lanjut menambahkan: “Kurangi kepemilikan harta benda, dan berikan apa yang enggak perlu, karena suatu hari kita harus melepaskan semuanya, dan kalau enggak, kita hanya akan menjadi hantu yang terjebak di antara dimensi”.

Artwork sampul album Fortitude oleh Gojira.
Artwork sampul album Fortitude oleh Gojira.

Fortitude Tracklist:
01. Born for One Thing
02. Amazonia
03. Another World
04. Hold On
05. New Found
06. Fortitude
07. The Chant
08. Sphinx
09. Into the Storm
10. The Trails
11. Grind

Video musik lagu ‘Born For One Thing’ juga meng-capture penampilan Gojira yang penuh semangat, yang seperti tanpa lelah mengerjakan album barunya selama beberapa tahun terakhir. Album ini direkam dan diproduksi oleh Joe Duplantier di Silver Cord Studio milik band sendiri di Queens, New York, Amerika Serikat. Rekaman itu kemudian di-mixing oleh sang “audio guru” Andy Wallace, yang beken banget membidani rekaman album-album rock fenomenal termasuk Nevermind dari Nirvana.

Fortitude menandakan album ketujuh Gojira secara keseluruhan, dan album penuh pertama sejak Magma tahun 2016 yang luar binasa, men. Gojira telah dijadwalkan untuk mendukung tur Deftones di Amerika Utara pada akhir musim panas tahun ini yang dijadwalkan ulang dari tahun lalu karena pandedemit.

Baca juga: 30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

Ok, mari kita simak ‘Born For One Thing’ sambil headbanging dulu, men, sambil nunggu album Fortitude rilis.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Pantera era jadul

    Rex Brown Ogah Reissue 4 Album Awal Era Lawas Pantera: Itu Bukan Pante...

    Pantera di era 1980-an. Pantera memang sudah bubar sejak tahun 2003, namun warisan musiknya abadi. Tetapi enggak seperti band berstatus legendaris pada umum

    on Feb 8, 2021
    Alexi Laiho

    Alexi Laiho, Vokalis & Gitaris Metal Shredder Eks-Children Of Bodom Tu...

    Alexi Laiho. (Foto: Napalm Records). Damn! Kabar nggak enak lagi. Salah satu gitaris shredder metal paling top sedunia, Alexi Laiho, dikabarkan telah mening

    on Jan 4, 2021
    Deftones

    Album Baru Deftones Telah Rampung Digarap dan Siap Rilis Tahun Ini, Ka...

    Deftones. (Foto: Frank Maddocks). Deftones mengabarkan telah merampungkan proses rekaman album terbaru mereka yang sudah sangat ditunggu para fans. Dramer b

    on Jun 17, 2020
    Film Dokumenter

    10 Film Dokumenter Musik Revolusioner Yang Oke Ditonton Selama Social ...

    Jimi (The Upstairs), Randy (Lamb Of God), Gaahl (Gorgoroth). (Foto: Kolase). Selama masa pandemi Covid-19 alias virus Corona dengan mengkarantina diri #diru

    on Apr 2, 2020