×
×

Search in Mata Mata Musik

Hadirkan Produser Beken, OnlyOneOf Rilis ‘Produced by [ ] Part 2’, EP Sekuelnya

Posted on: 09/8/20 at 8:30 am

Hadirkan Produser Beken, OnlyOneOf Rilis 'Produced by [ ] Part 2', EP Sekuelnya
OnlyOneOf.

Grup K-pop pendatang baru, OnlyOneOf telah merilis mini album alias EP terbaru mereka, Produced by [ ] Part 2 pada 7 September lalu, menunjukkan konsistensi mereka dalam berkolaborasi dengan beberapa produser musik beken demi menciptakan musik yang mencampur adukkan berbagai genre. Pada EP terbarunya, OnlyOneOf berkolaborasi dengan sederet produser seperti GroovyRoom (produsernya CHUNG HA, Sik-K, Nell), Samuel Seo (GREY, Verbal Jint, Giriboy) dan JR Groove. EP terbaru OnlyOneOf itu bisa lo beli dan stream dengan mengklik tautan ini: ffm.to/onlyoneofproducedbypart2

Gaya musik idol K-pop telah terbentuk menjadi suatu genre yang mencakup beberapa karakteristik yang khas, koreografi yang disinkronisasikan dengan sempurna, dan untuk boyband, konsep mereka biasanya seputar topik pemberontakan dan jiwa muda yang masih simpang siur. Dalam menciptakan EP Produced by [ ] Part 2, OnlyOneOf menjalani proses yang nggak biasa, mempertanyakan norma-norma umum dunia untuk menemukan kembali jati diri mereka sendiri.

Cover album EP OnlyOneOf Produced by [ ] Part 2.
Cover album EP OnlyOneOf Produced by [ ] Part 2.

Dirilis perdana melalui aplikasi TikTok menjelang perilisan EP, single utama yang berjudul ‘a sOng Of ice and fire’ diproduseri oleh duo GroovyRoom. Terinspirasi dari film serial Game of Thrones, lirik lagu tersebut mencerminkan konflik antara elemen es dan api. Untuk sentuhan akhirnya, intensitas lagu itu disampaikan dengan sempurna melalui performa OnlyOneOf yang karismatik. Dengan video musik yang sukses meraih 450.000 views sejak dirilis pada bulan Agustus lalu, ‘a sOng Of ice and fire’ terbukti menjadi lagu hit di antara fans dan pendengar umum.

Untuk menciptakan hubungan yang lebih interaktif dengan fans, OnlyOneOf juga meluncurkan “ASOIAF challenge” dengan tagar #asoiaf di TikTok. Fans dapat meng-cover gerakan dance utama atau secara bebas memamerkan bakat mereka menggunakan lagu ‘a sOng Of ice and fire’.

Diproduseri oleh Samuel Seo, lagu ‘blOOm’ adalah tentang permulaan, suatu konsep yang umum, namun unik untuk setiap individu. Disertakannya elemen future R&B dan musik retrospektif dalam lagu itu juga menambah suasana yang lebih santai dan groovy. Produser musik di balik lagu itu, Seo memberikan komentarnya, “Aku ingin temanya untuk menjadi tentang bagaimana OnlyOneOf akan semakin berkembang melalui lagu ini. Jadi lagu ini bertujuan untuk menambah keindahan yang seperti bunga, menggambarkan kemekaran yang sepenuhnya”.

Baca juga: OnlyOneOf Rilis EP Baru, ‘Produced by [ ] Part 1’ Hadirkan 3 Produser Beken

Terakhir dalam EP ini adalah lagu ‘Off angel’ yang diproduseri oleh JR Groove, yang merupakan respons dari lagu ‘angel (Prod. GREY)’ yang muncul di EP OnlyOneOf sebelumnya, Produced by [ ] Part 1. Lagu yang menyentuh itu menceritakan tentang malaikat yang tanpa sayap. Meskipun nggak seindah citra malaikat di surga, ‘Off angel’ bukanlah makhluk yang hanya patut dikasihani. Melalui lagu ini, OnlyOneOf mengimbau pendengar untuk merangkul kondisi diri mereka yang sekarang. Berdasarkan lagu ‘A Walk in November’ oleh sang produser JR Groove, lagu balada ini adalah produk dari upaya OnlyOneOf di luar gaya musik R&B santai khas mereka serta gaya musik EDM yang upbeat.

Dirilis awal tahun ini, EP Produced by [ ] Part 1 adalah spin-off dari seri cerita bersambung OnlyOneOf, yang mewakili keinginan grup untuk menunjukkan proses pertumbuhan mereka sebagai artis. Salah satu anggota grup itu, Rie menjelaskan, “(lagu) ‘time leap’ dari EP pertama kami dot point jump menandakan satu titik, dan lagu ‘sage’ dari mini album kedua line sun goodness mewakili sebuah garis. Lagu kami ‘dOra maar’, dirilis pada Januari lalu, dan EP baru ini, Produced by [ ] Part 1 adalah langkah-langkah yang berkembang dari satu garis itu ke sebuah bidang. Semua album yang dirilis sejauh ini (konsepnya) terhubung dengan satu sama lain”.

Melalui EP Produced by [ ] Part 2, OnlyOneOf mempertahankan kesinambungan tema musik mereka, sambil sekali lagi meningkatkan standar kualitas karya musik mereka sendiri. Keputusan Billboard memang tepat untuk memasukkan grup ini dalam daftar 5 grup K-Pop baru yang wajib diperhatikan pada tahun 2020, karena mereka terus mengejutkan audiens dan menarik perhatian fans baru.

OnlyOneOf terdiri dari Nine (vokalis, produser musik, maknae alias anggota termuda), Mill (rapper), Rie (vokalis, dancer), Junji (vokalis, dancer), Love (pemimpin, vokalis utama), Yoojung (dancer) dan KB (rapper, produser musik).

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Ungkap Detail Video Musik Baru Untuk Comeback Bulan Oktober Mendat...

BTS mangan ora mangan sing penting kumpul. (Foto: via BANGTANTV/YouTube). BTS sedang bekerja keras mempersiapkan aksi comeback mereka di bulan Oktober 2020

on Sep 24, 2020
KAACHI

Single Comeback Pertama KAACHI, 'Photo Magic' Sambut Perayaan Hallowee...

KAACHI. (Foto: Frontrow Records). Banyak yang menilai popularitas KAACHI lebih banyak didorong oleh kontroversi yang dihasilkannya ketimbang prestasi dari k

on Sep 23, 2020
Reputasi Anggota Girlband K-pop

Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan September...

Peringkat reputasi brand anggota girlband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand al

on Sep 22, 2020
Reputasi Anggota Boyband K-Pop

Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan September ...

Peringkat reputasi brand anggota boyband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand ali

on Sep 22, 2020