×
×

Search in Mata Mata Musik

Guns N’ Roses Cetak Sejarah di YouTube dengan “Sweet Child O’ Mine”

Posted on: 10/17/19 at 12:07 pm

Video musik lagu ikonik Guns N’ Roses dari tahun 1987 itu menjadi satu-satunya video musik dari era ’80-an yang mencapai 1 miliar views. 

Baca juga: Guns N’ Roses Mulai Garap Album Baru!

Guns N’ Roses semakin membuktikan kebesarannya dengan mencatatkan pencapaian penting di YouTube.

Awal pekan ini, lagu hit mereka “Sweet Child O’ Mine” menjadi satu-satunya video dari era ’80-an yang mencapai satu miliar views di platform streaming tersebut, menurut lansiran Variety.

Single itu berasal dari album Appetite for Destruction (1987)—album pertama dan yang paling sukses dari GN’R.

Album ini telah bersertifikasi Diamond di Kanada, meraih 18x Platinum di AS dan terjual lebih dari 30 juta salinan di seluruh dunia. Kabarnya, ini adalah album terlaris di AS hingga saat ini.

Guns N’ Roses menduduki posisi teratas di YouTube untuk video musik tahun ’80-an dan ’90-an. 

Baca juga: Guns N’ Roses Hibur Lebih dari 5 Juta Fans dalam Tur Kali Ini

Band ini mencatatkan pencapaian serupa tahun lalu saat “November Rain” (1992) melampaui angka satu miliar views. Video tersebut kini telah ditonton lebih dari 1,2 miliar kali dan juga menjadi satu-satunya video dari dekade itu dengan hasil ini.

Di daftar video musik ’90-an yang paling banyak ditonton, “November Rain” yang berdurasi sembilan menit dibuntuti oleh “Smells Like Teen Spirit” dari Nirvana dan “Zombie” milik The Cranberries, yang keduanya telah mengumpulkan lebih dari 960 juta views di seluruh dunia.

Whitney Houston menempati posisi No. 4 dengan “I Will Always Love You” (859 juta views) dan 4 Non Blondes menyusul dengan “What’s Up,” yang sudah ditonton lebih dari 765 juta kali.

Bersaing dengan “Sweet Child O’ Mine” di kategori ’80-an ada “Take On Me” dari A-ha (943 juta), “Girls Just Want to Have Fun” dari Cyndi Lauper (786 juta), “Every Breath You Take”dari The Police (699 juta) dan “Billie Jean” dari Michael Jackson (694 juta).

Baca juga: 6 Lagu Guns N’ Roses yang Perlu Dibawakan Secara Live!

Meskipun ada banyak artis yang sudah mencapai lebih dari satu miliar views di YouTube dalam beberapa tahun terakhir, Guns N’ Roses adalah band rock pertama dari dekade mana pun sebelum tahun 2000 dengan prestasi ini.

Tonton lagi videonya di bawah ini!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Alkemirasa

Lewat Single 'Tiga Puluh Dua Derajat', Alkemirasa Refleksikan Arti Keh...

Alkemirasa. Alkemirasa, band shoegaze rock yang berdomisili di Jakarta dengan formasi Akel (vokal/gitar), Fiqo (vokal/gitar), Akbar (dram), Edho (bass) kemb

on Sep 18, 2020
Guns N' Roses

Kebencian Guns N' Roses Selama Ini Ternyata Dibalas Cinta Oleh Donald ...

Donald Trump / Axl Rose. Selama ini kita tahunya Guns N' Roses (GN'R), terutama sang vokalis, Axl Rose benci banget Donald Trump yang diungkapkan secara pub

on Sep 16, 2020
Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020