×
×

Search in Mata Mata Musik

Greta Van Fleet Patahkan Tudingan ‘Rock Sudah Mati’ Gene Simmons

Posted on: 04/28/21 at 9:00 am

Greta Van Fleet Patahkan Tudingan 'Rock Sudah Mati' Gene Simmons
Greta Van Fleet / Gene Simmons (Foto: Kevin RC Wilson).

Bagi para pecinta musik generasi millenial dan Z, Greta Van Fleet selama ini dielu-elukan sebagai rock revivalist dan bahkan penyelamat rock di era sekarang. Mosok? Tetapi apalah artinya itu kalau rocker senior seperti Gene Simmons menegaskan bahwa “rock sudah mati”. Vokalis band rock muda tersebut, Josh Kiszka, menanggapi pernyataan sang bassis KISS legendaris. Josh bertanya-tanya apakah musisi veteran itu terjebak di masa lalu.

Baca juga: Tony Iommi Beda Pendapat Dengan Gene Simmons Soal “Rock Is Dead”

Gene Simmons belum menyerah dari klaim “rock is dead”-nya sejak pernyataannya itu pertama kali menjadi berita utama dalam fitur edisi tahun 2014 majalah Esquire. Padahal, awal tahun ini, Gene menjelaskan secara detail kepada Heavy Consequence kenapa doi terus mengucapkan kalimat tersebut.

“Intinya adalah, ya, rock sudah mati karena jika kita memainkan game dari 1958 hingga 1988, yaitu 30 tahun. Lo memiliki Elvis, The Beatles, The Stones, Pink Floyd, dan seterusnya,” kata Gene kepada Heavy Consequence. “Dan lo bisa pindah ke bagian yang paling cadas, yaitu Metallica, (Iron) Maiden, jika lo ingin menempatkan KISS di sana, ya enggak apa-apa. AC/DC, dan seterusnya. Bahkan U2, Prince, Bowie, Eagles. Dan kemudian lo disuguhi musik disko, dan Madonna, dan musik-musik itu, dan Motown, tentu saja. Kemudian dari tahun 1988 hingga hari ini, siapa ‘The New Beatles’?”

Gene juga menyalahkan munculnya file sharing, dengan mengatakan, “Anak yang tinggal di ruang bawah tanah ibunya memutuskan suatu hari bahwa dia enggak mau membayar untuk musik. Dia ingin mengunduh dan berbagi file. Dan itulah yang mematikan peluang bagi generasi band hebat berikutnya. Fakta bahwa musik itu gratis. Jadi saat ini band-band baru enggak punya peluang”.

Greta Van Fleet Tanggapi Gene Simmons

Dalam suatu wawancara dengan NME, Josh Kiszka ditanyai tentang pernyataan lanjutan Gene Simmons bahwa “rock sudah mati.” Rocker muda itu berteori, “Mungkin dunia rock yang dia ingat sudah mati. Menurut gue rock ‘n’ roll adalah genre yang sangat elastis, itu adalah genre yang sangat eklektik. Sepertinya sesekali, satu generasi menafsirkan kembali apa itu… Dan gue telah mendengar banyak, selama bertahun-tahun, gue rasa orang-orang mendengar ‘pepesan kosong'”.

Vokalis Greta Van Fleet itu menambahkan, “Menurut gue rock ‘n’ roll bisa menjadi kurang aktif, tetapi lo enggak bisa membunuh sesuatu yang menggantikan waktu. Itu adalah sikap dan semangat dan perayaan. Menurut gue orang-orang mengoper obor dan waktu terus berjalan. Gue rasa mungkin ada banyak orang yang enggak setuju dengannya”.

Heavy Consequence baru-baru ini juga mengajukan pertanyaan yang sama kepada Dirty Honey. Band ini sama seperti Greta Van Fleet, yang telah membuat gebrakan besar dengan gaya retro-rock yang mengingatkan kembali pada band-band klasik era 1970-an. Vokalis Dirty Honey, Marc Labelle, mengatakan, “Gue suka rekamannya, tetapi dia, sebagai pribadi, menurut gue dia enggak tahu apa yang terjadi dalam musik. Dia sangat sinis. …Itu satu-satunya hal yang gue dengar tentang Gene Simmons dalam dekade terakhir adalah bahwa dia bilang, ‘rock sudah mati’. Seperti, men, banyak bacot lo!”.

Baca juga: Rocker Muda Greta Van Fleet Umumkan Album Baru dan Rilis Single ‘Age of Machine’

Greta Van Fleet belum lama ini merilis album barunya, The Battle at Garden’s Gate via Republic Records. Cek penampilan live terbaru mereka di sini. Simak juga single Dirty Honey ‘California Dreamin’ dari album debutnya yang juga dirilis tahun 2021 ini di sini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    Hubert Henry

    Hubert Henry, Bassis & Pendiri Boomerang Meninggal Setelah Kritis

    Hubert Henry Limahelu (Foto: Instagram/Boomerang_official). Kabar duka kembali menyelimuti kancah musik Tanah Air. Bassis sekaligus pendiri band hard rock l

    on Apr 24, 2021
    Queen

    Queen: 15 Urutan Peringkat Album Dari Terendah Hingga Tertinggi

    Queen. Salah satu ikon rock yang menjadi penanda kedigdayaan musik Inggris selama dekade 1970-an dan 1980-an. Melanjutkan warisan gegar 'British Invasion'

    on Apr 21, 2021