×
×

Search in Mata Mata Musik

Grammy Awards 2020 Sukses Menampilkan Aksi Berbagai Macam Artis Di Atas Panggung Bergengsi

Posted on: 01/28/20 at 9:00 am

Billie Eilish, fenomena pop berusia 18 tahun yang memiliki album terlaris pada tahun 2019 ini, telah berhasil menyapu bersih Grammy Awards pada Minggu malam lalu, saat ia memenangkan keempat penghargaan utama pada acara bergengsi tersebut.

Popstar itu memenangkan Album Of The Year untuk When We All Fall Asleep, Where Do We Go?, Record Of The Year & Song Of The Year untuk lagu ‘Bad Guy’ dan Best New Artist.

“Bisakah saya mengatakan bahwa saya pikir Ariana lebih pantas mendapatkan ini?” ujar Eilish, yang tampak terguncang, ketika dia naik ke panggung untuk menerima Album Of The Year. (Ariana Grande tampak sedang duduk di kerumunan, dengan sopan melambaikan pujian itu).

Eilish ikut serta dalam menulis seluruh bagian album tersebut bersama saudara laki-laki sekaligus produsernya, Finneas O’Connell, yang juga tampak terkejut.

“Kami menulis album tentang depresi dan pikiran untuk bunuh diri dan perubahan iklim dan menjadi orang jahat, apa pun artinya itu, dan sekarang kami berdiri di atas panggung ini dengan penuh kebingungan dan rasa bersyukur”, kata O’Connell.

Baca juga: Camila Cabello Menyanyikan Lagu Spesial Untuk Ayahnya, Alejandro Cabello Di Grammy Awards 2020

Hanya beberapa penghargaan lainnya yang telah diberikan dalam siaran seremoni berdurasi kurang lebih 4 jam itu, termasuk penghargaan Best Pop Solo Performance, yang diraih oleh Lizzo untuk lagu ‘Truth Hurts’, dan Best Rap/Sung Performance , yang dianugerahi untuk ‘Higher’, sebuah lagu oleh DJ Khaled, Nipsey Hussle dan John Legend.

Khaled dan Legend mendedikasikan penghargaan ini untuk Hussle, yang meninggal pada bulan Maret tahun lalu. Acara dimulai dengan nada suram, ketika seluruh selebriti di karpet merah memberi penghormatan mereka kepada Kobe Bryant, pemain basket legendaris, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pagi itu.

Para artis dan sang co-host acara itu, Ryan Seacrest, berulang kali menekankan bahwa Staples Center, tempat acara Grammy berlangsung sekaligus tempat Bryant menghabiskan masa karirnya, adalah “Rumahnya Kobe”.

Acara itu sudah dilemparkan ke dalam kekacauan pada pekan lalu dengan mundurnya mantan ketua Recording Academy, Deborah Dugan (wanita pertama yang pernah menjalankan organisasi itu), secara tiba-tiba, yang setelah itu diikuti oleh gugatan tajamnya yang menuduh diskriminasi gender dan pelecehan seksual.

Berikut adalah ringkasan segala penampilan menakjubkan yang terjadi pada Grammy Awards 2020.

1. Tyler, the Creator, Boyz II Men dan Charlie Wilson

TYLER, THE CREATOR LIVE AT THE GRAMMY AWARDS 2020
Aksi performa Tyler, the Creator di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: Kevork Djansezian/GettyImages)

Untuk para artis, sepertinya kalian semua perlu membuat beberapa catatan dari Charlie Wilson, yang setelah pertunjukan ini harus dianggap sebagai pentolan Boyz II Men, dan mungkin, sebagai pentolan bagi semua penyanyi pria dan lelaki. Faktanya, setiap siaran Grammy harus mempertimbangkan cameo dari Charlie Wilson sehingga garis dasar untuk bernyanyi dapat ditetapkan dengan jelas. Tetapi bahkan tanpa paman Charlie pun, Tyler, the Creator sudah melakukan sesuatu yang ajaib pada acara ini. Australia sedang terbakar, virus bahaya sedang menyebar, banyak legenda yang wafat, dan kekacauan lainnya sedang melimpah di luar Staples Centre, dan Tyler merefleksikan itu dengan penampilannya yang mencakup singelnya, ‘Earfquake’, sekitar 27 kloningan Tyler, lampu yang heboh, kamera yang bergetar tak terkendali, dan rumah-rumah di belakang dia terbakar. Dalam sebuah momen pendinginan, Boyz II Men dan Charlie Wilson muncul di atas atap rumah dan menenangkan jiwa para penonton. Dan kemudian kekacauan kembali terjadi. Sebuah deskripsi akurat mengenai kehidupan.

2. Lil Nas X, BTS, Diplo, Billy Ray Cyrus, dan Mason Ramsey.

LIL NAS X BTS
Aksi performa Lil Nas X bersama BTS di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: GettyImages)

Ini adalah momen indah yang kita semua pantas dapat dan saksikan. Penampilannya dimulai dengan Lil Nas X yang sedang memetik alat musik string di ruang tamu yang palsu (dengan jersey Kobe terbentang di atas sebuah kursi), lalu bergabung dengan BTS untuk versi ‘Seoul Town Road’, menari di dalam gudang palsu bersama sang bocah viral Walmart (Mason Ramsey) dan sang DJ superstar Diplo lalu bernyanyi bersama sang raksasa musik country, Billy Ray Cyrus. Akhirnya, kita melihat MC legendaris asal New York, Nas, bergabung bersama Lil Nas untuk tampil bersama. Ini kemungkinan besar adalah yang terakhir kalinya semua orang ini tampil bersama-sama di panggung Grammy.

3. Tribut Nipsey Hussle

MEEK MILL NIPSEY HUSSLE JOHN LEGEND
John Legend dan Meek Mill tribut kepada almarhum rapper Nipsey Hussle di Grammy Awards 2020 (Foto: imageSPACE/Shutterstock, Marcio Jose Sanchez/AP/Shutterstock, Mark Von Holden/Invision/AP/Shutterstock)

Pada penampilan ini, semua artis tampak luar biasa dan semuanya tampil dengan sinkron. Meek Mill dan YG melakukan performa rap mereka, John Legend dengan elegan bermain piano dan menyanyikan lagu dari hatinya untuk ‘Higher’, diiringi paduan suara yang menari dengan pakaian putih yang merupakan sebuah apresiasi pada akar Habesha dari Nipsey, dan Kirk Franklin juga muncul dan membawa semua penonton ke gereja pada akhirnya . Untuk sesaat, video rap Nipsey diputar di layar panggung, yang terkadang terasa aneh dalam sebuah penampilan tribut, tetapi kali ini konsep itu bekerja dengan lancar dan sukses. Penampilan itu berakhir dengan layar yang sama memproyeksikan gambar Nipsey dan Kobe Bryant. “Rest in Peace, Kobe Bryant, Gianna, long live nip“, teriak DJ Khaled. “Maraton ini akan berlanjut”.

Baca juga: Billie Eilish ‘Menyapu Bersih’ Kategori Utama Grammy Awards 2020

4. Lizzo

LIZZO GRAMMY AWARDS 2020
Aksi performa Lizzo di Grammy Awards 2020 (Foto: Kevin Mazur/GettyImages)

“Malam ini adalah untuk Kobe!” Lizzo berteriak ketika dia memulai seremoni ini dengan menyanyikan ‘Cuz I Love You’, dengan lirik yang sangat pas: “I’m crying, cuz I love you“. Lizzo mengenakan gaun sambil dikelilingi oleh penari latar saat  menyanyikan lagu itu dan setelahnya ia bertransisi ke lagu berikutnya, ‘Truth Hurts’, di mana penari-penarinya berubah dan berpakaian sangat unik dan eksentrik. Itu adalah penampilan Lizzo yang klasik, karena ia juga menyilaukan kerumunan dengan memainkan serulingnya untuk sebuah solo. “PERIOD!” Teriaknya. Dia mengakhiri penampilannya dengan berteriak, “Selamat datang di Grammy!”.

5. H.E.R.

H.E.R. di karpet merah (Foto: Grammy.com)

Sekali lagi, kami diingatkan bahwa H.E.R. benar-benar dapat membawa penampilan yang luar biasa dengan cara yang terasa mudah. Dia menyanyikan lagu ‘Sometimes’ yang dimulai dengan memainkan piano dan didukung oleh deretan musisi yang secara cerdik berbaris di belakangnya. Akhirnya H.E.R. berdiri, dan menuju ke mikrofon sebelum dia mengambil gitar dan memainkannya. Itu semua membuat kami bertanya-tanya, mengapa dia tidak melakukan penghormatan untuk Prince? H.E.R. menutupnya dengan duduk kembali di piano dan dengan lembut menuntun kita keluar. Sebuah performa, nada, dan permainan yang solid. Terima kasih karena telah kembali ke Grammy, H.E.R..

6. Gary Clark Jr. dan The Roots

GARY CLARK JR. and THE ROOTS
Gary Clark Jr. dan The Roots beraski di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: Rob Latour/Shutterstock

Didukung oleh band The Roots, Gary memancarkan rasa kesalnya terhadap Donald Trump melalui lagu ‘This Land’, Gary menyanyikan lirik yang hiperpolitis, banyak di antaranya tidak dapat dicetak di surat kabar keluarga atau ditayangkan di CBS, dengan nuansanya yang sangat punk rock. Dia mengeksekusi solo gitarnya dengan cara yang sama, memancarkan kemarahan melalui acara penghargaan.

7. Demi Lovato

DEMI LOVATO GRAMMY AWARDS 2020
Demi Lovato tampil di Grammy Awards 2020 (Foto: John Shearer/GettyImages for The Recording Academy)

Sudah sekitar satu setengah tahun sejak Demi Lovato selamat dari kejadian overdosis obatnya. Dalam waktu yang bersamaan, dia fokus pada ketenangannya, sesekali menawarkan update kecil tentang perjuangannya untuk tetap kuat. Di Grammy, dia membawakan lagu ‘Anyone’, lagu yang dia rekam empat hari sebelum mengalami overdosis dan hampir kehilangan nyawanya. Ini adalah penampilan live pertamanya sejak kejadian tersebut, dan ini jelas merupakan pengalaman yang emosional. Dia harus memulai kembali lagu itu, ketika dia mulai menangis saat menyanyikan beberapa lirik pertama. Dia tampak hampir menangis lagi ketika dia menyanyikan lirik, “I feel stupid when I sing/Nobody’s listening to me,” untuk apa yang tampak seperti ruangan yang benar-benar sunyi. Tetapi ketika dia berhenti, semua orang melompat berdiri untuk menyambut penyanyi itu kembali ke panggung dengan tepuk tangan yang meriah.

Baca juga: 10 Momen Yang Anda Wajib Nantikan Pada Grammy Awards 2020

8. Ariana Grande

ARIANA GRANDE GRAMMY AWARDS 2020
Performa keren Ariana Grande di Grammy Awards 2020 (Foto: Grammy.com)

Bintang pop itu memulai penampilannya dengan menyanyikan ‘Imagine’ dan ‘My Favorite Things’ yang didukung oleh band orkestra. Setelahnya, satu perubahan konsep kemudian, Ariana tampak mengenakan piyama dan melakukan gerakan menari lincah dalam semacam pesta menginap seksi sambil menyanyikan lagu ‘7 Rings’ dan ‘Thank U, Next’. Dia melewatkan beberapa bagian chorus karena dia menari lebih intens dari biasanya. Ariana mengakhiri penampilannya dengan sebuah apresiasi singkat kepada ayahnya (dia mengubah lirik menjadi “I’ll be thanking my dad, ‘cause he’s kinda awesome“).

9. Billie Eilish

BILLIE EILISH PERFORMANCE AT GRAMMY AWARDS 2020
Billie Eilish menyanyikan lagu ‘When Party’s Over’ di Grammy Awards 2020 (Foto: Emma McIntyre/GettyImages)

Meskipun Billie Eilish terkenal karena lagunya ‘Bad Guy’ yang unik, ia memutuskan untuk mengejutkan para penonton dan menyanyikan lagu balada piano ‘When Party’s Over’. Menariknya, kakak/produser/sesama penulis lagu Billie, Finneas O’Connell, hampir mendapat apresiasi yang sama (dia memang menulis lagu itu) ketika dia duduk memainkan piano. Itu menjadi pilihan yang tepat untuk fenomena pop asal Amerika itu, meskipun itu lebih mellow daripada penampilannya yang biasanya lebih eksplosif, ini menunjukkan bahwa ia memiliki jangkauan vokal yang lebih tinggi daripada yang orang bayangkan.

10. Tanya Tucker dan Brandi Carlile

BRANDI CARLILE & TANYA TUCKER AT GRAMMY AWARDS 2020
Brandi Carlile dan Tanya Tucker (Foto: Kevin Winter/Getty Images for The Recording Academy)

Lirik-lirik dari lagu Tanya Tucker, ‘Bring My Flowers Now’, yang memenangkan Best Country Song pada awal malam itu, terasa sangat sedih bagi seremoni yang diawali dengan kabar kematian tragis itu: “We all think we got the time until we don’t”, dia bernyanyi. “Bring my flowers now, while I’m livin’” (Tucker yang berusia 61 tahun, juga memenangkan Best Country Album untuk ‘While I’m Livin’’, ini adalah kemenangan Grammy pertama dalam sejarah karirinya). Brandi Carlile, yang ikut menulis lagu dan album tersebut, bergabung dalam balada itu dengan memainkan piano, karena nada muram Tucker cocok dengan suasana acara yang lebih melankolis dari biasanya.

11. Rosalía

ROSALIA AT GRAMMY AWARDS 2020
Aksi performa Rosalia di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: Kevork Djansezian/GettyImages)

Seperti biasa, bintang pop-flamenco asal Spanyol Rosalía memiliki rutinitas lagu dan irama yang memukau, berpakaian serba putih di tengah-tengah penari latar ketika ia menampilkan lagu hit-nya ‘Malamente’. Rosalía adalah nominator Best New Artist pertama yang musiknya tercatat semuanya dalam bahasa Spanyol, ia tidak diberi banyak waktu di atas panggung dibandingkan dengan performers lain dalam kategorinya, tetapi tarian flamenco-nya (yang sambil memakai sepatu kets!) jelas meninggalkan sebuah kesan.

12. Alicia Keys (dua kali)

ALICIA KEYS AT GRAMMY AWARDS 2020
Alicia Keys kembali diminta menjadi host Grammy Awards (Foto: Kevin Winter/GettyImages for The Recording Academy )

Dalam apa yang telah menjadi tradisi tahunan, sang pembawa acara Alicia Keys duduk di depan piano dan mulai menghibur penonton dengan melodi lembut dan beberapa pemikiran positif, seperti: “Kami menolak energi negatif. Kami menolak sistem yang lama”. Ia kemudian dengan serius menyebut kematian tragis Kobe Bryant untuk kedua kalinya pada malam itu. “Saya tahu Kobe sangat menyukai musik”, katanya. “Kita harus membuat ini sebuah perayaan untuk menghormatinya. Dia ingin kita menjaga agar suasananya tetap ceria”. Dari sana, Keys menyanyikan sebuah cover dari lagu karya Lewis Capaldi, ‘Someone You Love’, menggantikan beberapa lirik dengan sindiran tentang artis yang hadir dan dunia pada umumnya. Di antara referensinya adalah tentang bagaimana kita “terobsesi pada BTS” dan berterima kasih kepada Beyoncé, Keys lalu menyanyikan “Tonight we must unite despite all the news we’re seeing/commander in chief impeached/let’s bring in Cardi B”. Seperti biasa, upaya itu terasa manis, lucu, dan menyentuh. Jika Keys terus menjadi pembawa acara untuk Grammy, itu pasti akan menjadi sebuah sorotan tahunan. Musisi itu tampil lagi menjelang akhir acara dengan bantuan dari Brittany Howard dari Alabama Shakes, membawakan lagu barunya ‘Underdog’.

13. Camila Cabello

CAMILA CABELLO AND HER DAD AT GRAMMY AWARDS 2020
Camila Cabello menghampiri ayahnya saat tampil di Grammy Awards 2020 (Foto: GettyImages)

Camila Cabello memberikan penghormatan yang menyentuh kepada ayahnya dengan penampilan tulus dari lagunya ‘First Man’. Sambil diputarnya beberapa cuplikan Camila saat masih bayi bersama ayahnya, Alejandro, di layar panggung, penyanyi itu tampil sambil memberikan fokusnya kepada satu orang tertentu di kerumunan: subjek lagu itu, yang dia anggap teman kencannya pada seremoni ini. Alejandro tampak menghapus air matanya dan itu telah menyuntikkan acara penghargaan ini dengan sedikit emosi murni.

14. Usher, Sheila E. dan FKA Twigs

FKA TWIGS X USHER AT GRAMMY AWARDS 2020
FKA Twigs bersama Usher tampil di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: Matt Sayles/Invision/AP)

Setiap acara penghargaan membutuhkan tribut emosional untuk seorang almarhum legenda hebat, dan tahun ini kami mendapatkan setidaknya dua macam tribut. Usher, yang membawakan lagu-lagu Prince seperti ‘Little Red Corvette’, ‘When Doves Cry’ dan ‘Kiss’, bernyanyi dan menari di atas panggung sementara kolaborator lama dan pemain perkusi untuk Prince, Sheila E., memainkan dram. Sang penyanyi kontemporer FKA Twigs, sementara itu, secara mengejutkan hanya terbatas pada sebuah koreografi tarian tiang di sisi panggung dan tidak menyanyi sama sekali. Para kritik dan penggemar tampak sangat bingung dengan pemilihan ini.

15. Jonas Brothers

JONAS BROTHERS AT GRAMMY AWARDS 2020
Jonas Brohers tampil kompak di panggung Grammy Awards 2020 (Foto: Matt Sayles/Invision/AP)

The Jonas Brothers mengenakan kostum emas dan memulai penampilan Grammy mereka dengan lagu baru yang tampaknya berjudul ‘Five More Minutes’, karena mereka mengulangi kalimat itu berkali-kali. Kemudian mereka berlari ke panggung besar untuk versi Broadway dari lagu ‘What a Man Gotta Do’, lengkap dengan banyak penari latar yang semangat dan beberapa penampilan dari istri-istri mereka, Priyanka Chopra, Sophie Turner dan Danielle Jonas.

16. Blake Shelton dan Gwen Stefani

GWEN STEFANI & BLAKE SHELTON AT GRAMMY AWARDS 2020
Gwen Stefani and Blake Shelton duet menyanyikan lagu spesial mereka, ‘Nobody But You’ di Grammy Awards 2020 (Foto: Rob Latour/Shutterstock)

Blake Shelton memulai penampilan duo ini sebagai satu-satunya yang di atas panggung dengan gitar, kemudian Stefani bergabung, dan kemudian keduanya menggenggam tangan selama penampilan balada mereka pada lagu ‘Nobody But You’. Secara keseluruhan penampilan duo mereka menurut beberapa kritik dan penggemar tampak tidak menonjol tapi tidak juga ada yang kurang.

17. Aerosmith dan Run-DMC

Aksi performa kolaborasi reuni Steven Tyler (Aerosmith) bersama Darryl McDaniels dan Joseph Simmons (Run-DMC) di Grammy Awards 2020 (Photo by Jeff Kravitz/FilmMagic)

Setelah diberi perkenalan oleh rapper Common, Aerosmith membuka penampilan mereka dengan lagu ‘Living on the Edge’, didukung oleh dinding video pada bagian latar dan berkobarnya api asli yang muncul di belakang panggung. Di tengah-tengah lagu, Steven Tyler dan Joe Perry berjalan melalui kerumunan ke panggung di tengah-tengah penonton dan akhirnya dijumpai di atas panggung oleh Darryl “DMC” McDaniels dan Joseph “Run” Simmons dari grup rap legendaris, Run-DMC, yang muncul melalui dinding palsu yang dibangun di atas panggung. Sementara faktor nostalgia tampak beresonansi dengan kerumunan, penampilannya tampak sedikit kesulitan bagi kedua artis yang jarang tampil bersama ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Prince

Konser Tribute Untuk Prince: Foo Fighters, Coldplay Dan Lainnya, Tonto...

Foo Fighters tampil bersama Sheila E. di panggung Grammy Awards 2020. (Foto: The Recording Academy). Pada peringatan tahunan keempat dari kematian Prince, o

on Apr 23, 2020
Lewis Capaldi

Lewis Capaldi Terlibat Kasus ‘Keliru Identitas’ Saat Sedang Mengha...

Lewis Capaldi di karpet merah Grammy Awards 2020 (Foto: E!) Suatu momen yang sangat canggung telah menimpa penyanyi asal Skotlandia, Lewis Capaldi, saat ia

on Jan 28, 2020
BTS

BTS Buat Sejarah Baru Setelah Sukses Menjadi Grup Asal Korea Pertama Y...

BTS, the biggest boyband on the planet (Foto: BigHit Entertainment) BTS sukses menulis sejarah baru ketika mereka tampil untuk pertama kalinya di Grammy Awa

on Jan 28, 2020
CAMILA CABELLO RED CARPET GRAMMY AWARDS 2020

Camila Cabello Menyanyikan Lagu Spesial Untuk Ayahnya, Alejandro Cabel...

Camila Cabello di karpet merah Grammy Awards 2020 (Foto: Christopher Polk/Rolling Stone/Shutterstock) Penampilan live-nya di Grammy Awards 2020, Camila Cabe

on Jan 28, 2020