×
×

Search in Mata Mata Musik

Gorillaz Rayakan 20 Tahun Sejarah Visual Mereka Dengan Buku Ilustrasi Baru

Posted on: 05/27/20 at 6:30 am

Gorillaz Almanac.
Gorillaz Almanac.

Sudah lebih dari 20 tahun sejak kelahiran dari pionir band virtual asal Inggris, Gorillaz dan kedua pendiri grup electronic pop/rock itu, Damon Albarn dan Jamie Hewlett akan merayakan sejarah visual proyek mereka dengan sebuah “almanak” raksasa yang akan dirilis bulan Oktober mendatang.

Baca juga: Damon Albarn (Blur, Gorillaz) Debutkan Proyek Orkestra Baru Saat Livestream

The Gorillaz Almanac, diterbitkan oleh Z2 Comics, akan berisi lebih dari 120 halaman ilustrasi penuh warna oleh Jamie Hewlett, termasuk berbagai artwork eksklusif baru, permainan, teka-teki, dan strip komik pertama yang membintangi para anggota band virtual tersebut: 2D, Noodle, Murdoc Niccals dan Russel Hobbs. Penampilan para bintang tamu yang hadir di bermacam-macam era Gorillaz juga dijanjikan akan muncul.

Edisi standar dari buku ini dikemas dengan CD “season one” dari proyek tahun 2020 mereka, Song Machine, yang sejauh ini menghasilkan lagu-lagu seperti ‘Momentary Bliss’ (dengan fitur dari rapper Slowthai dan Slaves), ‘Désolé’ dengan fitur Fatoumata Diawara, dan ‘Aries’ (dengan fitur dari Peter Hook dan Georgia).

Dua versi lainnya dari koleksi ilustrasi spesial itu akan dikemas dengan lebih banyak konten. Terbatas hanya untuk 6.666 kopi, ada juga edisi “deluxe” berukuran besar yang ditandatangani oleh keempat anggota kartunnya dan dilengkapi dengan empat cetakan dan selembar stiker. Rincian mengenai rilisan “super deluxe” dari koleksi itu baru sedikit dijelaskan, tetapi terbatas hanya 200 kopi, ditandatangani oleh Jamie Hewlett sendiri, dan “akan menjadi sebuah karya seni spesial dengan kemasan yang unik,” menurut sebuah pernyataan.

“Setiap penggemar komik dan animasi telah bermimpi melihat Gorillaz membuat buku komik debut mereka, dengan ketua tim Z2 di antara mereka,” ujar sang penerbit Z2 Comics, Josh Frankel. “Artwork, musik, dan mitosnya semuanya saling melengkapi apa yang ditakdirkan untuk menjadi salah satu rilisan kami yang paling ramai dibicarakan dalam sejarah, dan ketika para penggemar melihat apa yang telah kami rencanakan, aku tahu semua orang akan setuju bahwa itu layak untuk ditunggu”.

The Gorillaz Almanac secara resmi akan dirilis pada 16 Oktober, dan kamu sudah bisa mulai melakukan pre-order. Sebelumnya, Z2 Comics telah menerbitkan berbagai komik untuk artis keren lainnya seperti Babymetal, YUNGBLUD, Skillet, dan banyak lagi.

Baca juga: Gorillaz Hormati Tony Allen Melalui ‘How Far?’, Lagu Baru Kolab Dengan Skepta

Pekan lalu, Damon Albarn menampilkan lagu ‘Aries’ di Jimmy Kimmel Live! bersama dengan 2-D, yang merupakan pertama kalinya Damon Albarn pernah berduet dengan salah satu rekan band animasinya.

Foto: Z2 Comics

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Damon Albarn

    Damon Albarn Lepas 'Particles', Single Ketiga Dari Album Solo Mendatan...

    Foto: Linda Brownlee. Damon Albarn telah merilis ‘Particles’, single ketiga dari album solo kedua mendatangnya, The Nearer The Fountain, More Pure The S

    on Sep 7, 2021
    Damon Albarn

    Damon Albarn: Musisi Harus Diizinkan Konser Selama Pandemi Sebagai Oba...

    Damon Albarn. (Foto: Linda Brown Lee). Pada akhir pekan lalu, Damon Albarn berbagi pemikirannya tentang pentingnya konser selama pandemi yang sedang berlang

    on Nov 4, 2020
    Gorillaz

    Rilis Single Baru Fitur Robert Smith (The Cure), Gorillaz Umumkan Albu...

    Sepanjang tahun 2020, Gorillaz seperti bermain-main ke sana ke sini dengan seri audio-visual mereka yang bertajuk Song Machine, merilis lima single menawan

    on Sep 10, 2020
    Gorillaz

    Di Episode 6 ‘Song Machine’, Lagu Gorillaz Bakal Fitur Robert Smit...

    Gorillaz fitur Robert Smith (The Cure). Pernah terbayang nggak kalau kuartet kartun Gorillaz bakal menghadirkan karakter yang agak kontradiktif dengan merek

    on Sep 8, 2020