×
×

Search in Mata Mata Musik

Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV ‘Honey, Baby’, Single Barunya

Posted on: 02/17/21 at 9:00 am

Grrrl Gang Bagikan Kisahnya Di Amerika Dalam MV 'Honey, Baby', Single Barunya
Grrrl Gang. (Foto: Carkultera).

Setelah lama enggak merilis musik baru, akhirnya trio alternative pop rock asal Yogyakarta, Grrrl Gang kembali menyuguhkan single terbaru berjudul ‘Honey, Baby’ pada Rabu, 17 Februari.

Baca juga: Ajie & Alex, Duo Mantan Cherry Bombshell Bersinergi Dalam Proyek Alt-Pop Ciamik

Lagu manis bertempo sedang yang masih mempertahankan gitar sebagai elemen penting, ‘Honey, Baby’ merupakan lagu pertama Grrrl Gang dalam tiga tahun terakhir sejak EP Not Sad, Not Fulfilled tahun 2018 silam. Berbeda dari musik dan rilisan mereka sebelumnya, dalam single ini Grrrl Gang menampilkan warna dan arahan musik baru bernuansa alternative pop rock 1990-an yang dapat kita rasakan sejak detik pertama.

Ditulis pertama kali oleh sang vokalis/gitaris Angeeta Sentana pada awal 2019 lalu, ‘Honey, Baby’ diakui Angee merupakan lagu cinta yang merekam kisah serta perasaannya dalam suatu perjalanan hubungan. “Aku mencoba untuk berefleksi dan menuangkan betapa manisnya hubunganku pada saat itu, meskipun aku tahu perjalanannya tidak akan mudah. Mungkin lagu ini adalah caraku untuk bilang, ‘Hey, I am willing to go through this, are you?’” ungkap Angee. Doi menjelaskan penulisan ‘Honey, Baby’ pun berlangsung selama beberapa bulan untuk benar-benar menangkap perasaan secara apa adanya, mengikuti bagaimana hubungan tersebut berjalan.

Lebih lanjut, ‘Honey, Baby’ juga merupakan lagu pertama Grrrl Gang yang sepenuhnya dikerjakan dan diproduksi di Jakarta. Untuk itu mereka pun menggandeng bassis The Adams, Pandu Fuzztoni sebagai produser pendamping.

Gitaris Edo Alventa mengungkapkan, “Butuh waktu cukup lama untuk kami menyempurnakan lagu ini hingga sampai dibentuk yang sekarang. Pandu banyak membantu kami dari mulai proses rekaman, mixing, hingga menemukan perspektif baru”.

Soal aransemen lagu Edo juga menambahka jika ‘Honey, Baby’ menjadi titik tolak pendewasaan mereka. “Bisa dibilang kali ini kami lebih sabar. Pembagian porsi, progresi kord, dan penempatan melodi banyak berubah dari apa yang kami lakukan sebelumnya. Di ‘Honey, Baby’ semua kami pikirkan lebih matang”.

‘Honey, Baby’ enggak Grrrl Gang keluarkan begitu saja sendirian. Sebuah video musik garapan mereka sendiri bersama teman-teman di Yogyakarta juga telah siap disajikan bersama single terbaru ini. Mempercayakan kembali Carkultera “Kome” Wage Sae sebagai sutradara, musik video ‘Honey, Baby’ menjadi kolaborasi reuni bagi Grrrl Gang dan Kome sejak video musik ‘Bathroom/Thrills’ empat tahun lalu.

Pada awal 2020, Grrrl Gang resmi bergabung dan merilis sebuah album diskografi bersama label rekaman asal London, Damnably yang berbuntut diundangnya mereka untuk tampil di festival musik SXSW 2020, Amerika Serikat (AS). Tepat setelah mereka mengantongi tiket pesawat, pandemi terjadi. Festival dibatalkan dan Grrrl Gang gagal ke AS. Apa dan bagaimana yang terjadi selanjutnya jika 2020 enggak pernah ada pandemi? Inilah yang Kome coba bayangkan dan berhasil doi tampilkan dalam video musik ‘Honey, Baby’ secara komedi.

“Intinya musik video ini kami buat untuk menertawakan diri sendiri,” jelas bassis Akbar Rumandung. “Grrrl Gang diminta untuk menceritakan ulang tentang apa yang terjadi di 2020 jika pandemi tidak pernah terjadi. Penuh ironi dan keresahan sebenarnya, tapi kami tampilkan dalam simbol-simbol yang menyenangkan”.

Baca juga: Reality Club dan Grrrl Gang Batal Tampil di SXSW Akibat Merebaknya Virus Corona

‘Honey, Baby’ telah tersedia di seluruh DSP (Digital Streaming Platform) dan juga akan tersedia dalam format vinyl 7″ berwarna via label Damnably serta format CD edisi spesial via Kolibri Rekords dalam waktu dekat.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ilaika foto

    Kampanyekan Stop Kekerasan Verbal, iLaika Lepas MV Single 'Rotasi Nafs...

    iLaika. (Foto: dok. iLaika). Setelah merilis video live session pada November 2020 lalu, iLaika kembali ke studio untuk memproduksi single kedua mereka yang

    on Feb 17, 2021
    BIAS

    Alt-Rocker Bias Angkat Kesetaraan Gender Via Single 'Selir Pemberontak...

    Bias. (Foto: dok. Bias). Semua orang enggak wajib jadi Feminis, tapi semua orang wajib jadi Humanis. Kesetaraan, keharmonisan, dan simbiosis mutualisme anta

    on Feb 1, 2021
    Album Rock & Metal Paling Diantisipasi 2021

    30 Album Hard Rock & Heavy Metal Paling Diantisipasi Di Tahun 2021

    Tahun 2020 enggak cuma meluluh-lantakkan industri musik, melainkan semua lini kehidupan di dunia. Sementara ini kita memang masih berada di masa pandemi Co

    on Jan 31, 2021
    Ajie dan Alex

    Ajie & Alex, Duo Mantan Cherry Bombshell Bersinergi Dalam Proyek Alt-P...

    Ajie Gergaji dan Alexandra J. Wuisan. (Foto: dok. Anoa Records). Memiliki tandem yang selalu dirasa pas untuk apa pun, khususnya bermusik, bisa disematkan k

    on Jan 28, 2021