×
×

Search in Mata Mata Musik

GOT7 Hampir Sejajar dengan BTS Berkat EP Call My Name

Posted on: 11/14/19 at 12:50 pm

GOT7 kembali memasuki chart dengan pencapaian baru.

Call My Name, mini album terbaru dari boyband K-pop ini, debut di No. 5 pada chart World Albums Billboard tertanggal 16 November 2019. Entri ini menjadi proyek ke-10 grup yang mendarat di jajaran Top 5 setelah debut mereka di 2014. Sampai saat ini, GOT7 telah mengantongi empat entri No. 1 di World Albums, 12 entri Top 10, dan 16 entri secara keseluruhan.

Baca juga: Jackson Wang GOT7 Dilempar Bra Saat Konser di Belanda

Di antara semua entri di Top 5 dari artis K-pop pada chart World Albums, GOT7 hanya kalah dari BTS yang saat ini memiliki 12 entri yang mencapai peringkat No. 5 atau lebih tinggi. GOT7 setara dengan SHINee dengan perolehan 10 entri di Top 5 sejauh ini—jumlah terbanyak kedua di antara artis-artis K-pop—dan mereka diikuti oleh EXO dan Red Velvet di tempat ketiga (sembilan album Top 5), Seventeen (delapan album Top 5), dan TWICE (tujuh album Top 5). 

Belum lama ini GOT7 juga muncul di Heatseekers Albums, chart yang sangat jarang menampilkan album K-pop, saat Call My Name duduk manis di No. 8. Septet ini mengantongi delapan entri di Top 10 Heatseekers, dengan pencapaian tertinggi di No. 2 lewat Fly (2016) dan Eyes on You (2018).

Seperti yang bisa diharapkan dari grup yang memasuki tahun kelima mereka di kancah musik, GOT7 kembali menentang kebiasaan dan menghadirkan sesuatu yang unik di Call My Name. Lagu utamanya, “You Calling My Name,” dimulai dengan irama R&B yang kental sebelum berubah menjadi lagu disko yang asyik di chorus kedua. Mereka juga tidak segan menyelami gaya tropical house di lagu kolaborasi mereka dengan Jonas Blue, “Now or Never.”

Baca juga: Fans Desak Konser GOT7 di Hong Kong Dibatalkan!

Tapi sebagian besar lagu di Call My Name terasa seperti nostalgia ke lagu-lagu dari album GOT7 di era awal mereka yang bernuansa muda dan ceria. Misalnya seperti kombinasi musik trap dan soul yang mewarnai nuansa romantis di “Run Away” dan tema cinta yang intens di “Thursday.” Di sisi lain, “Pray” menggunakan kolaborator yang sama seperti di lagu favorit fans tahun 2019 “Page” untuk versi baru yang menampilkan salah satu chorus terbaik dari GOT7 hingga saat ini.

Sementara di World Digital Song Sales, single baru GOT7 “You Calling My Name” debut di No. 4 dan menjadi single ke-13 mereka yang memasuki Top 5 dan lagu ke-15 mereka yang mencapai Top 10 di tangga lagu tersebut. 

Baca juga: GOT7 Kembali dengan EP Baru, Spinning Top

Di tiga kesempatan, GOT7 pernah mencapai posisi tertinggi yaitu di No. 2 pada World Digital Song Sales: dua kali di 2016 dengan “Fly” dan “Hard Carry,” serta tahun lalu dengan “Lullaby.”

Simak video musik lagu utama EP terbaru GOT7 “You Calling My Name,” yang sejak dirilis pada 4 November lalu telah ditonton lebih dari 35 juta kali di YouTube:

Streaming juga EP Call My Name di sini.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MAX feat. Suga BTS

    MAX Rilis Remix Lagu 'Blueberry Eyes' Fitur Suga BTS, Lil Mosey & Oliv...

    Penyanyi penyandang multi-platinum MAX merilis versi remix terbaru dari lagunya bersama SUGA BTS, 'Blueberry Eyes', kali ini menggandeng rapper Lil Mo

    on Jan 26, 2021
    Reputasi Anggota Boyband K-Pop

    Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Jan...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Januari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

    on Jan 24, 2021
    Stan K-pop

    Para Stan K-Pop Sukses Melenyapkan Pengaruh Tagar #ImpeachBidenNow Di ...

    K-pop stans take over #ImpeachBidenNow hashtag. Ketika ada sesuatu yang penuh kebencian menyebar di Twitter, hanya ada satu kelompok yang tepat bisa kita hu

    on Jan 23, 2021
    Boyband K-Pop Terpopuler

    30 Urutan Peringkat Boyband K-Pop Terpopuler Edisi Bulan Januari 2021

    30 urutan peringkat boyband K-pop terpopuler edisi bulan Januari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand a

    on Jan 22, 2021